Berburu Keunikan di Tiga Pantai Pulau Belitung

Hamparan Bebatuannya Yang Menakjubkan

Pantai Penyabong
Pantai Penyabong

Pulau Belitung memang terkenal dengan keindahaan pantainya yang menakjubkan, hamparan bebatuan yang menyebar serta pasir putihnya yang memukau. Yah, sejumlah pantai di Belitung memang dihiaskan dengan hamparan bebatuan nan indah.  Seperti tiga pantai berikut ini, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Penyabong dan Pantai Bukit Batu.  Bagi Traveler yang suka dengan liburan ke pantai serta ingin melakukan perjalanan liburan yang menyenangkan, maka pantai-pantai ini merupakan pantai yang wajib dikunjungi.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki pasir putih dan garis pantai yang panjang. Pantai ini merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi di samping Pantai Tanjung Tinggi.  Pantai ini juga menjadi pantai dengan pemandangan matahari terbit yang indah.  Tempat terbaik untuk menikmatinya adalah dari puncak bebatuan granit yang terletak di ujung semenanjung. Hamparan pasir putih membentang hingga 5 kilometer Ke Tanjung Tinggi.

Nama “tanjung kelayang” yang diberikan ke pantai ini dikarenakan di sekitar pantai banyak terdapat burung kelayang.   Lalu Tanjung Kelayang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016 dan berlokasi di Pulau Belitung. Pantai ini ditetapkan sebagai pariwisata yang memiliki keunggulan geostrategis, yaitu terletak antara Indonesia dan negara ASEAN yang merupakan target captive market.

Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang

Pantai yang dihiasi batuan granit raksasa ini merupakan ciri khas dari pantai di kawasan ini. Kawasan ini berdekatan dengan pulau-pulau kecil disekitarnya yang juga memiliki pesonanya tersendiri.  Dengan total luas wilayah sebesar 324,4 Ha, Pantai Tanjung Kelayang memiliki konsep pengembangan pariwisata “Socially and Environmentally Responsible Development and Cultural Preservation”. Dengan konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, diharapkan mampu menarik investasi serta mendatangkan  wisatawan tiap tahunnya.

Pantai Penyabong

Pantai Penyabong adalah pantai yang dikelilingi dengan bebatuan besar dengan pasir putih mengikuti lekukang garis pantai, membuat Traveler dapat menikmati pemandangan eksotis sambil berenang menikmati sejuknya air laut disini.

Pantai Penyabong ini berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Tanjung Pandan. Traveler akan melewati jalan tanah yang panjang, untuk dapat disaksikan sajian pemandangan pantai yang dikelilingi batu-batuan granit besar di bagian kanan dan kiri pantai ini. Asyiknya menikmati hembusan angin serta sejuknya suasana pantai, membuat Traveler ingin berlama-lama berada di pantai ini.

Pantai Penyabong
Panatai Penyabong

Dengan mengambil rute dari Tanjung Pandan melalui Jalan Sudirman arah bandara, lalu akan menemukan penunjuk jalan ke arah Membalong yaitu belok kiri. Di kanan kiri jalan terdapat banyak pepohonan buah-buahan seperti jambu, manggis, dan rambutan yang di tanam di depan pekarangan rumah penduduk sekitar, selain itu kebun kelapa sawit juga mendominasi pemandangan yang dilihat.

Keseruan menaiki bebatuan raksasa yang berada di ujung pantai yang langsung berbatasan dengan laut, dapat Traveler manfaatkan untuk berswaphoto disini.  Dan apabila Traveler sudah berada diatas batu raksasa ini, Traveler dapat menikmati pemandangan Pantai Penyabong yang luas dengan gradasi warna air laut kebiruan, dan sangat jernih.

Pantai Bukit Batu

Sesuai dengan namanya, Pantai Bukit Batu berada di balik bukit yang dikelilingi banyak batu granit raksasa.  Jika Traveler pernah menyambangi Pantai Burung Mandi, otomatis akan memudahkan menemukan Pantai Bukit Batu ini. Karena jarak kedua pantai ini tidak begitu jauh.  Yah, Pantai Bukit Batu terletak sekitar 2 kilometer dari Pantai Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur.

Pantai Bukit Batu
Pantai Bukit Batu

Pantai Bukit Batu sangat unik, terdiri dari dua bagian yaitu bagian berpasir dan bagian yang memiliki batu – batu granit berukuran besar dalam jumlah banyak, bagian yang berbatu ini berbatasan langsung dengan bukit dan hutan.  Di atas bukit terdapat dua rumah panggung dengan pemandangan laut lepas.

Pantai Bukit Batu juga difasilitasi adanya rumah makan, terkadang juga ada hiburan musik bila pengunjung dalam jumlah besar menginginkannya. Letaknya tak terlalu jauh dengan lokasi wisata lainnya seperti Pantai Burung Mandi dan Kelenteng Dewi Kwan Im.(Adhit)