Berendam Pasir Panas di Hot Water Beach Selandia Baru

Panas Keluar lewat Celah Pasir Pantai

Hot Water Beach
Berendam Air Panas Saat Sunset

Selandia Baru dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif. Selandia Baru juga memiliki sumber air panas yang keluar dari perut bumi, yang dapat menjadi destinasi wisata, seperti sumber air panas yang keluar di pantai timur Semenanjung Coromandel, namanya Hot Water Beach. Tempat ini merupakan sensasi  Selandia Baru dalam menyuguhkan kenikmatan liburan yang berbeda. Yah, pantai ini menjadi magnet wisata, tak heran banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke pantai ini untuk berendam di sumber air panasnya.

Hot Water Beach
Pantai indah menyimpan panas bumi

Hot Water Beach merupakan Pantai Air Panas yang terletak di Semenanjung Coromandel di Pulau Utara Selandia Baru.  Kota ini dekat dengan Haehi.  Sumber air panas di tepi pantai ini adalah salah satu fenomena langka di dunia.  Pantai yang berada di kawasan pantai timur Coromandel Penisula ini, dikaruniai fenomena alam yang yang sangat menakjubkan. Di pantai yang terletak 175 kilometer dari Kota Auckland ini, banyak wisatawan bisa berendam air panas di pantainya!  Keunikan pantai ini terletak pada pasirnya yang dapat menjadi sumber air panas. Untuk itu, diharapkan biasanya para pengunjung membawa sekop sebagai alat untuk mengeruk pasir.  Lalu mereka membuat kolam kecil untuk berendam di sekitar pantai. Semakin dalam menggalinya, air yang keluar pun akan terasa semakin panas.

Hot Water Beach
Menggali dulu untuk membuat kolam buatan

Lokasi Pantai Air Panas ini berjarak sekitar 174 kilometer (108 mil) dari Auckland dengan perjalanan memakan waktu kurang lebih 2,5 jam.  Sesuai dengan namanya, Hot Water Beach, pantai ini bisa jadi tempat berendam air panas, dengan mendapatkan sumber panas yang terletak jauh di bawah bumi dan menetes membentuk area panas, dengan sedikit penggalian, dapat diubah menjadi hot tub atau spa alami!  Yah, cukup unik, karena air panas tersebut bukan berasal dari air laut melainkan dari air yang ada di bawah pasir. Namun kolam air panas alami ini hanya bisa diakses pada saat tertentu.  Wisatawan akan memenuhi area pantai ini saat air laut sedang surut.  Karena pada saat surut itulah, pasir di pantai ini bisa digali dan akan mengeluarkan air panas. Waktu terbaik untuk menikmati Pantai Air Panas ini adalah saat air surut sejak 2 jam sebelumnya hingga 2 jam setelahnya. Dan suhu air panas di sini bisa mencapai 64 derajat celcius.

Hot Water Beach
Selalu Ramai didatangi Wisatawan

Jika Traveler ingin mencobanya, langkah awal yang harus dilakukan begitu air surut, mengeruk pasir dengan kedalaman sekitar 1/4 meter, sampai air panas keluar dan air itu akan mengisi kolam buatan ini. Ada juga wisatawan yang datang bergerombol memutuskan untuk mengeruk pasir dengan lebar yang cukup besar, bisa mencapai 3 meter. Setelah air panas memenuhi kolam tersebut, mereka akan berendam bersama di kolam besar tersebut.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat berada di Hot Water Beach. Meski sedang surut, Traveler tetap harus memperhatikan ombak yang sewaktu-waktu siap datang. Karena bisa saja ombak besar datang tanpa peringatan. Ombak di pantai ini pun bisa dibilang berbahaya, jadi jangan berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

Air hangat sebenarnya bukan dari bawah tanah melainkan hanya air laut yang meresap di bawah pasir itu. Apa yang sebenarnya memanaskan air adalah retakan di kerak bumi yang memungkinkan panas dari intinya keluar.   Area yang akan digali memerlukan sedikit waktu untuk ditemukan, terutama jika Traveler menjadi salah satu yang pertama menggali.

Hot Water Beach
Pantai yang menyimpan keunikan, Photo by Allen B

Pengunjung biasa menggali pasir pantai yang dirembesi air panas, menciptakan ‘bathtub’ alami, menunggu isinya penuh, lalu berendam sepuasnya. Walaupun cukup terpencil, Hot Water Beach punya sederet hotel dengan beragam harga sewa. Traveler juga bisa memancing dan kayaking di perairannya.  Yah, pantai unik ini menjadi makin populer di Provinsi Waikato, Selandia Baru. Nah, Traveler siap datang berkunjung ke Negeri Kiwi ini, jangan lupa mampir ke Hot Water Beach ini, ya!(Niel)