Beautiful Places in London

Destinasi wisata yang dimiliki London sungguh mengasyikkan.

London Bridge

Virus Corona COVID-19 memang sedang mengganggu seluruh elemen dunia. Tak terkecuali London, negara kediamannya Pangeran Williams. Negara ini bahkan sudah memberlakukan lockdown, berdiam diri di rumah dan tidak ada kegiatan atau kumpul-kumpul. Namun demikian, kita masih bisa menyimak ke indahan yang dimiliki tanah Ratu Elizabeth ini. Mengintip destinasi wisata yang dimiliki London sungguh mengasyikkan, dan memasukkan list untuk kunjungan wisata berikutnya, setelah badai corona ini sirna….

Buckingham Palace

Buckingham Palace.

Salah satu landmark Kota London adalah Istana Buckingham, yaitu tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris. Istana ini dijaga Queen’s Guard, pasukan dengan seragam merah dan topi bulu yang ikonik. Ada acara yang selalu dinanti para wisatawan disini, yaitu Changing Guard, upacara / prosesi pergantian pasukan penjaga istana yang selalu diadakan setiap hari sekitar pukul 11 siang waktu setempat.

Changing Guard menjadi tontonan wajib para turis di London. Tak heran, ketika mendekati waktunya, tumpahan wisatawan yang memadati depan pintu gerbang Buckingham Palace. Banyak wisatawan yang berebut photo pada prosesi penggantian pasukan jaga istana dari yang pasukan baru menggantikan pasukan lama, dengan atraksi berbaris dan berkuda.

Big Ben

Big Ben

Big Ben adalah jam indah nan besar yang  terletak di sebelah utara Istana Westminster. Big Ben ini hanyalah nama julukan untuk jam raksasa itu. Jam besar yang menjadi landmark dan ikon kota London ini, memiliki nama asli yaitu Santo Stefanus, namun pada tahun 2012 berganti menjadi Elizabeth Tower, untuk mengenang Ratu Elizabeth II. Jam yang terkenal karena ketepatannya ini memilik muka 4 sisi.

Didesain oleh Augustus Pugin, jam ini diletakan pada sebuah kerangka besi berukuran 7 meter yang ditopang dengan 312 kepingan kaca opal. Seluruh lonceng dilapisi dengan emas. Tinggi Elizabeth Tower kurang lebih 316 kaki, dengan 334 langkah untuk naik ke menara tempat lonceng bergantung dan 399 langkah ke Ayrton Light, yaitu bagian paling atas menara.

London Eye

London Eye

London Eye merupakan nama kincir raksasa yang terletak pas di tengah kota London, tepatnya di atas Sungai Thames, berseberangan dengan Big Ben. London Eye mempunyai tinggi 135 meter dan merupakan Kincir terbesar di dunia. Dari atas bianglala ini, Traveler dapat menikmati pemandangan seantero London.

Berbentuk kapsul dengan kapasita diisi sekitar 20 – 25 orang. Terdapat 32 kapsul dengan style mewah dan nyaman yang akan berotasi di tepi sungai Thames dan memakan waktu 30 menit. Dari dalam kapsul inilah bisa menyaksikan luasnya kota London. Akan merasakan takjub luar biasa lagi, karena di dalam kapsul diatas kincir raksasa ini, dapat mengetahui seberapa besar polusi udara kota London, yang ternyata terlihat sangat minim. Dari informasi yang ada, pandangan mata dari dalam kapsul bisa mencapat 40 km jauhnya. Jernih bukan!

Salah satu untuk menikmati keindahan Big Ben bisa melalui London Eye ini. Pilih waktu jelang sunset. Pada jam ini, keindahan big ben dilihat dari dalam kapsul London Eye sangat luar biasa memukau. Matahari yang siap tenggelam di pucuk Big Ben dan Istana Buckingham, semburat warna emas dari pantulan matahari membuat siluet indah Big Ben menjadi semakin sempurna.

London Bridge

London Bridge yang berdiri saat ini dibangun tahun 1967 dan merupakan jembatan dengan desain yang lebih modern.  Menurut sejarah arsitektur Inggris, London Bridge merupakan jembatan pertama di London yang melintasi Sungai Thames.  Keberadaan London Bridge sangat penting bagi penduduk London, jauh mendahului jembatan-jembatan serupa yang melintasi Sungai Thames itu.

Dibangun sejak zaman kekaisaran Romawi yang dahulu menguasai wilayah Inggris,  London Bridge sering mengalami renovasi total. Dan pada tahun 1967, struktur bangunan jembatan didesain ulang dengan menggunakan material besi-baja-beton, menggantikan model lama dengan model yang baru. London Bridge yang merupakan versi terbaru itulah yang dapat kita temui sekarang ini. Struktur tersebut berjarak sekitar 1 km dari Tower Bridge, jembatan yang banyak dikelirukan sebagai London Bridge oleh para wisatawan asing.

Tower Bridge

Tower Bridge

Tower Bridge beda dengan London Bridge. Tower Bridge merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya, yang mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung, dengan jembatan bascule yang dapat dibuka tutup untuk akses kapal besar. Jembatan yang dirancang oleh arsitek Sir Horace Jones dengan gaya arsitektur khas Victoria tersebut, menopang sebuah jalan raya yang melintasi Sungai Thames.

Jembatan ini memiliki berat total kurang lebih 1.000 ton, dan dapat dibuka kurang dari 5 menit dengan menggunakan sistem hidrolik. Di atas menaranya terletak dua jalan setapak dengan lantai kaca. Pengunjung juga dapat menjelajahi ruangan tersembunyi bascule Tower Bridge yang sejak 3 tahun terakhir telah digunakan sebagai venue untuk kegiatan sosial budaya untuk umum.

Tower Bridge yang terletak di pusat kota London ini dibangun sejak 120 tahun yang lalu, dengan fungsi awal untuk memudahkan arus lalu lintas jalan raya sambil tetap menjaga akses kapal ke muara Sungai Thames. Yah, Tower Bridge merupakan salah satu situs warisan dunia berukuran panjang 244m dan tinggi 65m.

Tower of London

Tower of London merupakan kompleks istana bersejarah yang terletak di tepi Sungai Thames di London, Inggris. Memiliki nama resmi Her Majesty’s Royal Palace dan Fortress the Tower of London, kastil ini berdiri sejak tahun 1066 sebagai bagian dari Penaklukan Normandia di Inggris. Menara Putih merupakan bagian terpenting dari kastil ini. Menara ini dibangun pada tahun 1078 oleh William sang Penakluk. Menara Putih sebagai simbol dari kebencian dan penindasan dari para penguasa terhadap London. Kemudian dibangun lagi sebagai penambahan berupa benteng, sehingga menciptakan kompleks benteng dan menara seperti saat ini.

Menara London memiliki berbagai fungsi historis, mulai dari penjara untuk tahanan berpangkat tinggi seperti Elizabeth I, hingga menjadi rumah permanen untuk Crown Jewels of England. Dan saat ini, kompleks menara terbuka untuk umum. Para pengunjung dapat melihat-lihat sejumlah pajangan benda-benda historis yang khas dengan sejarahnya.(Nil)