Berburu Keindahan Alam Sentul melalui Lari Lintas Alam

Total Waktu Tempuh 8 Jam 18 Menit!

Trail Running Sentul
Curug Hunters yang Selalu Eksis untuk Trail Running

Berawal dari sama-sama pecinta trail running alias lari lintas alam, hiking dan juga pada dasarnya pencinta alam. Empat sekawan yang memiliki kesibukan sehari-harinya di kantoran ini, selalu mengosongkan hari dimana mereka berempat dapat menyalurkan olah raga larinya sambil menikmati alam semesta, mencari keringat sambil berburu keindahan alam terbuka.

Seperti yang belum lama ini mereka lakukan, tepatnya pertengahan Desember 2020 lalu, Curug Hunters yang terdiri dari Lilis, Sheeva, Asri dan Nanda kembali memulai debut mereka, yang kali ini berlari sekitaran daerah Sentul, Bogor Jawa Barat, sambil menyusuri curug-curug sekitaran sentul.

Trail Running Sentul
Bersyukur, memandang takjub kebesaran Ilahi

Alhasil, sederet destinasi wisata yang sedang kekinian di Sentul, berhasil mereka sambangi hanya dalam waktu kurang lebih 8 jam 18 menit.  Lari lintas alam ini dimulai sejak pukul 08.20 pagi dengan lokasi awal Kampung Cimuncang, Sentul Jawa Barat.

Meskipun bayang-bayang pandemi Covit-19 masih menghantui, empat sekawan ini ingin menutup tahun 2020 dengan kegiatan rutin lari lintas alam mereka, yang kali ini mengambil lokasi Sentul dan sekitarnya. Total jarak yang ditempuh sekitar 22 kilometer dengan rute Lereng Gunung Rasamala, berlanjut ke Lereng Gunung Kuta, lalu bermain air sejenak di Curug Mariuk, lanjut lagi menikmati kesegaran Curug Cisarua. Kemudian melewati Pesantren Kampung Mulyasari, lalu menikmati pemandangan sekitar Kampung Loji dan berakhir di Mesjid Desa Cibadak.

Trail Running Sentul
Menikmati Kesegaran Air Sungai

Alam memang tak bisa menipu, alam  selalu jujur, apa adanya. Seperti alam sentul yang mereka nikmati kali ini.  Keindahannya tak bisa dipungkiri.  Rasa syukur, takjub kepada Sang Khalik, atas karunia ciptaan-Nya ini, yang patut disyukuri dan dinikmati.  Bukit-bukit nan hijau, gemericik suara air sungai dan jatuhnya air terjun, sementara nun jauh kemegahan gunung-gunung tampak elok dipandang, serta menghirup kesegaran udara yang menyejukkan.  Alam sentul memang menjanjikan kedamaian, ketenangan.

Trail Running Sentul
Sejenak Mendengarkan Irama Alam Suara Gemericik Air

Trail running ini memang rutin dilakukan oleh Curug Hunters.  Lari lintas alam di Sentul penghujung tahun ini, merupakan misi mereka yang ketiga dari 4 sahabat yang selalu eksis berburu keindahan alam melalui olah raga lari.  Tiap trail run biasanya menempuh jarak sekitar 20-25 kilometer dengan target puncak maksimal 30 kilometer.  Dan selama pandemi ini, mereka sudah trail running sebanyak 4 kali, satu di Mega Mendung Puncak dan tiga kali di Sentul.

Trail Running Sentul
Curug Hunters yang selalu kompak

Bosan? Pasti Tidak! Karena alam Indonesia begitu indah, begitu memanjakan pandangan mata, dan selalu ada rasa rindu untuk kembali datang, kembali menyapa….(Niel)