Asyiknya Berlibur ke Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan Samboja

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat sekitar.

photo by ratihwoelan
photo by ratihwoelan

Melihat panorama pantai serta pohon-pohon cemara yang rindang hanya bisa traveler dapatkan di Pantai Tanah Merah yang berada di Tanjung Harapan, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat sekitar. Karena panoramanya yang begitu indah serta suasana yang hening menjadi daya tarik sendiri untuk dikunjungi.

Diberi nama Pantai Tanah Merah karena memang tanahnya berwarna merah, tetapi pantai ini mempunyai pasir putih yang lembut. Perpaduan warna merah tanah dengan pasir putihnya membuat pantai ini terlihat elegan.

photo by ratihwoelan
photo by ratihwoelan

Aktivitas yang dapat traveler lakukan di sini adalah berenang, snorkeling melihat comelnya terumbu karang serta berburu kepiting dan bintang laut bersama teman-teman atau keluarga. Salah satu hal menarik dari Pantai Tanah Merah adalah traveler bisa berkemah di sini. Traveler bisa membawa tenda atau menyewa lalu mendirikannya di atas bibir pantai yang eksotis ini.

Tentunya panorama di sini sangat mempesona. Karena pohon-pohon cemara yang tinggi menjulang tumbuh di kawasan pantai, sehingga membuat suasana semakin teduh. Traveler dapat menikmati senja atau fajar, deburan ombak, serta angin sejuk dari dalam tenda ditemani pohon-pohon itu. Tidak hanya pohon cemara, di sepanjang jalan masuk menuju pantai, terdapat pohon-pohon pinus yang seakan menjadi pemandu bagi traveler untuk menuju ke bibir Pantai Tanah Merah.

photo by ratihwoelan
photo by ratihwoelan

Selain itu di Pantai Tanah Merah juga ada jembatan kayu, membentang ke pantai ini. Jembatan tersebut menjadi spot foto dan menjadi tempat favorit para fotografer untuk mengabadikan momen.

Fasilitas yang ada di Pantai Tanah merah lumayan lengkap, sehingga membuat traveler semakin betah berada di sini. Fasilitas yang ada antara lain warung-warung yang menawarkan berbagai makanan dan minuman, tempat parkir yang luas, toilet umum, serta pondok-pondok untuk beristirahat.

photo by eka_dzull
photo by eka_dzull

Untuk mencapai ke lokasi ini traveler bisa menggunakan angkutan umum jurusan Handil atau Senipah dari Balikpapan. Perjalanan itu memakan waktu sekitar satu jam.(AS/IPG)