Air Terjun Tanggedu, ‘Surga’ Tersembunyi di Sumba Timur

Tampil mempesona dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya

Sumba, Air Terjun Tanggedu
Sumba, Air Terjun Tanggedu

Keindahan alamnya sangat memukau dan masih asri, airnya sangat bersih dan jernih, suasana sekitar tenang dan nyaman, sungguh menjadi kolaborasi yang sangat cantik.  Itulah Air Terjun Tanggedu, air terjun yang dikelilingi pepohonan hijau dan perbukitan, serta tampil mempesona dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya. Berada di balik bukit di antara tebing-tebing, Air Terjun Tanggedu seperti harta karun yang siap dinikmati keberadaannya. Selain airnya yang sejuk menyegarkan, lingkungan Air Terjun yang masih asri dan terdiri atas bebatuan menyerupai relief, menjadikan Air Terjun Tanggedu ini unik dan menarik. Apalagi keberadaan air terjun ini masih sangat alami, terjaga dari jangkauan tangan-tangan jahil.

Sumba, Air Terjun Tanggedu
Sumba, Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu berdiri anggun di balik tebing-tebing terjal tersebut. Air terjun yang lokasinya tersembunyi dari hiruk pikuk kota ini, memiliki karakteristik tersendiri, yaitu airnya yang bening kebiru-biruan membuat air terjun ini indah luar biasa. Debit airnya cukup deras sehingga menggoda sekali untuk melakukan body rafting atau tubing di sini. Terlebih, air sungai di sini tidak terlalu dalam, sehingga cukup apik untuk melakukan aksi seru tersebut.

Tanggedu memiliki air bersih dan jernih. Traveler dapat berendam sepuasnya sambil nikmati suasana tenang dan asri di sekitarnya. Tak hanya itu, pesona alam di sekitarnya juga masih terjaga. Pesona unik air terjun ini bahkan kerap disebut sebagai Grand Canyon dari Sumba Timur. Karena keberadaan tebing-tebing disekitarnya yang membentuk relief sangat indah seperti di Grand Canyon Amerika Serikat.

Sumba, Air Terjun Tanggedu
Sumba, Air Terjun Tanggedu

Bebatuan memang sangat banyak di area air terjun ini. Semuanya terlihat memiliki warna yang unik dan secara alami membentuk ruang untuk mengalirnya air. Dari permukaannya saja sudah terlihat jernih dan bersih. Air yang mengalir di atas bebatuan ini membentuk kolam pemandian alami yang indah. Keindahan ini mengundang pengunjung untuk berenang di sana. Karena air terjun ini tak terlalu tinggi, pengunjung bahkan bisa melompat dari atasnya. Para pengunjung dapat berendam sepuasnya sambil nikmati suasana tenang dan asri di sekitarnya.

Berbeda dengan air terjun kebanyakan, Air Terjun Tanggedu mengalir dari ketinggian rendah, sekitar 8 meter. Namun, kucurannya cukup deras. Dengan posisi diapit tebing tinggi, kehadiran bentang alam ini seolah memberi ruang dan celah sebagai tempat mengalirnya air. Kecantikan ini tentu kerap menjadi spot foto yang ciamik bagi Traveler.  Yah, Spot unik inilah yang sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto. Hasilnya tentu saja sangat keren dan layak untuk memperindah feed Instagram.

Sumba, Air Terjun Tanggedu
Sumba, Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya hanya sekitar 46 km atau kurang lebih 2 jam berkendara dari pusat kota Waingapu. Terletak masih di area pedesaan yaitu di Desa Tanggedu, Traveler harus trekking sekitar 30-45 menit melintasi medan menantang untuk mencapai surga tersembunyi ini. Berjalan kaki melalui Mondu dan Kampung Adat Painatang. Perjalanan ini menyeberangi kali kecil, membelah padang savana, menyelusuri padang luas, dan naik turun bukit-bukit.

Air Terjun Tanggedu ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Fasilitas yang ada pun baru seputar warung makan yang sederhana dan kamar mandi. Bagi Traveler yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, masih belum tersedia penginapan. Tapi, penduduk setempat mau menerima para Traveler yang datang ingin menginap. Traveler dapat meminta rumah masyarakat di sana untuk menjadi guesthouse.(Kuniel)