Bercengkrama dengan Satwa Hingga Berburu Aurora di The Catlins

Menikmati Indahnya Cahaya Kutub

Travelers yang menyukai atronomi, pasti tidak asing dengan fenomena aurora. Fenomena yang juga dikenal dengan cahaya kutub ini memang memberikan penampakan pancaran cahaya indah di langit. Ada beberapa tempat untuk bisa menyaksikan keindahan aurora, salah satunya di The Catlins, New Zealand.

Catlins merupakan wilayah yang terletak di sebelah tenggara Southland yang ada di negara ini. Lokasinya yang berada di pesisir pantai, membuat Travelers bisa menikmati banyak hal selagi menunggu waktu malam untuk melihat fenomena aurora australis.

FOTO 1 IT

Dari Bandara Internasional Dunedin, Travelers bisa mengendarai mobil sekitar 3 jam hingga tiba di daerah Pesisir Catlins. Di Catlins, Travelers akan melihat pantai-pantai yang masih asri dan kosong, serta pedesaan dengan bukit-bukit hijau.

Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Nugget Point. Travelers akan menyaksikan batuan terkikis yang terlihat seperti nugget di lautan biru. Berkunjung ke mercusuar di tanjung curamnya juga tidak boleh dilewatkan. Perlu diingat, angin di daerah ini berasal dari Samudra Pasifik yang membentang di depan. Jadi, Travelers harus menjaga barang-barang dengan baik.

FOTO 2 IT

Travelers bisa melanjutkan perjalanan ke Curio Bay atau dikenal dengan hutan membatu. Di sini kita menyaksikan pohon-pohon dari zaman Jurassic yang telah membatu karena proses selama alam berjuta-juta tahun. Selain itu ada satwa langka penguin bermata kuning.

Jika berjalan selama setengah jam, Travelers akan menemukan Teluk Porpoise yang memiliki daya Tarik utama yaitu lumba-lumba. Tempatnya yang aman, membuat para lumba-lumba menjadikan teluk ini sebagai rumah mereka. Selain itu, Travelers juga bisa melihat penguin dan anjing laut di teluk ini.

Setelah puas bertualang, Travelers bisa mulai mendirikan kemah sambil menunggu fenomena aurora australis. Saat malam tiba, langit akan berubah menjadi warna hijau dan pink yang sangat indah.

FOTO 3 IT

Catlins memang terkenal dengan wilayah yang sering dijadikan tempat untuk berkemah. Menikmati aurora dari dalam kemah menjadi salah satu hal yang romantis. Namun, jika tidak nyaman untuk tidur di luar ruangan, Travelers bisa tidur di penginapan yang banyak tersedia di sana.

Jika ingin bertualang sekaligus menikmati pengalaman menangkap aurora, Travelers harus memilih waktu yang tepat. Bulan Maret hingga September merupakan waktu terbaik untuk menikmati aurora di Catlins.

Yuk, bertualang sekaligus berburu aurora di Catlins! (Nita).