Sensasi Pantai Lorena yang Menggairahkan

Hamparan Terumbu Karang Sepanjang Pantai

Pantai Lorena
Hamparan Terumbu Karangnya, Photo by Mainunnajiblay

Pantai Lorena dengan segala keunikannya, benar-benar menyita perhatian banyak orang.  Nama pantai Lorena ini merupakan singkatan dari bahasa Jawa yaitu “Lore Nanjan” yang artinya “sebelah utara Dusun Penanjan”. Panjang pantai ini kurang lebih 1 kilometer, dengan bentuk pantai seperti laguna.  Banyak para pengunjung yang memanfaatkan Pantai Lorena untuk tempat beristirahat, atau persinggahan sementara sebelum melanjutkan perjalanan lagi.

Pantai Lorena memang sangat unik, terutama di kala air surut.  Pemandangan indah jejeran terumbu karang berumur ratusan tahun langsung  terlihat di Pantai Lorena saat air laut mulai surut.  Pantai yang terletak di Dusun Penanjan, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini, menyajikan hamparan terumbu karang yang sangat indah.  Hal itu menjadi daya tarik Pantai Lorena, meski pengunjung yang datang harus berhati-hati karena kondisi terumbu karang – terumbu karang ini licin, berlumut dan banyak tiram yang menempel.  Yah, banyak pengunjung yang berjalan kaki mendekat ke tepian pantai ini melewati bebatuan berwarna coklat kehitaman, menikmati keindahan ini.

Pantai Lorena
Keunikan Pantainya yang penuh sensasi, Photo by LamonganTourismDotCom

Letak pantai ini tidak jauh dari WBL (Wisata Bahari Lamongan). Pantai Lorena dapat terlihat dari jalan raya. Terbayang ketika Traveler sedang merasakan semilir angin pantai sembari berkendara, sungguh sangat asyik.

Pantai ini cukup mudah untuk ditemui karena letaknya yang strategis dan sangat mudah dijangkau.  Lokasinya dekat dengan jalan raya yaitu berada di jalan utama penghubung Gresik-Lamongan-Tuban, atau dikenal dengan jalan raya Daendels.  Tak heran jika pantai ini selalu ramai pengunjung apalagi saat di akhir pekan.  Karakter pantainya tenang, nyaris tidak ada gelombang besar yang mendekat ke tepian sehingga aman bagi siapa pun yang berkunjung.  Selain itu juga bisa menikmati udara segar di tepi pantai.

Jika berkendara dari arah Tuban, Jatim, jalurnya searah ke WBL atau Maharani Zoo. Lokasi favorit pantai ini adalah terumbu karang yang lebar. Pengunjung bisa duduk dan menyelonjorkan kakinya ke arah laut. Bisa foto bersama atau sendiri.

Pantai Lorena
Lautnya yang tenang juga memberi kenyamana, Photo by PicukoDotCom

Selain itu, deretan warung-warung juga bisa membantu para pengujung untuk lebih lama berada di pantai ini. Pengunjung bisa menikmati makanan khas daerah pantai utara Lamongan seperti rujak dan es dawet kental, sambil menikmati udara pantai dan menikmati panorama pantai dan laut yang meneduhkan jiwa.(Adhit)