Tempat Wisata di Blora yang Menarik Hati

Panorama alam yang ada di Blora

photo by blora_keren
photo by blora_keren

Blora menyimpan panorama alam yang patut diperhitungkan. Panorama alam yang ada di Blora ini sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata andalan. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Blora yang menarik hati.

Goa Terawang

photo by exposjateng
photo by exposjateng

Goa Terawang terletak di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Dari pusat kota sekitar 30 km. Luas Goa Terawang sekitar 15 hektare. Di dalamnya terdapat beberapa goa, yaitu goa induk, sendang, dan goa-goa kecil lainnya.

Keunikan goa ini adalah pada saat siang hari cahaya mentari masuk ke dalam goa, membuatnya terang dan menghasilkan siluet. Hal itu menjadi daya tarik bagi para fotografer. Nah, bagi traveler yang hobi foto, atau sedang mencari tempat untuk foto, bisa datang ke Goa Terawang, tersedia banyak spot foto yang eskotis dan estetik.

Selain itu, udara di sini sangat sejuk. Karena selama perjalanan menuju goa, terdapat pepohonan jati yang berukuran besar serta daun-daunnya menjulang seakan memayungi siapa pun yang datang ke Goa Terawang.

Gunung Pencu

Tempat wisata ini tergolong tempat wisata baru, belum banyak orang mendengar tentang Gunung Pencu. Namun, keindahan di sini sangatlah mempesona. Gunung Pencu terletak di Desa Gayam, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Untuk mencapai ke lokasi membutuhkan waktu sekitat 2 jam dari pusat kota. Gunung ini berada di kawasan pegunungan kapur utara, sebelah timur Kabupaten Blora.

Selama perjalanan menuju ke lokasi traveler akan dimanjakan oleh pepohonan jati yang berjejer di kawasan hutan yang dimiliki oleh Perhutani. Ketika sampai, traveler bisa langsung menuju ke puncak, hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Terdapat jalan setapak dan selama pendakian akan melihat ladang-ladang milik warga.

Sesampainya di puncak, udara yang sejuk serta pemandangan cantik akan segera dinikmati. Yah, traveler akan melihat panorama hutan jati, penambangan batu kapur, serta riuhnya Blora dengan penuh sensasi.

Sungai Purba Kalinanas

photo by ochaplolonx
photo by ochaplolonx

Hal yang menarik dari wisata di Sungai Purba Kalinanas ini adalah dinding-dinding dan bebatuan di sepanjang sungai terdapat relief-relief yang memiliki nilai seni. Relief tersebut terbentuk karena proses alamiah, dan sudah dari jaman dahulu. Artinya membutuhkan waktu lama untuk menbentuk relief yang indah itu.
P
ada saat musim kemarau, relief tersebut terlihat seperti pahatan-pahatan teratur seakan dibuat oleh tangan manusia. Padahal alamlah yang membuatnya. Traveler bisa mengambil foto di sini. Banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk background foto traveler, dan mengunggahnya ke media sosial.

Sungai Purba Kalinanas terletak di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi bisa dari beberapa kota sekitar. Namun jika dari Blora, hanya memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Lokomotif Wisata Cepu

photo by arphotograp
photo by arphotograp

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat sekitar untuk mengisi waktu liburan. Tidak aneh jika tempat ini selalu ramai. Lokomotif Wisata Cepu terletak di Desa Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Letaknya ada di dalam kawasan Hutan Cepu yang dikelola Perhutani, sehingga suasana di sini sangat sejuk dan udaranya pun begitu segar.

Terdapat beberapa lokomotif tua yang sudah ada dari zaman kolonial Belanda dan Jepang. Juga ada relnya yang mempunyai panjang 300 meter. Ketika melihat benda-benda tua itu, traveler seakan tersugesti kembali ke masa lalu. Walaupun lokomotif itu tidak bisa dihidupkan, tetapi selalu terawat oleh pihak pengelola.

Yang serunya lagi, Traveler juga bisa berfoto di lokomotif itu. Bisa di atas gerbong, di dalam, atau pun hanya menjadikannya latar belakang. Foto-foto yang estetik itu dapat traveler unggah ke berbagai media sosial.

Bagi traveler yang ingin mengelilingi tempat ini, pihak pengelola telah menyediakan satu lokomotif yang bisa traveler gunakan untuk melihat-lihat keindahan di tempat ini. Lokomotif yang disediakan itu adalah kereta Wisata Loko Tour RUSTON Depo, beroperasi pada hari Sabtu-Minggu dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Satu Gerbong maksimal 25 penumpang dengan biaya Rp15 ribu per penumpang. (AS/IPG)