Pesona Cenote Lu’um, Lukisan Alam dengan Panorama Menggiurkan

Airnya Biru Jernih Menyegarkan

Cenote Lu'um
Stalakmitnya yang mengesankan

Cenote Lu’um, merupakan salah satu destinasi wisata alam nan unik, berada dalam sebuah goa yang terletak di tengah-tengah hutan Maya Quintana Roo, beberapa menit dari Puerto Morelos, Meksiko. Cenote sendiri adalah sebuah oase dengan air yang sangat biru dan bersih. Disekitar cenote ini dikelilingi oleh bebatuan kapur yang membentuk stalaktit dan stalagmit. Cenote Lu’um berada dalam sebuah goa Dalam goa ini, terdapat oasi yang memiliki air berwarna biru yang sangat jernih.  Dan asyiknya, disini menjadi surganya untuk berenang bebas di alam terbuka dengan pemandangan yang sangat memukau.

Cenote Lu'um
Berendam Menikmati Oase di Cenote Lu’um, Photo by Pinterest

Ini merupakan salah satu cenote tercantik yang tersisa, di mana wisatawan dapat berenang di antara ikan dan akar pohon yang menjuntai.  Airnya dingin begitu menyegarkan, membuat siapa pun yang berendam dan berenang disini, akan sulit beranjak. Terlelap menikmati keseruan dan keindahan ini.

Cenote, merupakan harta karun di Meksiko yang tersembunyi, yang dapat ditemukan di Semenanjung Yucatan, yang dibentuk oleh negara bagian Quintana Roo, Campeche, dan Yucatan. Keindahan formasi tersebut telah menjadi tontonan alam yang wajib Traveler kunjungi saat berada di Meksiko. Untuk memasuki wisata alam ini, ada rangkaian ritual yang harus dilakukan dahulu.

Ekspedisi dimulai dengan meminta izin kepada wali Alux, karena cenote adalah situs suci yang dilindungi oleh Aluxes. Dalam Xenotes mereka diwakili oleh unsur-unsur alam; air, udara, api dan bumi. Lu’um, alux of Tierra, adalah yang paling nakal dan ‘jail’, dia suka tertawa, kepribadiannya menyenangkan dan dia terus mencari apa yang harus dilakukan untuk bersenang-senang. Wisatawan harus berpegangan tangan membentuk lingkaran dan berbicara dengannya dalam bahasa Maya, sebagai imbalannya dia akan melindungi semua wisatawan selama kunjungan ini. Apalagi saat semua sedang melakukan aktivitas wisata yang menyenangkan.

Cenote Lu'um
cenote adalah situs suci yang dilindungi oleh Aluxes

Setelah itu, siap-siap memasuki Cenote Lu’um, namun sebelumnya semua wisatawan harus mengenakan tali kekang, rompi, dan helm, karena akan memasuki cenote Lu’um dari atas dengan melakukan rappelling. Saat turun, Traveler akan mengagumi keindahan alam sekitar, melewati bukaan di tanah yang menjadi atap cenote. Begitu mulai masuk, Traveler akan langsung terkagum memandang alam dalam bumi yang menakjubkan, indahnya dan kolaborasi stalaktit dan akar pohon yang turun dari permukaan untuk meminum air suci.  Air biru kehijauan nan jernih siap menyambut Traveler, saat itulah Traveler akan menyadari keagungan Cenote Lu’um ini. Cenote ini semi terbuka, sehingga masih ada celah sinar dari luar yang masuk ke dalam goa.  Air dihubungkan melalui terowongan bawah tanah dengan akuifer yang mengalir secara horizontal.  Saat berenang, Traveler akan menikmati kedamaian dan ketenangan sambil mengisi ulang energi, me-recharge pikiran dan tenaga. Yah, Traveler dapat menikmati ‘me time’-nya yang menyatu dengan alam sekitar.  Saatnya Traveler dapat meluangkan waktunya, atur jadwal dan siap berani temukan keindahan cenote di Meksiko!(Niel)