Hanyut dalam Keindahan Air Terjun Tingkat Tujuh

Airnya sangat segar dan jernih, dengan warna hijau kebiruan

Aceh, Air Terjun Tingkat Tujuh photo by Wisato

Suara gemericik air sudah mulai terdengar ketika memasuki kawasan wisata Air Terjun Tingkat 7 yang berada di Gampong Batu Itam, Tapaktuan, Aceh Selatan. Rindangnya pepohonan nan hijau yang menutupi pemandanan air terjun dari kejauhan, menambah asri suasana. Tapaktuan terletak sekitar 200 km di selatan Meulaboh yang merupakan kota terbesar di Aceh Selatan. Salah satu objek yang menarik di Tapaktuan ini yaitu Air Terjun Tingkat Tujuh. Berada di ketinggian sekitar 900 MDPL inilah Air Terjun Tingkat 7 dapat dijumpai dan merupakan salah satu objek wisata terkenal di Aceh Selatan. Disebut demikian karena air baru sampai ke permukaan tanah setelah melewati tujuh buah terjunan dan setiap lokasi terjun membentuk sebuah kolam di mana kolam tersebut bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berendam dan bermain air.

Air Terjun Tingkat Tujuh
Aceh, Air Terjun Tingkat Tujuh, photo by Shelly Rufita

Tidak perlu khawatir untuk menuju ke tempat ini, meskipun berada di pegunungan, lokasi Air Terjun Tingkat 7 bisa diakses menggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Traveller cukup menempuh 8 kilometer dari pusat kota Tapaktuan atau sekitar 15 menit saja untuk menemukan gapura yang akan membawa traveller ke objek wisata satu ini. Namun, hanya mobil kecil saja yang bisa melewati jalan kecil dengan medan terjal dan menanjak. Perlu berhati-hati saat mendaki jalan tersebut, apalagi saat musim hujan yang membuat jalanan menjadi licin.

Air Terjun Tangga Seribu, Aceh
Air Terjun Tangga Seribu, Aceh, photo by Indozone

Nama air terjun tingkat tujuh diambil dari fakta bahwa terdapat air terjun berbeda-beda di setiap tingkatan. Sesuai dengan namanya, Air Terjun Tingkat Tujuh terdiri dari 7 tingkat. Tingkat pertama, dua, tiga, empat sampai tujuh terpisah satu sama lain. Tingkat satu sampai empat terletak bersisian, sementara untuk tingkatan selanjutnya anda harus mendaki lagi dengan menelusuri aliran sungai. Pada setiap tingkat yang dilalui terdapat air terjun yang keindahannya sangat menakjubkan. Untuk mencapai tingkat berikutnya, terdapat jembatan kecil yang terbuat dari kayu dan tangga yang memudahkan pengunjung melewatinya. Bila Traveler sanggup menaiki anak tanggga tersebut, dapat mengakses setiap tingkat dengan berjalan melalui satu persatu anak tangga hingga ke tingkat paling atas, yaitu tingkat 7. Jalannya memang tidak selalu lurus karena tangga yang dibuat mengikuti kontur gunung dari setiap tingkatan air terjun. Dari atas sana traveller bisa melihat langsung lanskap Samudera Hindia yang terbentang luas.

Air Terjun Tangga Seribu, Aceh
Air Terjun Tangga Seribu, Aceh, photo by Festival Jalan Jalan

Air yang mengalir dari atas pegunungan ini berwarna hijau kebiruan. Setiap air terjunnya memiliki ketinggian 2 sampai 5 meter saja. Traveller bisa melompat dan berenang di kolam tepat di bawah air terjun. Tak heran, banyak anak-anak yang bermain air di pinggiran kolam yang airnya sangat sejuk ini.

Fasilitas yang lengkap mulai dari wc, kamar ganti, dan mushalla di parkiran. Traveller juga hanya perlu membayar Rp 5.000/orang untuk tiket masuk. Belum ada warung di sana. Tak heran wisatawan yang datang kesana kerap membawa bekal makanan sendiri, yang mereka santap sambil bersantai di bebatuan sekitar air terjun.

Yah, siapa yang tidak bahagia jika menikmati Air Terjun Tingkat Tujuh di Aceh Selatan ini sambil memandang langsung ke hamparan Samudera Hindia dari atas gunung. Gemericik air yang mengalir diselingi suara burung dan binatang lain dari pegunungan membuat suasana semakin syahdu.

Tak begitu sulit untuk menemukan lokasi air terjun yang satu ini, karena sudah banyak petunjuk arah yang terpasang di kanan dan kiri jalan. Kondisi jalan yang sudah teraspal juga membuat para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju ke lokasi. Ketika hendak sampai di air terjun, kamu akan menemukan sebuah gapura yang berada persis di tepi jalan Medan-Tapak Tuan. Dari gapura tersebut, para pengunjung harus masuk dan melanjutkan perjalanan sejauh kurang lebih 2 kilometer untuk bisa sampai di tempat parkir Air Terjun Tingkat Tujuh. Dari area parkir, kamu harus berjalan beberapa ratus meter saja untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

Perjalananmu menuju ke Air Terjun Tingkat Tujuh dijamin tak akan membosankan. Karena di sepanjang perjalanan kamu akan ditemani oleh jajaran pepohonan hijau yang rindang nan asri, ada juga perkebunan pala yang menjadi komoditas utama dari kabupaten Aceh Selatan.

Sesampainya di lokasi, kamu akan langsung dibuat takjub dengan keindahan yang ditawarkannya. Seperti namanya, Air Terjun Tingkat Tujuh terdiri dari tujuh tingkatan dengan pesona alam yang berbeda satu sama lain, di mana tinggi setiap tingkatannya sekitar 2 hingga 5 meter. Jarak tingkat pertama hingga tingkat keempat cukup dekat, akan tetapi jarak antara tingkat kelima hingga ketujuh cukup jauh.

Aliran air di Air Terjun Tingkat Tujuh berasal dari pegunungan yang berada di atasnya. Jadi tak mengherankan jika airnya sangat segar dan jernih, dengan warna hijau kebiruan. Kondisi itu lah yang mampu menghipnotis para pengunjung untuk segera menceburkan diri ke kolam yang berada di bawah air terjun. Selain itu, kondisi kolam yang tak terlalu dalam juga menjadikannya lokasi favorit para pengunjung untuk berenang atau sekedar bermain air. (DM/IPG)