Penemuan Arca Terbesar dan Atap Candi, Oleh Warga Dataran Tinggi Dieng

Arca terbesar baru di temukan.

Foto ; gunarso

Petani di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo menemukan Arca Ganesha yang disebut sebagai temuan arca terbesar di Dieng selama ini. Selain itu juga ditemukan pula Atap Candi.

Foto.Gunarso
Foto.Gunarso

Juru Pelihara Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Tusar, mengatakan, arca Ganesha tersebut ditemukan petani di kedalaman sekitar 50 centimeter di kebun kentang. Lokasinya sebelah selatan Majid Dieng Wetan, terangnya saat dihubungi, Minggu 29 Desember 2019. Arca tersebut memiliki tinggi sekitar 140 centimeter dan lebar 120 centimeter, ditemukan tanpa lengan dan kepala. Pada bagian kepalan tangan serta belalai nya bagian tengah ditemukan terpisah.

Saat ini, Arca Ganesha itu masih berada di lokasi tempat ditemukannya. Kami masih menunggu instruksi dari kantor BPCB, terkait penemuan Arca Ganesha ini. Termasuk apakah akan dilakukan penggalian lagi di sekitar lokasi atau tidak. Sementara itu, Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dieng, Aryadi Darwanto, mengatakan penemuan Arca Ganesha ini mencatatkan hal baru. Arca ini merupakan arca terbesar yang pernah ditemukan di dataran tinggi Dieng.

Bentuk Arca Ganesha yang baru ditemukan ini lebih besar, kalau dibandingkan dengan arca lain yang pernah ditemukan di Dieng, ini yang paling besar, ” jelas Aryadi “. Selain itu, di bagian kaki Arca Ganesha ini juga terdapat motif teratai. Berdasarkan informasi yang ia terima, bersamaan penemuan Arca ini, juga ditemukan bagian atap candi. Tetapi apakah di sekitar tempat penemuan ini terdapat candi itu perlu kajian lagi. Termasuk apakah akan ada penggalian lagi atau tidak, tuturnya.