Beragam Air Terjun di Sekitar Karanganyar – Tawangmangu

Keindahan panorama air terjun di sini tidak perlu di ragukan lagi

Air Terjun Jumog, Tawangmangu Karanganyar
Air Terjun Jumog, Tawangmangu Karanganyar

Daerah Karanganyar Tawangmangu terkenal dengan keindahan Air Terjun Grojogan Sewu.  Bahkan Air Terjun Grojogan Sewu sudah sangat ikonik. Tiap kali wisatawan bertandang ke Tawangmangu, tak pernah absen mengunjungi air terjun ini. Padahal, Karanganyar tawangmangu memiliki banyak air terjun dengan keindahan dan keunikan yang beragam.

Yah, keindahan panorama air terjun di sini tidak perlu di ragukan lagi, dengan alamnya yang bagus nan asri, karakter airnya dengan debit yang cukup deras serta airnya bening dan segar. Sudah pasti lokasi dan udaranya sangat sejuk yang ditunjang dengan berbagai macam vegetasi tumbuhan hutan yang keasriannya masih sangat terjaga, juga satwa lokalnya yang masih bebas berkeliaran di sekitarnya. Menjadi satu surga keindahan dalam bumi Karanganyar Tawangmangu!

Berikut ini Indonesiatraveler.id menghimpun 5 air terjun di sekitar Karanganyar Tawangmangu yang keindahannya pun diacungkan jempol!

Air Terjun Sewawar dan Sedinding, Karanganyar
Air Terjun Sewawar dan Sedinding, Karanganyar

Air Terjun Sewawar – Sedinding

Traveler penyuka petualang dan tantangan pasti cocok mengeksplor destinasi wisata alam ini, yaitu Air Terjun Sewawar – Sedinding, dua air terjun sekaligus dalam satu perjalanan. Untuk menikmati keindahan kedua air terjun yang ada di Karanganyar ini, memang butuh ekstra perjuangan sejak akses dari jalan utama pintu masuk dengan trek yang cukup menanjak. Perjalanan menuju lokasi air terjun yang berada di  Jalan Trengguli, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini memang cukup melelahkan. Namun, sepanjang trek yang ditempuh, Traveler dimanjakan dengan keindahan panorama alam sekitar yang luar biasa menakjubkan. Bayangkan, hamparan tebing sawah yang sangat indah yang selalu ditemui sepanjang perjalanan, juga akan melewati Air Terjun Samawar (satu lokasi). Dari Air Terjun Sewawar, Traveler masih harus menanjak lagi untuk menikmati Air Terjun Sedinding.

Begitu sampai ditujuan, rasa lelah pun langsung hilang begitu surga terbentang di depan mata. Tempatnya nyaman dan asri, airnya pun sangat jernih dan dingin serta tempatnya yang sangat sejuk. Berenang, bermain air di area air terjun ini akan segera melupakan trek yang penuh kelelahan tadi.

Air Terjun Grojogan Jurangjero, Karanganyar
Air Terjun Grojogan Jurangjero, Karanganyar photo by Jelajah Khatulistiwa

Air Terjun Grojogan Jurang Jero

Meruapakan salah satu air terjun yang keberadaaanya belum banyak di ketahui. Air Terjun Grojogan Jurang Jero berada di Gerdu, Kec. Karangpandan. Sebelum mencapai air terjun, Traveler harus berjalan kaki melewati jalan setapak daerah persawahan yang dikelilingi pohon duren warga sekitar.

Namun jangan khawatir, perjalanan yang cukup panjang ini dapat diselingi beberapa kali istirahat di tempat yang sangat menarik, melepas sesaat rasa letih. Pengunjung tidak dipungut biaya, hanya membayar parkir dan kotak untuk kebersihan seikhlasnya yang disiapkan oleh penduduk

Panorama air terjun ini sangat indah dengan  pemandangannya yang sangat alami.  Air terjunnya cukup tinggi, bertingkat dengan jatunya air yang cukup deras, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini. Apalagi di suguhkan view pergunungan yang sangat menawan.

Air Terjun Parang Ijo, Karanganyar
Air Terjun Parang Ijo, Karanganyar photo by Jelajah Karanganyar

Air Terjun Parang Ijo

Air terjun ini berlokasi di Jalan Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, masih berada di dalam jalur wisata Candi Sukuh-Cetho. Akses jalan sama ketika menuju jalur Tawangmangu-Sarangan. Setelah pertigaan setelah Terminal Karangpandan belok kiri menuju ke jalur wisata Candi Sukuh-Cetho tersebut. Memasuki gerbang wisata Candi Sukuh-Cetho, ikuti jalan terus hingga menemui papan petunjuk arah menuju Air Terjun Parang Ijo.

Merupakan wisata yang masih asri alami dengan udara yang segar menyejukkan dan sapuan pemandangan alam nan indah. Air Terjun Parang Ijo cocok untuk wisata keluarga dengan akses jalan agak menanjak namun mudah ditempuh. Lengkap dengan wahana permainan lainnya, kolam renang, rumah makan, musholla, kamar ganti, toilet dan lainnya.

Air Terjun Jurang Sundo

Air Terjun Jurang Sundo terletak tidak jauh dari Air Terjun Grojogan Sewu. Tempatnya masih nyaman dan bersih. Meski pun lokasi curug ini belum banyak terekspos tapi di curug ini sudah disediakan beberapa fasilitas seperti saung dan warung sederhana.

Air Terjun Sedinding, Karanganyar
Air Terjun Sedinding, Karanganyar

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog adalah wisata alam air terjun di Ngargoyoso, Karanganyar. Air terjun ini cukup tinggi, alami dan dingin karena posisi geografisnya yang lebih dekat dengan Gunung Lawu. Traveler akan disuguhkan dengan pepohonan, tebing, dan indahnya air terjun beserta aliran sungainya yang sangat jernih.

Lokasi air terjun Jumog berada di desa Berjo karanganyar yang pengelolaannya sudah tertata baik. Begitu masuk, akan melalui jalan setapak yang sedikit mendaki menuju air terjun.  Dengan debit air yang cukup banyak, Traveler dapat mendengar suara air terjun jatuh dan mengalir di sisi jalan setapak tadi.  Traveler pun bisa  mendekat sampai sekitar 1 meter di bawah air terjun tersebut, sambil menikmati basah tubuh oleh percikan air.

Dengan memiliki ketinggian sekitar 30 meter, menciptakan udara di sekitarnya terasa sejuk. Fasilitas disini juga sudah lengkap, yaitu adanya  playground, kolam renang yang airnya berasal dari mata air di sekitar air terjun, panggung hiburan, air terjun, omah gebyog, musholla dan toilet. Area parkirnya pun juga cukup luas.

Itulah beberapa air terjun yang keindahannya sangat memukau yang berada di wilayah Karanganyar Tawangmangu. Setelah pandemi ini berakhir, pastikan destinasi wisata tersebut masuk list prioritas Traveler!(Nil/Berbagai Sumber)