Berburu Sunset di Pantai Tiang Bendera, NTT

Lopo-Lopo, Tempat Bersantai

Pantai Tiang Bendera
Langit Merah jelang Matahari Terbenam, Photo by @hsbn_marco

Pulau Rote, memang memiliki sejuta keindahan alamnya. Jajaran pantai-pantainya selalu memikat serta penuh keunikan, membuat wisatawan yang datang terlena dan hanyut dengan keindahannya.  Seperti di Pantai Tiang Bendera, yang berada sekitar 5 kilometer dari Kota Ba’a (Ibukota Kabupaten Rote Ndao).  Batu Tiang Bendera ini adalah gugusan pulau karang yang berjarak sekitar 500 m dari bibir Pantai Baadale.

Nama ‘Tiang Bendera’ dikaitkan pada satu persitiwa penting yang cukup heroik,  dimana perjuangan rakyat Rote dalam menghadapi penjajahan Belanda sangat gigih. Jika Traveler perhatikan, pada batu karang yang berada di tengah laut, tampak berdiri sebuah tugu batu beton dengan ketinggian sekitar 2,5 meter.  Tugu ini dibangun sengaja oleh Belanda untuk menandai bahwa tempat ini merupakan tanah jajahan Belanda pada zaman itu.  Itulah kenapa pantai ini disebut Pantai Tiang Bendera.

Pantai Tiang Bendera
Banyak Spot Unik Untuk Mengambil View Pantai ini

Tugu ini juga merupakan landmark lokasi ini, yang berada di atas batu karang yang besar.  Traveler juga akan melihat bahwa di atas tugu ada tiang bendera yang mengibarkan bendera merah putih, yang menghadap ke Laut Sawu. Traveler dapat menaiki bukit karang ini dan mengambil foto disini.  Namun perlu diperhatikan, harus ekstra hati-hati karena karang-karang disekitar sini sangat tajam.  Sebaiknya Traveler jangan bertelanjang kaki saat menaiki bukit karang ini.

Ada keasyikkan tersendiri di Pantai Bendera ini.  Yaitu, indahnya prosesi matahari tenggelam, menciptakan suasana sekeliling menjadi romantis nan syahdu.  Yah, Pantai Tiang Bendera menjadi tempat  andalan terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Rote.  Tak heran menjelang sore, akan banyak masyarakat kaum muda mudi yang datang hendak menyaksikan panorama klasik nan eksostis ke pantai ini.  Di sepanjang pesisir pantai yang memang sengaja ditempatkan beberapa lopo-lopo, sejenis bale atau gazebo beratap warna merah yang dapat digunakan untuk bersantai, akan jadi rebutan bagi masyarakat yang memenuhi sore menjelang senja ini.

Pantai Tiang Bendera
Sunset nan Eksotis di Pantai Tiang Bendera

Saat sore hari, biasanya kondisi laut tengah surut sehingga pesona keindahan Pantai Tiang Bendera makin takjub dengan munculnya karang-karang sepanjang bibir pantai yang tadinya terendam air laut.  Hiasan sejumlah batu karang cadas dengan beraneka bentuk dan ukuran ini, menambah kecantikan senja di Pantai Tiang Bendera ini, menyatu dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih, berlangitkan jingga kemerahan. Sungguh sangat indah, sunset di pantai ini!

Pantai Tiang Bendera terletak di Baadale, Lobalain, Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.  Pantai yang dikenal dengan batu karangnya yang besar ini, dapat ditempuh melalui akses perjalanan jalur udara dan laut. Jika melalui udara, Traveler dapat menggunakan pesawat dari Bandara El Tari Kupang ke Bandara Lekunik Rote, dengan maskapai yang melayani rute Kupang-Rote-Kupang.

Sementara itu, jika memilih jalur laut, terdapat 2 pilihan alternatif kapal yaitu menggunakan kapal lambat (ferry) dan kapal cepat (speed boat).   Jika Traveler memilih dengan  menggunakan kapal ferry, kapal berangkat dari Pelabuhan Bolok – Kupang menuju Pelabuhan Pantai Baru, Rote dengan memakan waktu perjalanan sekitar 3-4jam.  Dan bagi Traveler yang memilih alternatif kapal cepat, lokasi berangkatnya dari Pelabuhan Tenau – Kupang dengan memakan waktu perjalanan sekitar 1.5-2 jam,  tergantung kondisi angin dan gelombang di laut saat itu.

Pantai Tiang Bendera
Gugusan Pulau Karang nan Indah

Begitu sampai di Pelabuhan Pantai Baru Rote Ndao, Traveler dapat melanjutkan perjalanan menuju Kota Ba’a yang memakan waktu tempuh selama 45 menit. Selanjutnya, Traveler dapat melanjutkan perjalanan menuju pantai Tiang Bendera dengan menggunakan jasa travel maupun ojek.(Puteri)