Kebon Awi Kaffee, Menyatu dengan Alam

Sekitar 24 Jenis Pohon Bambu Mewarnai Panorama

Kebon Awi Kaffee
Khas Makanan Sundaan Yang menggugah Selera

Berlibur ke Bandung, jangan lupa mampir ke kawasan wisata Dago Bandung Utara. Selain menampilkan beragam destinasi wisata, kawasan ini juga terkenal dengan sajian kulinernya. Salah satunya Kebon Awi Kaffee and Resto.

Dari luar, Kebon Awi Kaffee and Resto ini tampak unik dan alami.  Bangunannya seperti piramid yang beratapkan kaca berpadu dengan nuansa alam yang sangat kental, yang ditandai dengan berbagai tanaman terutama tanaman bambu.  Seperti namanya, kebon awi dalam Bahasa Sunda artinya kebun bambu. Tempat ini menawarkan suasana tempat makan dengan saung-saung bambu di dalam hutan bambu.  Keberadaan saung-saung ini tersebar berdasarkan kontur tanah yang tidak rata.

Kebon Awi Kaffee
Kolam Ikan diantara Saung-Saung

Diantara saung dihubungkan dengan tangga-tangga batu. Pada bagian tengah diantara saung-saung ini, hadir kolam ikan dan jembatan bambu yang melintang di atasnya. Suara gemiricik air dari kolam menambah keasrian suasana.   Di seberangnya ada balai-balai yang dipergunakan sebagai panggung terbuka untuk pertunjukan seni. Kebon Awi Kaffee memang berusaha menyatukan alam, seni budaya, dan cita rasa Sunda dalam satu tempat.  Selain itu juga tersedia tempat makan yang indoor. Benar-benar nyaman suasananya, adem dan udaranya menyegarkan.

Menunya yang disajikan sangat inovatif.  Ada nasi rantang Mojang Khas Kebon Awi Kaffee, terdiri dari nasi putih yang rasanya pulen, ayam goreng renyah, tahu dan tempe, tumis kangkung, kerupuk , sambal dan lalapan untuk porsi berdua yang disajikan dalam rantang. Pilihan paket lainnya yang merupakan sangat favorit yaitu nasi liwet Kameumeut Khas Kebon Awi Kaffee, isinya berupa nasi liwet bercita rasa gurih yang tersaji masih di dalam kastrol panas, disajikan lengkap dengan 2 ayam, tempe dan tahu, ikan asin dan sambal plus lalapan.

Kebon Awi Kaffee
Paket Rantang ala Sundaan

Menu lainnya ada iga bakar, ayam bakar/goreng, ikan goreng/bakar, aneka sayur lodeh, tahu, tempe sambal dan pastinya lalapan. Sajian cemilan juga dapat dicoba seperti tahu goreng merang, kentang goreng merang dan lainnya.  Selain makanan khas sundaan, Kebon Awi Kaffe juga menyediakan kuliner ala western, mulai dari aneka makanan berbahan keju, pasta hingga panna cotta.

Untuk minumannya,  tersedia Laut Kidul, salah satu jenis minuman yang sangat favorit.  Warnanya biru, isinya campuran soda dan potongan buah di dalamnya. Dan yang tak kalah populernya yaitu aneka kopi yang dapat dipilih seperti  Warkop Modjok, Kopi Progo, Armor Kopi, Lereng Anteng Panoramic Coffee, juga Coffee Java Chips Caramel.

Kebon Awi Kaffee
Ruang Makan Indoor

Kebon Awi Kaffee yang terletak di Jalan Bukit Pakar Timur No. 29, Ciburial, Cimenyan, Bandung ini memang memanjakan pengunjung dengan suasana cafe dan resto yang benar-benar cozy.  Penataan tanaman-tanamannya yang dominan pohon bambu, benar-benar menyatu dengan alam sekitar Dago yang eksotik. Terdapat sekitar 24 jenis bambu di Kebon Awi Kaffee ini. Tanaman bambu yang dibudidayakan di Kebon Awi Kaffee ini ada yang berupa bambu lokal, ada juga yang berasal dari berbagai negara seperti Jepang, Filipina, dan lainnya. Di beberapa titik pohon bambu di Kebon Awi Kaffee ada papan informasi singkat mengenai jenis tanaman bambunya, disertai pepatah khusus dalam Bahasa Sunda.(Adhit)