Air Terjun Waimarang nan Eksotis

Pesona keindahan yang tak terkira

Sumba, Air Terjun Waimarang
Sumba, Air Terjun Waimarang

Membahas destinasi wisata di Sumba memang tidak ada habisnya. Begitu banyak wisata alam yang disajikan bumi NTT ini. Pulau di timur Indonesia ini dikenal akan keindahan alamnya, tidak hanya pantai tapi pulau Sumba memiliki keunikan alam yang meliputi air terjun, padang savana serta perbukitan. Namun demikian, masih banyak dari keindahan alam di Sumba ini yang masih tersembunyi dan jarang dijamah oleh manusia. Salah satunya adalah Air Terjun Waimarang, dengan pesonanya yang tak terkira.

Keindahan Air Terjun Waimarang dapat membuat semua yang melihatnya terkagum takjub. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dan sangat beda dengan air terjun kebanyakan, terutama di Pulau Jawa. Air Terjun Waimarang alirannya kecil dan membentuk kubangan seperti kolam renang. Kubangan ini lalu mengalir lagi ke sungai di bawahnya. Airnya sangat jernih dan berwarna biru tosca. Sungguh sangat cantik dilihatnya.

Sumba, Air Terjun Waimarang
Sumba, Air Terjun Waimarang

Kejernihan dan perpaduan warna air antara hijau biru dan tosca ini akan membuat mata selalu segar memandangnya. Ornamen sekeliling air terjun sangat indah. Ada tebing kapur yang melingkar penuh yang hanya menyisakan sedikit celah untuk aliran air masuk ke dalam. Hal ini membuat area air terjun menjadi kolam alami yang menakjubkan.  Sementara itu di sisi lain tebing, ada celah terbuka untuk tempat masuknya pengunjung ke dalam kolam air terjun ini. Kolam yang terbentuk dari tebing kapur dan aliran air terjun ini memiliki kedalaman 8 meter. Namun, bagi yang takut dengan kedalaman, ada kolam kecil yang kedalamannya hanya 1,5 meter hingga 2 meter. Kolam kecil tersebut terbentuk dari aliran yang sama.

Sumba, Air Terjun Waimarang
Sumba, Air Terjun Waimarang

Selama di Air Terjun Waimarang ini, Traveler akan puas berenang di dalam kolam air terjun tersebut. Mau melakukan adegan yang agak ekstrim? Lakukan lompatan dari tebing menuju ke kolam yang dalam. Memicu adrenalin dan merasakan sensasi keindahan yang luar biasa menakjubkan. Menegangkan dan juga menyenangkan. Tak heran, banyak juga wisatawan melakukan lompatan dari tebing ini. Kesegaran air yang jernih akan membuat siapa pun yang kesini betah berlama-lama berada di sini, berenang atau hanya bermain air sambil duduk di tepian.

Air Terjun Waimarang yang memiliki keindahan tak terkira ini, berlokasi tepat berada di tengah hutan. Hal ini memberi kesan bahwa destinasi wisata ini bagaikan surga tersembunyi di tanah Sumba. Tepatnya berlokasi di Desa Waimarang, Melolo, Kelurahan Watu Hadang, Kecamatan Umalulu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Dari pusat Kabupaten Sumba Timur di Waingapu, menuju lokasi air terjun dapat ditempuh selama kurang lebih dua jam. Akses menuju ke lokasi cukup menantang dan menguras tenaga, mulai dari off road, sabana, hingga perkampungan masyarakat akan dilalui. Dari tempat parkir ke lokasi, Traveler masih harus menempuh perjalan selama 30 menit dengan berjalan kaki. Disini pun jalanannya cukup menantang, untuk itu tetap berhati-hati supaya tetap aman dan selamat.

Sumba, Chritian Sugiono dan Titi Kamal
Sumba, Chritian Sugiono dan Titi Kamal berlibur ke Air Terjun Waimarang

Keindahan Air Terjun Waimarang ini, juga menarik perhatian pasangan artis terkenal, Christian Sugiono dan Titi Kamal. Pasangan ini pun tahun lalu sudah menikmati air terjun ini. Bahkan dalam instagramnya, Christian menjelaskan asal usul Air Terjun Waimarang ini menjadi viral keberadaannya.

IG nya Christian Sugiono
IG nya Christian Sugiono

Berdasarkan IG Christian :

“…Air terjun Waimarang terletak di Sumba timur. Menuju Waimarang kira-kira 1.5 – 2 jam dari kota Waingapu, lalu trekking ke bawah menuju air terjun sekitar 20 menit. Trekking menurun terus, tapi ketika pulang jadinya nanjak terus dan itu capek bgt. Jadi fisik musti oke.

Disana ada Erik dan keluarga. Erik adalah anak yang pertama kali menemukan air terjun ini ketika lagi mencari udang. Area air terjun Waimarang di’kelola’ oleh Erik sekeluarga. Papanya yang membuka jalan akses ke bawah agar lebih mudah dijangkau, cangul2 jalanan supaya berbentuk tangga, memasang bambu pagar pengaman supaya aman untuk pegangan dan menyiapkan banyak tempat sampah agar orang kesana bisa membuang sampahnya dengan baik.

Mama Erik di atas buka warung jualan minuman + mie instan + kamar mandi + kamar ganti.

Baiknya datang ke air terjun Waimarang ini pagi sekali supaya tidak ramai. Kalau untuk dapat cahaya paling bagus adalah siang hari ketika matahari berada di atas kepala kita, karena air terjunnya berada di dalam semacam gua, dan atasnya berlubang ditumbuhi pepohonan.

Tempat ini fun banger buat yang suka main air terjun dan lompat2an, karena struktur batunya unik dan banyak “ruangan” dan “step platform” untuk berdiri, jadi bisa eksplorasi dengan total!…”

Nah, pandemik sudah mulai berangsur-angsur teratasi, saatnya untuk mulai melist perjalanan wisata yang tertunda cukup lama ini. Salah satunya, yuk ke Air Terjun Waimarang!(kuniel)