Terpukau dengan Keindahan Air Terjun Sendang Gile

Memiliki Dua Tingkat

Air Terjun Sendang Gile
Tingginya Air Terjun dengan Debit Deras, Photo by Pinterest

Sendang Gile merupakan salah satu wisata air terjun yang terletak di Lombok Utara, tepatnya di desa Senaru, Kecamatan Bayan, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini berada di perbukitan yang hijau yang terdiri dari pohon liar dan area persawahan di kaki bukit.  Area ini sangat akrab bagi para pencinta alam yang hobi naik gunung.  Yah, Traveler yang ingin mendaki ke Gunung Rinjani, biasanya akan mampir dahulu ke air terjun ini. Karena, Air Terjun Sendang Gile berada di Taman Nasional Gunung Rinjani. Pada jalur pendakian menuju puncak Rinjani, wisatawan pun akan terlebih dahulu menemukan air terjun ini. Aliran air terjun diyakini merupakan aliran air yang berasal dari Danau Segara Anak yang juga berada di sekita lokasi Gunung Rinjani.  Untuk mencapai lokasi air terjun, Traveler bisa melewati jalur Pesisir Barat dan jalur Lendang Bajur. Dua jalur ini sudah bisa dilewati mobil dan kendaraan roda dua.

Air Terjun Sendang Gile
Segarnya air yang menyejukkan, Photo by BackpackerJakarta

Air Terjun Sendang Gile memiliki dua tingkat. Tingkat pertama dari puncak, air mengalir atau terjun ke kolam yang berada di antara tingkat pertama dan kedua. Sedangkan tingkat kedua merupakan arus air kolam tadi yang terjun ke bawah mengalir bersama sungai yang berada di dasar air terjun.  Air terjun Sendang Gile memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut. Aliran air terjun ini jatuh dari atas tebing yang tinggi dan jatuh langsung ke sungai yang ada di bawahnya. Hembusan kabut memenuhi di sekitar lembah dengan keindahan air terjun yang airnya jatuh dari tebing yang bertingkat menambah tempat ini terlihat lebih eksotik. Bagi para pengunjung tidak dilarang untuk berenang atau bermain air di lokasi air terjun yang sejuk dan dingin tersebut.

Untuk bisa ke air terjun ini, Traveler harus menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sangat cantik berselimutkan udara nan sejuk, melewati goa dan juga jembatan yang unik di atas tebing. Air terjun ini menawarkan berbagai hal yang mempesona ketika dikunjungi dengan cara soft trekking.

Jarak Air Terjun Sendang Gile cukup jauh yaitu sekitar 60 km dari pusat Kota Mataram.  Jika Traveler menempuhnya dengan menggunakan kendaraan umum, maka dari pusat Kota Mataram hanya sampai wilayah Bayan saja, karena fasilitas kendaran umum belum mencakup ke seluruh wilayah Lombok. Dari Bayan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojek ke daerah Senaru. Setelah itu, Traveler memasuki ratusan anak tangga yang ketinggiannya mencapai 40 meter lalu sampailah di air terjun.

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun dikelilingi Bukit Nan Hijau

Beberapa fasilitas yang memberikan kenyamana bagi para wisatawan sudah disajikan di sekitar lokasi air terjun ini.  Seperti penginapan, mulai dari kelas homestay sampai hotel dapat ditemukan disini.  Begitu juga dengan tempat parkir kendaraan yang telah disediakan cukup luas baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan tempat parkir yang nyaman dan aman, maka Traveler dapat menikmati wisata Air Terjun Sendang Gile tanpa harus khawatir dengan kendaraannya.

Saat mengunjungi Air Terjun Sendang Gile Lombok ini, Traveler tak perlu khawatir untuk urusan perut.  Karena di dekat lokasi air terjun sudah terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman.  Selain itu di dekat lokasi juga tersedia toilet umum dan kamar mandi yang dapat digunakan untuk mandi setelah Traveler bermain air di air terjun Sendang Gile.(Rafa)