Gelaran Seni Budaya, Musik dan Kuliner di Puncak Perayaan HUT ke-21 Kepulauan Seribu

Pemberian Penghargaan oleh Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi. (Foto : PVK Group)

JAKARTA – Merayakan HUT ke-21 Kepulauan Seribu yang jatuh pada Rabu, 9 November 2022, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar Festival Seni dan Kuliner di Lapangan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Berbagai pertunjukan pun digelar mulai dari tari-tarian, paduan suara, grup band dari dalam dan luar Pulau Pramuka, Finalis Indonesia Idol Dnanda, hingga penampilan band Bagindas.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Seribu, Puji Hastuti mengatakan “Festival yang diselenggarakan merupakan bagian dari promosi pariwisata di Kepulauan Seribu, dengan adanya festival diharapkan dapat menarik minta wisatawan untuk menunjungi Kepulauan Seribu.”

Pelepasan 21 ekor merpati sebagai sebagai simbol HUT ke-21 Kepulauan Seribu (Foto : PVK Group)

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menyambut baik adanya festival ini “Setelah 21 tahun perjalanan, Kepulauan Seribu terus berkembang dan berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat.”

Junaedi mengatakan saat ini Kepulauan Seribu sudah masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

“Dengan menjadi kawasan strategis, maka Pulau Seribu tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga di dunia, hingga menjadi wisata kebanggaan Indonesia,” ucapnya.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi bersama jajaran menghadiri puncak perayaan HUT ke-21 Kepulauan Seribu (Foto : PVK Group)

Rangkaian acara Festival Kepulauan Seribu telah dimulai di Pulau Bidadari diawali dengan Festival Musik Reggae pada tanggal 5 November 2022, dilanjutkan dengan Festival Kuliner, 7 November 2022 di Pulau Untung Jawa, puncak HUT ke-21 Kepulauan Seribu dimeriahkan dengan Festival HUT ke-21 Kepulauan Seribu, tidak ketinggalan atraksi ruang publik di Pulau Kelapa pada tanggal 12 November 2022, atraksi ruang publik juga diselenggarakan di Pulau Untung Jawa, serta acara ‘Move on Jones (Jomblo Ngenes)’ 26 November 2022 di Pulau Tidung menutup rangkaian HUT ke-21 Kepulauan Seribu.

Eksotisme Hutan Mangrove di Taman Nasional Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu memiliki taman nasional hutan mangrove, terletak di Pulau Pramuka sebagai satu-satunya taman nasional di Jakarta. Pulau Pramuka memiliki luas 16,73 ha dengan berbagai obyek wisata menarik, dimana wisatawan dapat berkunjung ke Taman Nasional Kepulauan Seribu atau ke lokasi Pelestarian Penyu Sisik.

Bagi wisatawan yang ingin berkeliling, dapat menyewa jasa pemandu untuk berkeliling ke pulau-pulau sekitar yaitu Pulau Semak Daun, Pulau Air dan Pulau Gusung Petrik.

Wahana permainan air seperti banana boat dan donat boat juga tersedia. Ada pula sarana sepeda, untuk mengeksplorasi Pulau Pramuka selama sehari penuh. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat melakukan diving dan snorkeling, untuk menjelajahi keindahan bawah laut di sekitar Pulau Pramuka.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan, “Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan mengintegrasikan tujuh pulau, dengan membangun jembatan untuk menghubungkan setiap pulau. Ini akan memudahkan wisatawan berkeliling menikmati keindahan Kepulauan Seribu”.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kepulauan Seribu, Puji Hartati menyambut baik dengan adanya penambahan infrastruktur, “Pembangunan jembatan penghubung akan menarik minta wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu”

Vokalis grup band Bagindas, Andra Pratama mengaku sangat senang diundang untuk mengisi acara di Kepulauan Seribu. Merasa takjub dengan pesona Kepulauan Seribu, Bagindas berencana akan membuat video klip di salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

“Semoga Pulau Seribu ini pariwisatanya semakin berkembang dan dikenal turis lain, jadi nggak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok,” kata Andra.

Band Bagindas meramaikan puncak Perayaan HUT ke-21 Kepulauan Seribu (Foto : PVK Group)

Hal senada juga diungkapkan oleh Dnanda, artis jebolan Indonesia Idol ini juga merasa bersemangat meski baru pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Pramuka.

“Pertama sampai di Dermaga Pulau Pramuka saya suka sekali ya, alam sekitarnya indah, penduduknya juga ramah,” ucap Dnanda.

Beberapa travel blogger juga berkunjung ke Pulau Pramuka untuk ikut serta pada acara Festival Kepulauan Seribu kali ini, salah satunya Baas Saputra (28) yang mengaku senang sekali dengan perkembangan pembangunan di Pulau Pramuka. Sebab, terakhir kali berkunjung pada tahun 2016 infrastrukturnya belum sebanyak saat ini.

“Saya berharap bisa dijaga kelestarian lingkungannya, maka wisatawannya juga akan banyak dari internasional, kaya Bali lah,” ujar Baas.

Travel Blogger lainnya, Mar Sukriws (28) mengaku pemandangan di Pulau Pramuka sangat luar biasa.

“Adakanlah event memiliki nilai budaya lokal atau bisa mengadakan “Fun Run” keliling Pulau Pramuka,” ucapnya.

Apresiasi berikutnya datang dari Beauty Vlogger Aufa Afifa (21). Ia berharap Pulau Pramuka mampu menghadirkan hal baru yang unik. Sebab, generasi milenial sekarang banyak yang menyukai hal itu. “Orang kan kalau ngerasa unik pasti langsung divideoin, ngajakin teman-temannya gitu. Hingga makin banyak yang merekomendasikannya,” kata Aufa.

Reporter : Beben | Editor : Rachmat Kurniawan | PVK Group