Menikmati Senja di Pantai Maldives Kemantren

Panorama Deretan Gubuk Tengah Laut Yang Instagramable

Pantai Maldives Kemantren
Indahnya Sunset di Pantai ini, Photo by Trendpantura (IG)

Ini bukan di luar negeri, tapi masih masuk dalam negara Indonesia, tepatnya pada salah satu pantai yang ada di Lamongan. Pantai Maldives Kemantren namanya, pantai yang namanya disangkutkan dengan salah satu destinasi wisata yang mewah nan menawan.  Pemandangan disini memang ala ala Maldives.  Dilengkapi dengan sejumlah saung dan gubuk-gubukan yang beratapkan jerami di tengah lautan, yang terhubung dengan sebuah jembatan yang juga terbuat dari bambu menuju tepi pantai.  Sungguh sangat indah dan cantik panorama ini. Tak heran jika kawasan Maldives Kemantren ini pun juga menjadi spot paling favorit, terutama  kalangan anak muda untuk mendapatkan hasil gambar yang instagenik.

Pantai Maldives Kemantren
Jembatan kayu, salah satu spot Instagramable, Photo by PesonaLamongan (IG)

Pantai Maldivies Kemantren merupakan salah satu tempat wisata pantai di Lamongan dengan dianugerahi pemandangan yang bagus, bersih dan sejuk, serta ditunjang dengan lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota. Apalagi dengan banyaknya aktivitas nelayan yang hilir mudik dengan perahu motor, menjadi satu pemandangan asyik di salah satu sudut pantai ini.

Pantai Maldives Kemantren terletak di pesisir pulau Jawa, tepatnya di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Pantai ini berdekatan sekali dengan Pantai Tanjung Kodok yang sekarang dikenal dengan Wisata Bahari Lamongan, juga Pantai Kutang, dan Pantai Pasir Putih Delegan.

Pantai Maldives Kemantren
Deretan Gubuk yang Mengesankan, Photo by MunasyaDotCom

Gubug-gubug bambu yang terletak di area pinggir pantai, dapat digunakan sebagai tempat beristirahat, sambil menikmati indahnya pantai,  bercengkrama dan juga bercanda ria.  Disini juga terkenal dengan jajanan khas laut/seafood seperti ikan bakar, cumi, udang, kerang dan lobster.  pastinya dengan harga yang cukup terjangkau.  Agar semakin sempurna keindahan yang didapat, datanglah pada sore hari.  Traveler akan menemui view terbaik dan terindah di Pantai Maldives Kemantren ini, dengan kemolekan sunseat yang tenggelam di tengah laut.  Yah, senja di pantai desa Kemantren Paciran ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Lamongan juga wisatawan yang memang sengaja ingin menikmati suasana pantai ini.

Rute perjalanan untuk mencapai pantai ini tidaklah sulit. Dari Alun-Alun Lamongan sampai ke pantai diperlukan waktu sekitar kurang lebih satu setengah jam. Nanti di tengah perjalanan Traveler akan menjumpai hutan yang masih asri yaitu hutan Cendri yang berada di daerah Solokuro Lamongan.  Tidak sulit untuk menemukan pantai ini, karena letaknya yang sangat strategis. Setelah bertemu dengan gapura Desa Kemantren, dari situ Traveler cukup berjalan lurus ke arah utara sekitar 500 meter lalu belok ke kanan menuju pantai.

Pantai Maldives Kemantren
Senja Syahdu di Pantai Maldives Kemantren, Photo by RioAhmad850

Tak jauh dari pantai, juga berdiri sebuah masjid bernama Masjid Al Abror. Biasanya, para pengunjung muslim dapat melaksanakan shalat di masjid tersebut< bahkan tak jarang beberapa orang juga berkunjung ke makam sebelah masjid untuk berziarah. Masyarakat setempat mempercayai bahwa makam itu adalah makam Syekh Maulana Ishaq, ayah dari Sunan Giri.(Adhit)