Bersantai di Pantai Ria Ende Flores

Menyimpan pesona alam yang tak kalah eloknya dengan kota-kota lain di Indonesia.

foto by hanzjourney

Kabupaten Ende, Flores, NTT lebih banyak dikenal orang sebagai tempat ketika Presiden Soekarno memikirkan dan mencari landasan untuk negara Indonesia yang kita kenal dengan Pancasila. Padahal selain itu, Kabupaten Ende ternyata juga menyimpan pesona alam yang tak kalah eloknya dengan kota-kota lain di Indonesia. Mulai dari pantai, gunung, dan bukit.  Seperti Pantai Ria. Yah, bagi sebagian masyarakat Pulau Flores, nama tempat wisata Pantai Ria ini tidak asing lagi di telinga mereka.

foto by wilheddie

Pantai Ria terletak di Kotaratu, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Merupakan pantai favorit masyarakat sekitar. Pantai ini berjarak tidak jauh dari pusat Kabupaten Ende, hanya menbutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk bisa sampai ke Pantai Ria.

Pantai terpanjang di Kabupaten Ende ini mempunyai hamparan pasir putih yang lembut serta kebersihan pantainya yang selalu terjaga, yang membuat traveler nyaman berada di sini. Tempat wisata ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Di sini traveler bisa berenang di air berwarna biru nan jernih, snorkeling melihat keindahan bawah lautnya, atau sekadar bermain pasir.

foto by renovtantio_morepicture_ende

Fasilitas yang ada di Pantai Ria juga lumayan lengkap. Terdapat toilet umum, lahan parkir yang luas. Selain itu juga terdapat warung-warung yang menjual anekan makanan seafood serta minuman seperti kopi. Di sekitar atau di tepi pantai terdapat kursi-kursi yang bisa traveler manfaatkan untuk menikmati senja sembari mencicipi makanan laut dan ditemani secangkir kopi.

foto by yezzhy_ecchy

Pada waktu matahari akan tenggelam di balik gunung di sekitar pantai, adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya keseksian Pantai Ria ini akan terlihat lebih jelas. Semburat jingga mewarnai langit pantai serta pantulan cahaya dari laut, yang menciptakan panorama alam yang menakjubkan. Traveler bisa mengambil foto dan mengunggahnya ke berbagai platform media sosial. (AS/IPG)