Asyiknya di Victoria Peak, Hongkong

Menawarkan Pemandangan yang Menawan Kota Hong Kong

Victoria Peak
Menikmati Panorama Kota Hong Kong

Traveler, sudah mulai ‘gerah’ dan ingin menyambangi destinasi wisata antar negara? Hong Kong bisa menjadi tujuan wisata pasca pandemik nanti. Ada banyak tempat menarik yang bisa diexplore di sini, mulai dari tempat rekreasi hingga museum kekinian dapat dinikmati di Hong Kong. Juga dapat menikmati  keindahan kota Hong Kong di malam hari dengan atraksi lampu-lampunya yang mewah.  Namun, dari semua spot wisata yang asyik di Hong Kong, jangan lupa menyambangi Victoria Peak, destinasi wisata yang ‘wajib’ di datengi jika berkunjung ke Hong Kong.

Yuk, cari tahu dulu tentang keasyikkan di Victoria Peak ini!

Victoria Peak
Sky Terrace 428 yang memukau

Victoria Peak atau yang juga disebut The Peak memang selalu jadi incaran bagi semua wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong.  Tak elok rasanya, berkeliling kota Hong Kong tapi tidak mampir ke tempat favorit para wisatawan ini.  Victoria Peak merupakan tempat dimana titik tertinggi, atau puncak tertinggi kota Hong Kong.  Disini Traveler akan terpuaskan memandang luas keindahan kota Hong Kong secara utuh.

Untuk mencapai The  Peak, Traveler harus terlebih dahulu menggunakan Peak Tram. Transportasi satu ini juga sangat unik dan legendaris, sehingga wisatawan pun dapat merekam dan berfoto dengan kendaraan fenomenal ini.  Yah, Peak Tram usianya sangat tua, dibangun sejak tahun 1888. Terdapat 2 stasiun yang ada di Peak Tram Line, yaitu Garden Road Lower Terminus yang berada di pusat dan Upper Terminus yang terletak di puncak.  Tram ini akan menaiki bukit Vitoria Peak dengan kemiringain sekitar 50 derajat.

Victoria Peak
Peak Tram, transportasi yang legendaris

Dalam satu kali perjalanan Peak Tram akan melewati 4 stasiun perantara tapi tidak berhenti, kecuali jika ada penumpang yang memang meminta untuk berhenti.  Itu pun juga dengan menekan tombol di kereta atau di platform.  Stasiun yang dilewati yaitu Kennedy Road, MacDonnell Road, May Road, dan Barker Road.   Nah, dengan naik Peak Tream ini, Traveler akan mempercepat untuk menuju ke The Peak.  Karena perjalanannya hanya memakan waktu sekitar 7 menit untuk perjalanan sepanjang 396 meter. Peak Tram beroperasi sampai pukul 7 malam, dan tersedia setiap 10 – 15 menit sekali.

Daya tarik The Peak memang luar biasa.  Hal itu dapat terlihat dengan antrian yang cukup panjang yang ingin menikmati keindahan The Peak ini. Apalagi menjelang sore, antrian pengunjung makin ramai.  Karena biasanya pada pukul 8 malam ada pertunjukan Symphony of Lights yang juga disukai wisatawan.

Melihat kota Hong Kong dari puncak tertinggi dan tempat paling terbaik di Hong Kong adalah di Victoria Peak ini. Puncaknya adalah mengunjungi Sky Terrace 428, merupakan tempat tertinggi untuk melihat pemandangan kota Hong Kong dengan leluasa.  Tempat ini menawarkan pemandangan yang menawan dan memukai dengan panorama 360 derajat dari atas gedung pencakar langit.  Gedung ini menghadap ke Victoria Harbour dan area New Teritorries dan terletak di lantai paling atas dari Peak Tower.  Tempat ini berada beberapa tingkat dari stasiun utama Peak Tram. Jika ingin masuk ke Sky Terrace 428, Traveler harus membayar lagi biaya ekstra masuk.

Victoria Peak
Memandang Kota Hong Kong yang menakjubkan, Photo by CNNDotCom

Setelah berkunjung ke Peak Tower, Traveler dapat berjalan sedikit ke Lion’s Pavilion untuk menikmati pemandangan yang sama indahnya seperti di Sky Terrace 428.  Tempat ini juga terkenal di kalangan wisatawan.  Bahkan disini tersedia beberapa tempat duduk untuk bersantai. Dan untuk masuk ke area ini, Traveler tidak dikenai biaya apapun.

Tidak hanya bisa melihat keindahan kota Hong Kong, Traveler juga bisa berbelanja di The Peak Tower dan mencicipi makanan lezat di The Peak Galleria. The Peak Galleria ini berada di seberang Peak Tower.  Ini merupakan kompleks pertokoan yang memiliki dek observasi gratis yang bernama Green Terrace.  Tempat ini tidak setinggi Sky Terrace 428, namun lantai 3 Green Terrace ini juga menawarkan pemandangan yang sama luar biasa indah dan sangat keren.

Victoria Peak
Menikmati Malam Kota Hong Kong

Untuk menuju ke stasiun Peak Tram (Central Station), Traveler dapat menggunakan MRT Island Line atau Tsuen Wan Line.  Kemudian ambil pintu keluar J2 yang menuju Garden Road. Dari situ, Traveler dapat berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai Peak Tram Garden Road Station.

Ingin lebih berhemat lagi, Traveler dapat menggunakan bus dengan nomor 15C dari Star Ferry Pier 9 yang berada di Central District untuk menuju Garden Road Tram Station.(Niel)