Bengkulu, Surganya Air Terjun

Objek Wisata yang Menyuguhkan Keindahan Alam

Bengkulu memang surganya Air Terjun, salah satu propinsi yang berada di pulau Sumatera ini menyimpan banyak objek wisata alam ini yang sangat di rekomendasikan untuk para pecinta wisata petualang. Berbagai keindahan tercipta, menjadi surga pandangan mata bagi siapa pun yang datang melihatnya.

Berikut ini, Indonesiatraveler.id menghimpun beberapa air terjun di Bengkulu yang asyik untuk di eksplore. Yuk, simak!

Air Terjun Datar Lebar

Bengkulu, Air Terjun Datar Lebar

Salah satu air terjun dengan keindahan yang tersembunyi di balik hutan belantara yang menghasilkan panorama yang sangat menakjubkan adalah Air Terjun Datar Lebar. Air terjun dengan ketinggian mencapai 20 meter ini, memiliki keunikan yaitu di kedua sisi air terjun tersebut terdapat dua buah batu besar yang membuat air terjun lebih indah saat dipandang. Aliran airnya sangat deras sehingga membuat kolam yang berada di bawahnya selalu dipenuhi dengan air. Cantiknya Air Terjun Datar Lebar ini semakin sempurna dengan perpaduan tertatanya secara alami bebatuan alam dengan ukuran cukup variasi, serta udara yang sejuk akibat akibat rimbunnya berbagai jenis pohon yang mengeliling air terjun ini.

Air Terjun Datar Lebar terletak di Desa Lebar Propinsi Bengkulu. Butuh perjuangan ekstra tenaga untuk menuju ke lokasi air terjun ini. Aksesnya memang terlihat cukup sulit. Untuk menuju ke lokasi ini, Traveler dapat menggunakan kendaraan roda dua, dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih dua jam dari Bengkulu menuju Desa Lebar dengan kondisi jalan beraspal. Sesampai di Desa Lebar, kendaraan dititipkan rumah warga sekitar. Dari sini, Traveler melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih satu jam. Jalan setapak dengan tanahnya yang bewarna merah harus ditempuh untuk lolos sampai ke Air Terjun Datar Lebar ini.

Air Terjun Curug Sembilan

Bengkulu, Air Terjun Curug 9

Air Terjun Curug Sembilan atau yang sering disebut Air Terjun 9 Tingkat, terletak di wilayah Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu. Dari judulnya saja, sudah dapat dibayangkan banyaknya tingkat pada air terjun ini, yang menjadi daya tarik dan keindahannya.

Air Terjun 9 Tingkat yang terletak di propinsi Bengkulu ini memberikan suasana udara pegunungan yang sangat segar. Air Terjun Sembilan Tingkat ini juga di klaim sebagai air terjun dengan tingkatan terbanyak di Indonesia.

Untuk mencapai ke lokasi air terjun ini, serangkaian perjalanan cukup jauh harus dilalui. Yah, Traveler akan menjalani perjalanan sejauh 120 kilometer dari bandara Fatmawati, Bengkulu. Setelah sampai di Desa Tanah Hitam, barulah petualangan yang sesungguhnya ada di depan mata. Butuh usaha yang lebih keras lagi untuk mencapai Air Terjun 9 Tingkat ini. Medan yang cukup sulit serta membutuhkan perjuangan yang sangat handal. Jalannya berlumpur sehingga cukup sulit dilewati. Sebaiknya pilih kendaraan motor trail atau berjalan kaki untuk meringankan kesulitan di perjalanan ini. Namun, segala kegalauan selama perjalanan itu terbayar tuntas begitu Traveler tiba di lokasi Air Terjun 9 Tingkat ini. Indahnya pemandangan hutan lindung yang terasa sangat menyejukkan, suara deras air jatuh yang langsung menghipnotis, terpukau takjub, melihat air yang turun dari satu tingkatan ke tingkatan berikutnya. Terpana dan terlena dalam keindahan Air Terjun 9 Tingkat ini.

Air Terjun Mandi Angin

Bengkulu, Air Terjun Mandi Angin

Air Terjun Mandi Angin terletak di kawasan hutan produksi terbatas dan kondisinya masih tampak alami. Air terjun yang di klaim sebagai air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu ini, memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun yang berada di sudut Desa Air Berau Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko ini, dikelilingi hutan hujan tropis. Tak heran sebutan Air Terjun Mandi Angin ini bak surga tersembunyi di kabupaten paling utara Provinsi Bengkulu. Segarnya air pegunungan yang mengalir serta percikan airnya yang membuat pengunjung betah berlama-lama, meski hanya berdiam diri di bawah kolam yang berada di bawah air terjun sambil meresapi kesejukan air yang jernih ini.

Suasana disini sungguh masih alami, saking alaminya, selain terpesona dengan keindahan air terjun , Traveler juga akan merasakan suasana alam yang begitu alami di alam bebas. Merdunya kicauan burung-burung, serta kehadiran beberapa hewan lainnya seperti monyet hutan, dan lainnya.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini relative mudah, bisa dengan menggunakan transportasi sepeda motor atau pun mobil hingga tebing air terjun. Jika di tempuh dari kota Mukomuko ke bukit tersebut, memerlukan waktu sekitar 3 jam dengan melewati jalan koral dan tanah kuning.

Air Terjun Tri Muara Karang

Bengkulu, Air Terjun Tri Muara Karang

Air Terjun Tri Muara Karang menyuguhkan tiga aliran air terjun yang sangat mempesona karena tiga aliran air terjun ini memiliki suhu yang berbeda-beda. Dimulai dari tempat paling atas terdapat air terjun panas, kemudian di tingkat kedua ada air terjun hangat, dan terakhir yang paling bawah adalah air terjun dingin. Objek Wisata Air Terjun Tri Muara Karang berada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Disini terdapat beberapa air terjun. Untuk menuju air terjun yang memiliki suhu hangat dan juga merupakan air terjun tertinggi di kawasan ini, dengan ketinggian 100 meter, Traveler harus menuruni tebing dengan kemiringan mencapai 90 derajat. Kondisi jalannya cukup ekstrem.

Luas areal Air Terjun Tri Muara Karang lebih kurang 2 hektar dan di lokasi ini ada empat buah air terjun dengan ketinggian lebih kurang 40 meter hingga 100 meter. Selain pemandangan air terjun, dilokasi ini juga terdapat sumber air panas yang disebut dengan lubuk pemandian air panas yang juga konon tempat pemandian Dewa, Goa sarang walet dan juga Goa kelelawar. Bisa dibilang, objek wisata tempat ini terkesan sangat unik karena memiliki tiga objek wisata dalam satu tempat.

Air Terjun Kepala Curup

Bengkulu, Air Terjun Kepala Curup

Air Terjun Kepala Curup yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini, terletak di Desa Kepala Curup, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. Air Terjun Kepala Curup cukup eksotis karena terdapat goa di belakangnya.

Untuk mencapai Air Terjun Kepala Curup, Traveler dapat melakukan perjalanan kurang lebih 29 kilometer. Obyek wisata ini merupakan salah satu andalan propinsi Bengkulu. Selain keindahannya yang sangat memukau, Air Terjun Kepala Curup juga digunakan oleh PLN untuk pembangkit listrik mini hidro, yang mensuplai seluruh kebutuhan listrik di Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Derasnya air terjun yang melimpah ruah dari ketinggaiannya serta pemandangannya yang sanget cantik dilihatnya, membuat siapa pun yang datang akan terlena, sulit beranjak pulang. Belum lagi dengan suasana alami pepohonan sekitar yang membuat air terjun ini sungguh syahdu, dominan nuansa warna hijau daun ditambah segarnya udara pegunungan. Lengkap sudah kenikmatan ini! (Raditya)