Mengulik Sensasi Asyik di Goa Moko, Bau Bau

Airnya Biru Toska Jernih Menyejukkan

Goa Moka
Goa Moka yang penuh Sensasi

Setelah menikmati keindahan Pantai Nirwana, jangan langsung meninggalkan begitu saja.  Masih ada keseruan yang tersembunyi yang harus disambangi.  Apalagi kalau bukan Goa Moko, objek wisata yang berada pada bagian selatan Pantai Nirwana. Tepatnya berada di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Bau-Bau, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.  Goa ini berjarak sekitar sembilan kilometer dari pusat kota Bau-Bau.

Goa Moko tidak terlalu dalam, hanya sekitar kurang lebih 50 meter.  Banyak keunikan di dalam goa ini.  Di dalam dasar Goa Moko, Traveler akan menemukan benda-benda masa silam, ada guci-guci serta keramik-keramik China tapi guci dan keramik ini sudah disimpan di tempat lain.  Selain itu, ada juga tengkorak manusia.  Menyeramkan bukan, namun tetap saja banyak wisatawan yang yang mengincar melihat peninggalan itu. Dan untuk bisa melihat ini, Traveler harus freedive.

Goa Moka
Sensasi Sinar Matahari saat Menyelam, Photo by BackpackerJakarta

Dibalik keunikan dan keindahan Goa Moko, sejak lama goa ini menjadi sumber kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.   Lokasi goa ini dahulu dikenal oleh masyarakat setempat sebagai sumber mata air. Warga mengambil air dari goa ini untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.  Uniknya, mata air ini tidak pernah kering.  Dan untuk menjangkau lokasi ini, hanya dibutuhkan waktu tak kurang dari 10 menit dengan berjalan menelusuri pantai ke arah selatan.  Meskipun dekat, Traveler tetap harus berhati-hati karena jalanan yang dilalui penuh dengan bebatuan dan cukup terjal.

Untuk mengexplore lebih dalam lagi, Goa Moko memiliki air payau yang terasa sejuk dan Traveler pun dapat langsung mencoba menyelam. Air dalam goa ini memang terasa payau, namun dinginnya air membuat terasa menyegarkan dan memancing siapa pun yang datang kesini tergerak untuk berenang merasakan kesegaran airnya. Perlu diperhatian, bagi pemula yang menyelam di goa ini disarankan untuk berhati-hati, karena tekstur bebatuan yang mengelilingi langkah kaki di sekitar goa cukup terjal.  Namun demikian, sensasi kenikmati berendam dan berenang di goa yang airnya cenderung warna biru toska ini, benar-benar mengasyikkan, terutama sensasi melompat dari batu cadas di bibir kubangan goa ini.  Hal itu membuat Traveler selain bisa menikmati suasana yang indah dan cantik, juga turut terpacu untuk menguji adrenalin dengan berenang ke dasar gua yang dipenuhi air yang sangat jernih.

Goa Moka
Dikelilingi Tebing Cadas yang Instagramable

Ada keseruan lainnya yang asyik dan sayang dilewatkan begitu saja.  Keindahan yang luar biasa cantiknya.  Ketika cahaya matahari mulai ada tepat di atas Goa Moko, maka cahaya matahari tersebut akan tembus ke bawah dan membentuk garis-garis.  Nah, Traveler dapat mencoba sensasi freedive di moment ini dan jangan lupa diabadikan. Untuk itu, Traveler harus datang sekitar pukul 11 pagi-13 siang. Setelah puas freediving, masih ada lagi kegiatan yang nggak kalah serunya, mencoba rintangan ekstream dengan memanjat dinding goa lalu meloncat dari ketinggian 4 meter.  Seru kan!

Untuk memudahkan menjangkau lokasi Goa Moko, kini telah dibuka jalan masuk dari lokasi jalan umum dan dapat dilalui kendaraan. Jika ditelusuri, sepanjang kawasan Goa Moko menuju Pantai Nirwana terdapat terowongan memanjang dan dipenuhi sumber mata air payau. Makin penasaran, bukan? Silahkan kunjungi dan nikmati segarnya air dalam Goa Moko!(Raditya)