Berkat Ketekunan, Bisnis EO yang Digeluti Yudah Maulana Sukses

PariwisataIndonesia.id, Pulau Bidadari, Jakarta – Dalam bidang event organizer (EO), nama Yudah Maulana memang belum banyak dikenal.

Namun, berkat ketekunan dan kegigihannya menjalani bisnis EO yang digelutinya sejak dua tahun silam, telah membawanya menjadi sosok pebisnis sukses.

Pria yang lahir pada 11 Desember 1978 di Bogor, Jawa Barat ini juga jeli dalam mencari celah bisnis. Ia sukses mengerjakan job-job mulai dari ulang tahun perusahaan, membranding produk baru, serta menyelenggarakan konser musik hingga MICE.

Yudah menuturkan, bisnis EO dan Promotor Musik dengan label Unboxing yang dijalaninya, kini tak kurang menangani puluhan klien tetapnya setiap bulan.

“Soalnya, sejak mulai didirikan, saya gencar melakukan promosi bahkan sampai mencari klien ke berbagai daerah,” ucapnya.

Dalam membangun bisnis, Yudah sangat mengedepankan kualitas juga kepuasan dari para klien.

Menurutnya, Unboxing senantiasa memegang prinsip untuk pantang menyerah. Jika ditanya masalah, tentu akan selalu ada, begitu pula solusinya, karena ia percaya bahwa kerja keras tak pernah mengkhianati hasil.

“Di samping itu, karakter sabar dan berserah pada Tuhan YME turut dipegang teguh. Itulah di antara tips dari kunci sukses dalam dua tahun berkarya di bisnis ini,” terangnya.

Seiring berjalannya waktu, Unboxing semakin berpengalaman di bidangnya. Selain banyak berurusan dengan menjalin relasi, mengorganisir deretan event-event klien, Yudah mengakui, dukungan tim kerja yang solid atas keahlian di bidangnya masing-masing juga menjadi mutlak.

“Bersama tim yang solid, EO yang saya kelola sudah menangani beragam acara rutin mulai dari pameran, gathering perusahaan, sampai launching produk,” ujarnya.

Alumni Universitas Trisakti berzodiak Sagitarius ini menambahkan, dirinya berupaya untuk terus mengembangkan bisnis dengan menggaet pelanggan lebih banyak tentu menjadi tujuan, namun tetap mengutamakan kualitas sebagai bentuk kepuasan pelanggan. Ia tak ingin membuat pelanggannya kecewa.

“Unboxing bekerja sepenuh hati dengan selalu memberikan yang terbaik,” tuturnya.

Sebelum menjalani bisnis EO, Yudah mengawali karier di beberapa perusahaan dan sering gonta-ganti usaha, “bahkan sejak di bangku kuliah dulu, bersama kakak saya, suka berbisnis jual beli mobil,” kenangnya.

Meski tak sedikit kisah haru dalam perjalanan hidupnya, Unboxing berbuah manis selepas penggemar motor besar yang memiliki motto hidup “Jadilah Orang yang Jujur” mantap memutuskan terjun ke bisnis sejak 2020. Unboxing banyak mendapat kepercayaan dari sejumlah perusahaan dan instansi besar, seperti event Telkomsel, Telkom, Astra Honda Motor, Axa Mandiri.

Unboxing Event Organizer dipercaya menyelenggarakan Festival Kepulauan Seribu 2022

Saat ini, EO yang dinahkodainya diberi kepercayaan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI untuk menggarap Festival Kepulauan Seribu 2022.

Yudah menegaskan, “penyelenggaraan Festival Kepulauan Seribu sebagai upaya untuk mengembalikan geliat pariwisata di Kepulauan Seribu”.

Sambungnya, pencanangan HUT Ke-21 Kepulauan Seribu sekaligus menandai dimulainya rangkaian festival musik serta akan ada banyak acara di antaranya Festival Kuliner pada 7 November 2022.

Kemudian puncak acaranya digelar di Pulau Pramuka, pada 9 November 2022, dan ditutup dengan acara hiburan ‘Move on Jones (Jomblo Ngenes), yang diramaikan sejumlah artis Tanah Air yang direncanakan akan berlangsung di Pulau Tidung, pada 26 November 2022.

Untuk mengawali rangkaian acara itu, digelar Festival Reggae di Pulau Bidadari pada 5 November 2022 lalu, sebagai event pembuka yang disemarakkan dengan delapan musisi reggae yang populer dan sudah ngehits di Indonesia, antara lain Ras Muhammad, Gangstarasta, Alvons Freedom, Lion and Friends, Nongky Nongkray, Day Afternoon, D’Blow dan Rasta in Peace.

Tak hanya itu saja, keseluruhan rangkaian event Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Seribu ke 21 ini juga dikawal langsung oleh Sudin Kesehatan dari Kepulauan Seribu, termasuk Tim Satgas COVID di bawah koordinasi Kepala Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, AP, M.Si yang turut pula melibatkan semua unsur Muspika, tak terkecuali pihak keamanan mulai dari Satpol PP hingga Kapolres Kepulauan Seribu.

Yudah berharap, penyelenggaraan Festival Kepulauan Seribu dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu, seperti yang diketahui bersama sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang terdampak Covid-19, dengan adanya berbagai festival dapat menghidupkan kembali perekonomian di Kepulauan Seribu.

Di balik penyelenggaraan acara yang megah ini, tentu tak lepas dari peran penting ‘Unboxing Event Organizer’ selaku EO yang mendapat kesempatan emas tersebut.

Menutup wawancaranya, Yudah menjelaskan hingga akhir tahun 2022, masih ada beberapa event yang akan dikerjakan oleh Unboxing, termasuk yang ‘on proses pitching’, dan mengikuti lelang di beberapa perusahaan nasional terkait event-event di awal tahun 2023.

“Alhamdulillah, Unboxing sudah dapat tawaran kembali menjalankan sejumlah event di daerah Sumatera yang dikerjakan di bulan November ini,” kata CEO Unboxing yang punya dua putri cantik, juga hobi otomotif dan penggemar musik jazz. (ikh/er)