Stalakmit dan Stalaktit di Goa Batu Hapu yang Menakjubkan!

Banyaknya Bebatuan Raksasa

Goa Batu Hapu
Spot Unik dalam goa, Photo by Favehotelbanjarmasin (IG)

Goa Batu Hapu merupakan gua karst yang menjadi destinasi objek wisata alam yang terletak di dekat pasar Binuang, tepatnya di Desa Batu Hapu, Kecamatan Hatungun, Tapin, Kalimantan Selatan. Goa ini memilki mulut goa yang besar dengan dua bibir gua yang terhubung dengan tangga beton. Goa karst ini memiliki ruang yang luas dan tekstur dinding yang tidak biasa.

Goa ini kaya akan keindahan stalagmit dan stalaktit yang terletak pada dasar dan langit goa, sehingga menambah alasan untuk terus terpukau. Salah satu lubang di langit goa, yang membiarkan sinar matahari masuk juga menambah eksotisme goa itu sendiri.  Juga menjadi salah satu sisi yang kerap dijadikan tempat berswaphoto.

Goa Batu Hapu
Ruang Goa yang Luas dan Lebar, Photo by 13_Ranz (IG)

Banyak kemudahan yang dirasa jika Traveler ingin menikmati keindahan Goa Batu Hapu ini. Lokasinya yang mudah dijangkau, akses masuk ke dalam goa ini juga tidak sulit.  Saat begitu memasuki mulut goa, Traveler akan disambut dengan bebatuan runcing yang mampu menciptakan sebuah suasana yang berbeda dari yang lain.  Goa Batu Hapu ini selalu menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan petualangan yang gigih berburu spot-spot indah, karena goa ini dihiasi oleh stalagtit dan stalagmit yang begitu indah di dalamnya.  Traveler dapat menyaksikan dari dekat susunan batu kapur alami berbentuk kerucut yang berdiri tegak di lantai goa (stalakmit). Juga batangan kapur yang terdapat pada langit-langit goa dengan ujung meruncing ke bawah (stalaktit).  Sungguh, keindahan goa ini sangat menarik untuk ditelusuri di setiap jengkal keindahannya. Apalagi, goa yang berada di tengah-tengah pegunungan ini menjadikan suasana di sekitar goa terasa sejuk dan asri. Jangan lupa agar Traveler membawa senter atau headlamp untuk menyusuri gua ini.

Goa Batu Hapu
Bebatuannya Besar-Besar

Lokasi Goa Batu Hapu  berjarak sekitar 154 km dari ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin. Dari Pasar Binuang, Traveler dapat mengarahkan kendaraannya masuk ke dalam sejauh kurang lebih 16 kilometer. Suasana perjalanan cukup menyenangkan, apalagi pemandangan kehidupan khas pedesaan dan suasana alam pegunungan akan memanjakan pandangan mata sebelum memasuki kawasan lokasi yang dituju. Dari tempat parkir, Traveler masih harus berjalan kaki menaiki puluhan anak tangga untuk dapat sampai menuju lokasi utama goa yang berada di tengah-tengah bukit.(Rafa)