5 Destinasi Wisata Favorit, di Sumatera Selatan

Wisata alam penuh pesona

foto: travelingyuk.com

Provinsi Sumatera Selatan mempunyai beberapa tempat wisata unggulan dan termasuk beberapa wisata favorit di Indonesia. Konon, wisatawan lokal ataupun asing yang selalu memadati provinsi ini setiap tahunnya, sekedar ingin menikmati tempat-tempat wisata yang ada. Bukan hanya di Palembang saja, melainkan di kota atau sudut lainnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Berikut ini adalah 5 destinasi wisata dengan pesonanya masing-masing yang layak anda singgahi jika ke Sumatera Selatan, apalagi saat akhir pekan.

foto: tribunnews.com
foto: tribunnews.com

1. Air Terjun Temam
Air Terjun Temam ini berasal dari aliran sungai Temam yang masih bersih dan terbebas dari sampah, jadi kamu dapat menikmati dan bermain air di area air terjun ini. Karena bentuknya terlihat bagai tirai raksasa, Air Terjun Temam ini sering disebut sebagai niagara-nya Indonesia.

Tinggi air terjun ini kurang lebih mencapai 12 meter dan lebarnya 25 meter. Nah, air terjun ini berada di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Kira-kira berjarak 11 kilometer dari kota Lubuklinggau.

foto: ksmtour.com
foto: ksmtour.com

2. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera adalah ikon dari Kota Palembang yang lokasinya berada di pusat kota. Jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Uniknya, jembatan ini memiliki panjang 1,117 meter, lebar 22 meter, dan tinggi menaranya mencapai 63 meter. Anda dapat berjalan kaki sambil menikmati pemandangan dari Sungai Musi. Jembatan Ampera terlihat sangat indah pada malam hari dengan dihiasi lampu-lampu yang warna-warni dan menjadi salah satu spot favorit para fotografer.

foto: triptrus.com
foto: triptrus.com

3. Dataran Tinggi Pasemah
Hobby berlibur sambil menikmati sejarah budaya yang ada di Indonesia, tempat ini adalah pilihan yang tepat buat anda. Objek wisata ini merupakan kawasan perlindungan budaya dan cagar alam. Di tempat ini telah ditemukan peninggalan sejarah berupa batu-batu megalit misterius yang berasal dari zaman purba. Untuk menuju ke Dataran Tinggi Pasemah, kamu dapat menggunakan kendaraan umum dengan pemandangan rawa-rawa sepanjang 50 kilometer.

foto: tribunnews.com
foto: tribunnews.com

4. Gunung Dempo
Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan, yang ketinggiannya sekitar 3.195 meter diatas permukaan laut. Nah, gunung ini seluruhnya dikelilingi oleh bukit-bukit dan lereng gunung dan merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera. Lokasi Gunung Dempo berada di Kota Pagar Alam, sekitar 310 kilometer sebelah barat Kota Palembang. Gunung ini memiliki sensasi pendakian yang menantang buat para pecinta wisata petualang.

Foto: swarnanews.co.id
Foto: swarnanews.co.id

5. Danau Ulak Lia
Danau ini konon menyimpan legenda yang cukup unik. Nama danau ini ternyata diambil dari sebuah nama seorang anak, yang dulu pernah meninggal di kedalaman danaunya. Anak tersebut bernama lia, sedangkan ulak artinya pusaran air. Danau ini memiliki keindahan yang begitu alami tanpa campur tangan manusia sama sekali. Pesona danau ini kian membius pengunjung karena luasnya yang mencapai 15 hektar. Lokasi danau ini berada di Desa Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Sumatera Selatan.