Air Terjun Bajuin Yang Kembali Eksis

Sempat Mati Suri, Kini Bangkit Lagi

Air Terjun Bajuin
Air Terjun yang dikelilingi panorama menyejukkan

Air Terjun Bajuin, ikon wisata Bumi Tanahlaut Kalimantan Selatan ini, merupakan objek wisata alam di pegunungan yang selalu memberikan daya tarik bagi wisatawan.  Tempat ini memiliki panorama alam yang masih alami, serta udaranya yang penuh kesejukan khas daerah pegunungan dan terutama adanya air terjun yang cukup menarik untuk disambangi.

Wisata Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungaibakar,  Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanahlaut, Kalimantan Selatan, air terjun ini  merupakan salah satu objek wisata yang punya nama di Kabupaten Tanahlaut ini.  Air terjun Bajuin memiliki panorama pegunungan yang indah, eksotik, dan udaranya pun masih sangat sejuk karena banyaknya pepohonan. Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda, dikarenakan alamnya yang masih asri dan alami.  Pada era tahun 1990-an, Air Terjun Bajuin naik pamor, merupakan tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi.  Namun sayangnya, lama kelamaan pamor air terjun ini menurun, tidak terjaga lagi dan akhirnya destinasi wisata ini mengalami mati suri.

Air Terjun Bajuin
Panorama Alamnya Masih Alami

Namun sejak tahun 2019, wisata air terjun ini kembali bangkit.  Bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut dengan giat dan penuh semangat melakukan pembinaan kepada masyarakat setempat.  Penyediaan beberapa fasilitas umum mulai dibenahi.  Dan akhirnya pada tahun 2020 ini, Air Terjun Bajuin pun telah siap menyambut para wisatawan yang datang berkunjung ke sini, memberikan kenyaman bagi mereka dengan adanya beberapa fasilitas lainnya yang menunjang kenyamanan mereka.  Penataan parkir dan tersedianya warung-warung makanan, membuat wisatawan merasa aman, nyaman dan betah untuk bermain air di Air Terjun Bajuin ini.  Ini semua karena masyarakat sekitar tidak acuh tak acuh lagi, mereka turut serta dapat memetik manfaatnya dengan membuka beberapa lapangan pekerjaan sekitar air terjun ini.

Banyak keunggulan yang dimiliki objek wisata Air Terjun Bajuin ini. Di antaranya adalah akses jalan yang semakin nyaman.  Yah, sejak dari Kota Pelaihari hingga tiba di lokasi, jalanan pun keimbas mulus beraspal hotmix.  Meskipun badan jalan di wilayah sekitar Desa Sungaibakar ini tidak terlalu lebar, namun sudah cukup leluasa untuk kendaran-kendaraan berlalu lalang dan berpapasan.

Pesona Air Terjun Bajuin pun makin tenar.  Tersedianya wahana permainan outbond, flying fox, serta tersedianya beberapa unit gazebo yang tersambung dengan jembatan gantung, membuat air terjun ini semakin mengasyikkan.  Apalagi banyak beberapa spot yang instagramable, yang sengaja diciptakan untuk berswaphoto.

Air Terjun Bajuin
Mulai ramai dikunjungi Wisatawan lagi

Mereka umumnya ingin berswafoto di area puncak di sekitar air terjun terbawah. Pasalnya panorama di sekitarnya sangat eksotis. Dari ketinggian bebatuan besar, tampak suasama alami alam sekitarnya yang dipagari pegunungan yang menghijau.  Yah, panorama alam pegunungan yang masih alami serta eksotisme air terjun ini pun kembali  menjadi magnet bagi pengunjung.  Apalagi Air Terjun Bajuin ini berada dalam kawasan pegunungan Maratus, kawasan yang dikembangkan menjadi ekowisata alam seperti traking, climbing dan hiking.  Di sini juga terdapat beberapa jenis burung dan tanaman anggrek hutan, serta bunga bangkai. Letak lokasi ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Tanah Laut dan sekitar 75 kilometer dari Banjarmasin.(Adhit)