Menikmati Keindahan Alam Pulau Rote Dari Atas Bukit Mando’o

Disebut Bukit Tangga 300

Bukit Mando'o NTT
Menikmati Pemandangan Bawah dari Bukit Karang, Photo by @farhan_anggori

Satu lagi pesona alam dari ujung selatan Indonesia yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, sebuah bukit yang menawarkan panorama keindahan, yang sangat menakjubkan dari ketinggian. Traveler akan memandang takjub hamparan laut biru yang menyatu dengan hijaunya hutan bakau, sungguh  menambah sensasi kesejukan bukit ini.  Inilah Bukit Mando’o, salah satu objek wisata di Nusa Tenggara Timur,  tepatnya berada di Pulau Rote yang begitu indah.

Keberadaan Bukit Mando’o dikenal dengan juga dengan sebutan Bukit Tangga 300.  Karena, untuk mencapai puncak bukit, Traveler harus menjajagi anak tangga yang berjumlah lebih dari 300.  Konon jumlah sesungguhnya ada sekitar 488 anak tangga. Ratusan anak tangga ini jalurnya dibuat meliuk agar tidak terlalu curam, yang tersusun dari tembok serta dipagari besi. Sepanjang perjalanan menaiki anak tangga ini, Traveler akan menjumpai beberapa bale-bale yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak. Dan sepanjang perjalanan menyusuri anak tangga ini, panorama Perbukitan Lole pun senantiasa menjadi sahabat Traveler karena selalu menemani perjalanan ini. Rasa lelah pun nantinya juga akan terbayar lunas, begitu menginjakkan kaki di puncak.

Bukit Mando'o NTT
Hamparan Laut Begitu Indah, Photo by @otak_marae

Yah, karena di puncak Bukit Mando’o, pemandangan bentang alam dari atas tampak sangat indah.  Begitu sampai di puncak, Traveler dapat melihat pesona kawasan pantai di Desa Kuli nan eksotis, dengan hamparan laut yang bernuansa biru dan hijau, menyatu dengan hutan bakau yang rimbun.  Beberapa lopo-lopo juga telah tersedia di atas puncak, hal ini diperuntukkan agar para wisatawan dapat berisitirahat sambil menikmati panorama alam Rote yang sangat menakjubkan.

Bukit Mando’o memang menjadi salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi.  Tempatnya yang berada di ketinggian, menyulap bukit ini menjadi salah satu spot foto favorit masyarakat Pulau Rote juga wisatawan luar pulau yang kerap mendatangi Bukit Mando’o ini. Dari atas bukit, Traveler dapat memandang Laut Timor yang menghubungkan ke Benua Australia. Bahkan, dapat memandang pemandangan dari segala penjuru.

Bukit Mando'o NTT
Gerbang Memasuki Wisata Bukit Mando’o

Pada posisi sebelah utara, Traveler akan menyaksikan indahnya pemandangan perbukitan yaitu Bukit Lole yang turut menemani saat mendaki. Kemudian di posisi sebelah selatan, hamparan Samudera Hindia dengan warna laut birunya membentang sangat luas, bak menyatu dengan langit, begitu indah tersaji.  Lalu di posisi sebelah timur, Traveler dapat menikmati pemandangan indah perbukitan Keka lengkap dengan teluk yang berwarna biru.  Terakhir, yaitu pada posisi sebelah barat yang menyajikan pemandangan dari Desa Kuli dengan keindahan persawahannya.

Saat menjelang sore, bukit ini pun menjadi serbuan pengunjung untuk menikmati momen-momen eksotis nan cantik, yaitu tenggelamnya matahari yang memancarkan warna senja, warna jingga. Angin sepoi-sepoi turut mewarnai suasana alami yang disuguhkan dari atas bukit ini.

Puncak Bukit Mando’o menyajikan kondisi bukit yang berupa batu karang,  sehingga Traveler harus selalu waspada dan berhati-hati. Apalagi ketika ingin mendekati ujung tebing, dimana spot ini inceran para penyuka swaphoto.

Bukit Mando'o
Jalur Pejalan kaki yang dibuat tembok serta dipagari besi

Bukit Mando’o terletak dalam wilayah Desa Kuli, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.  Desa ini merupakan desa yang kaya akan hasil pertaniannya. Akses menuju Desa Kuli memakan waktu kurang lebih satu jam dari Ba’a. Jalannya bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, meskipun kondisi jalannya tidak semuanya tertutup aspal.(Rafa)