Banyuwangi di Nilai Sukses Mengembangkan Pariwisata

Trippers, tahun 2020 ini jangan lupa berkunjung ke Banyuwangi ya. Di kabupaten yang terletak paling ujung timur P jawa ini sedang berlangsung Banyuwangi Festival (BFest). BFest ini adalah acara rutin yang berlangsung setiap tahun sejak tahun 2012.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Bupati Banyuwangi disebut sebagai ‘Majestic Banyuwangi 2020’. Ada 123 atraksi yang akan berlangsung sepanjang tahun 2020. Mulai dari atraksi Festival Gandrung Sewu, Banyuwangi Ethno Carnival, dan International Tour de Ijen yang masuk dalam 100 Top CoE pariwisata nasional 2020, atraksi kuliner sampai atraksi sport. Lengkap pokoknya.

Festival Gandrung Sewu adalah pertunjukkan tari kolosal yang ditampilkan oleh seribu (sewu) penari. Pertunjukkan berlangsungg dengan latar belakang belakang pemandangan pantai Boom dan Selat Bali mulai dari siang sampai matahari terbenam. Karena setiap tahun tema tarian berbeda, maka atraksi ini menjadi salah satu atraksi andalan BFest.

Banyuwangi Ethno Carnival adalah festival pakaian dan budaya Banyuwangi yang bergerak mulai dari Taman Blambangan hingga kantor Bupati Banyuwangi melewati jalan-jalan protocol kota Banyuwangi sepanjang 2.2 KM. Sedangkan International Tour de Ijen adalah kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda International (Union Cycliste International- UCI).

Untuk pengemar wisata kuliner, jangan khawatir ada 15 festival kuliner yang selama BFest, antara lain Chocolate Food Festival, Muncar Food Festival, Bamboo Food Festival, Alaspurwo Food Festival, Cacalan Beach Food Festival, Marina Food Festival, Osing Food Festival, hingga Millennials Food Festival.

Penikmat kopi bisa mengikuti festival kopi yang diselenggarakan di sentra-sentra pengolahan kopi. Ya, produk dari salah satu perkebunan kopi di Banyuwangi, yaitu Perkebunan Kalibaru sudah di ekspor ke Eropa. Asyik juga ya berjalan-jalan di kebun kopi, melihat proses produksi kopi dan tentu saja menikmati kopi langsung di tempat produksi.

Trippers ingin wisata yang lebih aktif dan memicu adrenalin? Jangan khawatir ada 15 wisata sport yang dapat diikuti, di antaranya Banyuwangi International Geopark Walk yang menyusuri pesona Taman Nasional Alas Purwo; World Surf League (WSL) di Pantai Plengkung yang merupakan ajang selancar paling bergengsi di dunia; serta tentu saja International Tour de Banyuwangi Ijen yang menurut Federasi Sepeda Dunia (UCI) sebagai event balap sepeda terbaik di Indonesia.

Waduh, banyak sekali eventnya. Dimana agendanya ya? Download saja aplikasi Banyuwangi Festival di playstore dan lihat jadwal atraksinya mulai bulan Januari sampai Desember. Yuk mulai susun jadwal perjalanan menuju Banyuwangi Festival. (Ikke)