Ingin Hiking di Korea Selatan? Ini 3 Jalur Terbaik!

Lintas Alam Korea Selatan Sangat Menakjubkan

Hiking Korea Selatan
Pemandangan yang Mengesankan, by GuniHiker

Meskipun Korea Selatan adalah negara yang relatif kecil, sekitar 70 persen daratannya adalah pegunungan, menjadikannya tujuan lintas alam (hiking) yang sempurna.  Lintas alam di Korea Selatan bukan hanya sekedar hobi, itu adalah bagian integral dari budaya. Cukup pergi ke jalur pendakian mana saja, Traveler akan melihat orang Korea yang mengenakan pakaian trekking. Berikut tiga jalur terbaik untuk hiking di Korea Selatan yang dirangkum indonesiatraveler.id !

Juwangsan, Taman Nasional Terkecil di Korea Selatan

Jika ingin keluar dari jalur yang sering dilalui dan melakukan hiking di tempat yang jarang dilihat oleh orang asing, pergilah keTaman Nasional Juwangsan di provinsi Gyeongsangbuk-do.  Gunung Juwangsan dengan tinggi sekitar 720.6 meter ini, terletak di pegunungan Baekdusan, punggung tulang semenanjung Korea. Gunung ini memiliki lembah-lembah dan tebing batu terjal.  Gunung ini termasuk jenis pegunungan yang memiliki batu-batuan besar ketiga di negara ini.

Hiking Korea Selatan
Keindahan Pegunungan Juwangsan, Photo by @Jungwasngsan

Gunung Juwangsan diakui sebagai objek wisata sejak 30 Mei 1972 dan menjadi taman nasional ke-12 beberapa tahun kemudian yaitu pada tanggal 30 Maret 1976.  Tamannya tidak begitu luas, hanya sekitar 105.582 kilometer persegi.  Meski terkesan kecil, namun taman ini sangat bagus dan nyaman untuk jalan santai dengan jalur jalan setapak yang tersedia disepanjang lembah hingga menuju ke air terjun.

Pada masa pemerintahan Dinasti Silla, Gunung Juwangsan disebut Gunung Seokbyeongsan.  Namun karena banyaknya batu-batuan terutama pada puncaknya dan sangat kentara menonjol, nama akhirnya disebutlah menjadi nama Gunung Juwangsan.  Hal ini terjadi pada masa pemerintahan Silla Bersatu.

Selain keindahan pada puncak berbatu yang tinggi ini, Taman Nasional Juwangsan juga memiliki keindahan lainnya yang wajib di eksplore.  Seperti empat air terjun, goa, Kuil Daejeonsa, serta objek wisata lainnya yang kesemuanya sangat mengesankan dan sayang dilewatkan. Yah, meskipun ini hanya merupakan ‘taman nasional kecil’, namun begitu banyak sajian petualangan wisata yang dapat dinikmati.

Hiking di Korea Selatan
Menikmati treking di Jirisan, photo by @Rubenpardi

Jirisan, Gunung Tertinggi di Daratan Korea

Taman Nasional Jirisan adalah taman nasional pertama dan terbesar di Korea yang mencakup lebih dari tiga provinsi. Dengan tujuh kuil Buddha, ukiran batu kuno dan penekanan pada konservasi keanekaragaman hayati, taman ini dikenal lebih dari sekedar untuk hiking.  Jirisan adalah gunung tertinggi di daratan Korea Selatan dan menarik 280.000 pendaki setiap tahun. Di sana terdapat banyak jalur yang menawarkan kepada para pemula cita rasa pegunungan dalam pendakian singkat selama tiga jam. Selain itu terdapat pemandangan matahari terbit dari puncak Cheonwangbong setinggi 6.315 kaki (1.925 m).

Hiking ke Korea Selatan
Menikmati keindahan Seoraksan, Photo by @ElevanTang

Seoraksan, Rumah Pemandangan Terbaik

Puncak Daecheongbong, yang merupakan pencapaian titik tertinggi dari hiking ini.  Traveler akan dibuat takjub menikmati panorama alam sekitar sini, terutama menikmati suasana matahari terbit dan berselimutkan kabut pagi yang tebal. Idealnya Puncak Daecheongbong ini dapat dicapai hanya dalam waktu tiga jamm, tergantung dari staminanya.

Hiking ke Korea Selatan
Seoraksan, Trekking Hiking yang Mengesankan, Photo by TravelIsMyMagic

Wilayah ini terbentang di sepanjang pesisir timur Korea Utara dan Selatan, yaitu pegunungan Taebaek, yang merupakan rumah bagi beberapa pemandangan menakjubkan dan pendakian epik. Seoraksan yang mencapai ketinggian sekitar 5.603 kaki (1.708 m), benar-benar menjanjikan treking hiking yang sangat mengesankan. Jika Traveler tidak ingin berkeringat, bisa memilih perjalanan dengan naik kereta gantung dan melihat-lihat taman dari atas. Hanya memakan waktu sekitar 2,5 jam dari Seoul, perjalanan ke Seoraksan merupakan salah satu spot wisata yang asyik untuk rencana perjalanan ke Korea Selatan ini.(Ipg)