Mengulik Surga Keindahan di Kepulauan Anambas, Riau

Surga Tersembunyi di Kepulauan Riau

Pulau Anambas
Kepulauan nan Eksotis

Kepulauan Anambas di Riau merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Kepulauan Riau.  Letaknya tepatnya berada di Laut Cina Selatan antara Malaysia timur, barat dan juga Kalimantan. Kepulauan yang begitu mempesona ini terdiri dari 238 pulau, 26 pulau saja yang dihuni manusia sementara 212 pulau lainnya belum berpenghuni, juga termasuk 5 pulau terluar.  Kepulauan Anambas benar-benar menyajikan pemandangan alam yang cantik dan mempesona.  Disini, Traveler akan dimanjakan dengan panorama pantai berpasir putih yang menyatu dengan keindahan air lautnya yang berwarna hijau tosca.  Kehadiran batu-batu karang raksasa yang menyebar di seluruh area pulau menambah daya tarik panorama sekitarnya.  Tak heran juga pulau ini pernah meraih penghargan sebagai kepulauan tropis terindah di Asia.

Beberapa pulau yang menjadi destinasi wisata asyik dan seru di Kepulauan Anambas ini yaitu :

Pulau Anambas
Pemandangan Alam nan cantik Mempesona

Pulau Durai

Pulau Durai terletak di Kecamatan Palmatak dengan memiliki keindahan pasir putihnya nan cantik, yang berpadu dengan keseruan memandang penyu-penyu yang menjadikan pulau ini sebagai habitatnya.  Keseruan lainnya yang dapat dinikmati disini yaitu, jika Traveler datang pada saat yang tepat, akan bertemu dengan gerombolan bayi-bayu penyu yang baru menetas dan berarak untuk berenang ke laut.

Pulau Nongkat

Keberadaan Pulau Nongkat sangat unik dan eksotis.  Pantai pulau ini menyajikan ke-eksotisan bibir pantainya dengan formasi unik batu-batu besar yang berdiri kokoh.  Bagaikan irama alam nan merdu, rangkaian bebatuan besar ini menyajikan pemandangan indah tersendiri yang tak kalah menarik dibandingkan wisata Kepulauan Anambas lainnya.

Pulau Bawah

Pulau Bawah dikelilingi oleh lautan dangkal nan jernih yang sangat memanjakan Traveler yang datang ke tempat ini.  Keindahan pulau ini benar-benar sempurna.  Pulau ini pun juga sudah memiliki resort agar wisatawan yang datang merasa nyaman untuk berlama-lama di pulau ini, dilengkapi dengan  deretan fasilitas lainnya.

Serunya lagi, Traveler juga dapat menikmati suasana santai yang mengesankan di tiga laguna yang memiliki pemandangan yang menyejukkan mata. Keindahan pulau ini pernah meraih penghargaan sebagai Pulau Tropis Terbaik di Asia.

Pulau Anambas
Kepulauan Tropis Terindah Se-Asia

Pulau Penjalin

Sungguh cantik nan asri melihat keindahan Pulau Penjalin ini. Dengan pantainya nan indah yang dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun, melahirkan kenyamanan dan memberikan kesejukan bagi siapa pun yang datang kesini.  Keindahan alam sekelilingnya benar-benar menakjubkan.  Pasirnya yang halus, perairan indah, hingga karang-karang nan eksotis menjadi komposisi yang menyempurnakan keindahan wisata di Kepulauan Anambas satu ini. Yang tak kalah serunya adalah, bagi Traveler pencinta snorkeling akan kerasan di pulau ini.  Yah, Pulau Penjalin ini juga cocok bagi Traveler yang hobi snorkeling, karena keindahan panorama bawah lautnya yang sangat mempesona membuat para penyelam terlena dan terpuaskan melihat terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang mengagumkan.

Pulau Piugus

Mencari ketenangan dan ingin lepas dari kepenatan rutinitas, sebaiknya Traveler mengambil liburan ke Pulau Piugus ini.  Pulau ini menyajikan ketenangan yang sulit ditemukan di tempat lain.  Traveler pun dapat menjalani relaksasi dengan bersantai di salah satu pulau kecil tujuan wisata di Anambas ini.  Disini pun jejeran resort yang menyenangkan yang dibangun di atas laut kawasan wisata Kepulauan Anambas ini, bisa memberikan pengalaman bermalam yang berbeda dan benar-benar menyegarkan pikiran.

Pantai Arung Hijau

Pantai Arung Hijau yang berada di Desa Taingau, Kecamatan Siantan merupakan salah satu alternatif wisata pantai lainnya di Kepulauan Anambas ini yang sangat menarik.   Panorama alamnya begitu indah.  Sangat tepat bagi Traveler yang berjiwa agak-agak melankolis, terutama ketika menikmati momen-momen sunset yang indah! Ditunjang dengan pesona alam bawah lautnya nan cantik, objek wisata di sekitar wisata Anambas ini juga terkenal sangat indah sehingga kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi diving favorit.

Pulau Mengkian Panjang

Pulau ini mendapat julukan menjadi salah satu surga tersembunyi di Kepulauan Anambas. Sesuai dengan namanya, garis pantai pulau ini cukup panjang, sehingga menarik untuk dijelajahi. Oleh karena ukurannya yang kecil dan langsung dikelilingi oleh perairan biru, kawasan wisata di Pulau Anambas ini tidak berpenghuni, sehingga memberikan pengalaman traveling yang lebih asyik dan bebas tanpa gangguan siapapun.

Pulau Pasir Busung

Pulau Pasir Busung adalah pulau satu-satunya di Kepulauan Anambas ini yang paling berbeda.  Pulau ini tidak menyajikan hijaunya pepohonan nan asri seperti layaknya sebuah pulau, melainkan hanya hanya hamparan pasir putih yang memukau karena dikelilingi lautan yang berwarna kebiruan.  Sunggguh eksotis pemandangan ini.

Sayangnya, tidak setiap saat pulau ini dapat dikunjungi.  Traveler dapat mengunjungi Pulau Pasir Busung saat air laut tengah surut. Jika air laut tengah pasang, maka pulau ini akan menghilang tertutup permukaan air laut.

Pulau Anambas
Jernihnya Air laut yang Menenangkan

Air Terjun Temburun

Air Terjun Temburun terdiri dari tujuh tingkatan.  Kondisi ini membuat air terjun tampak megah.  Air terjun yang berada di Desa Temburun ini mengalir langsung ke lautan lepas.

Tarempa

Tarempa merupakan pusat dan ibukota dari Kepulauan Anambas yang terletak di Pulau Siantan. Di sini Traveler dapat menikmati aneka pantai dengan pemandangan indah. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Momong dan Pasir Manang.  Kedua spot wisata ini berlokasi di Pulau Siantan, dekat dari Kota Tarempa.  Di tempat ini sajian keindahan alamnya sangat mempesona, yang memadukan air laut nan jernih dengan hamparan pasir putih serta cantiknya terumbu karang yang ada.  Pantainya dikepung hamparan bebatuan. Selain berenang, Traveler dapat snorkeling atau sekadar berjalan-jalan di pinggir pantainya.

Selain itu, traveler juga dapat menikmati suasana kota Tarempa yang tenang sambil menikmati sunset di atas dermaga dengan ditemani oleh ikan-ikan kecil.  Lokasi pantai ini cocok untuk fotografi apalagi ketika matahari terbenam dan terbit, sungguh menampilkan pemandangan yang cantik dan mempesona.  Dan untuk mencapai ke Pulau Anambas, dapat melalui dua jalur, yaitu dari Tanjung Pinang dan Batam.

Nah, siap menikmati sensasi nan eksotis di Kepulauan Anambas ? Yuuk…(Raditya)