Berburu Sunrise di Pantai Mutun Lampung

Di sini ternyata banyak menyimpan potensi wisata seperti Teluk Kiluan yang sudah dikenal luas oleh wisatawan. Pantainyapun sangat indah dan belum terlalu ramai seperti di Jawa, salah satunya adalah pantai Mutun yang terletak di Kabupaten Pesawaran, dari arah Bandarlampung ke sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh 45-60 menit.

Ingin berwisata tak jauh dari Jakarta tapi berada di luar pulau Jawa, pergilah ke Lampung. Di sini ternyata banyak menyimpan potensi wisata seperti Teluk Kiluan yang sudah dikenal luas oleh wisatawan. Pantainyapun sangat indah dan belum terlalu ramai seperti di Jawa, salah satunya adalah pantai Mutun yang terletak di Kabupaten Pesawaran, dari arah Bandarlampung ke sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh 45-60 menit.

Sebenarnya di sepanjang pesisir Teluk Lampung ada beberapa pantai yang menjadi obyek wisata seperti Pantai Tirtayasa, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara, dan Pantai Merud. Namun pantai-pantai yang lain terlalu jauh dari kota, sementara Pantai Tirtayasa terlalu dekat dengan perumahan dan keramaian serta kurang terawat sehingga tidak begitu nyaman untuk dikunjungi. Selain itu di sini juga terdapat waterboom serta fasilitas penyewaan motor ATV, kano, banana boat, dan aneka tempat selfie yang tidak ada di pantai lainnya.

Posisi pantai Mutun yang menghadap ke arah barat juga sangat menarik buat pemburu sunrise. Walau agak sedikit terganggu dengan pulau Tangkil di depannya, namun tidak mengurangi kekhidmatan menanti mentari terbit dari arah timur. Justru keberadaan pulau tersebut dapat menjadi latar atau pemanis foto sunrise. Tinggal berdoa agar cuaca bagus dan tidak banyak awan menggantung menutupi proses keluarnya cahaya matahari dari ufuk timur.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke pantai ini memang di pagi hari. Selain karena sunrise juga suasana belum terlalu ramai oleh pengunjung. Apalagi di hari libur weekend maupun nasional, agak siang sedikit sudah sangat ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati eksotisnya pantai Mutun.

Suasana pantainya relatif rimbun dan bersih serta pasirnya agak putih, beda dengan pantai lain yang agak kehitam-hitaman. Pantai ini juga cocok buat anak-anak karena tersedia waterboom dan aneka permainan lainnya. Jadi tarif masuk sebesar 25 Ribu per orang, dan parkir mobil seharga 10 Ribu tidak terlalu mahal untuk menikmati indahnya sunrise disertai semilir angin sepoi-sepoi yang menyapa kita di pagi hari.

Memang tarif tersebut tidak termasuk aneka permainan yang harus membayar lagi per masing-masing item. Begitu pula dengan ongkos menyeberang ke Pulau Tangkil sebesar 15 Ribu per orang. Namun semua itu terbayar lunas dengan pemandangan yang aduhai dan suasana pantai yang nyaman damai.

Untuk menuju ke lokasi sebaiknya membawa kendaraan sendiri karena masih jarang angkutan umum menuju ke arah pantai tersebut. Jalan menuju ke pantai Mutun memang belum terlalu mulus, masih ada beberapa bagian yang berlubang dan aspalnya terkelupas. Namun hal tersebut tidak mengurangi animo wisatawan untuk berkunjung.

Pantai ini juga cocok untuk wisata keluarga dengan membawa anak-anak bermain pasir di pantai atau menikmati waterboom yang letaknya tak jauh dari pantai. Pasirnya yang putih bersih membuat anak-anak nyaman untuk berlari-larian atau membangun benteng pasir. Tersedia juga ban untuk mengapung di laut, namun disarankan untuk tidak terlalu jauh apalagi menuju ke Pulau Tangkil dengan berenang karena ombak pantai tidak dapat diprediksi besarnya. (Diaz/Kuniel)