Berpetualang di Bukit Larangan Panceng

Suasana yang tenang dan mengasyikkan.

Bukit Larangan Panceng
Photo by fendy_lavigne

Keindahan kota biasanya akan terlihat lebih elok jika dilihat dari bukit atau puncak. Ada salah satu bukit di Gresik yang menawarkan panoramanya, yaitu Bukit Larangan Panceng. Bukit Larangan terletak di Desa Prupuh, Kecamatan Penceng, Gresik, Jawa Timur. Dari pusat kota berjarak 43 km dan dari Desa Gosari berjarak 10 km. Untuk mencapai ke lokasi cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jika dari bundaran Gresik Kota Baru, traveler harus menuju ke arah Kecamatan Panceng terlebih dahulu. Setelah sampai di Kecamatan Panceng, teruskan perjalanan menuju Desa Prupuh, kemudian sampai di tempat parkir, kendaraan tinggal diparkirkan dengan membayar sebesar Rp 3 ribu.

Bukit Larangan Panceng
Bukit Larangan Panceng

Bukit Larangan Panceng ini sangat jarang dikunjungi, karena terkenal dengan cerita mistisnya serta minimnya sarana untuk mencapai ke tempat ini. Namun, keindahan panorama alam di sini jangan dipandang sebelah mata. Jarak dari tempat parkir ke bukit ini lumayan memakan waktu. Traveler harus menyusuri bukit dengan berjalan kaki. Selama perjalanan itu traveler akan melihat deretan pepohonan besar yang memiliki daun lebat serta rimbun.

Bukit Larangan Panceng tak cukup tinggi, tetapi perlu usaha ekstra supaya bisa mencapai puncak. Karena jalur pendakiannya terjal dan batu-batuan licin jika tersiram air hujan. Setelah tiba di puncak bukit, Traveler akan merasakan satu kenikmatan tak terhingga. Suasana tenang, udara sejuk serta semilir angin bisa membuat Traveler ingin berlama-lama di Bukit Larangan Panceng ini.

Dari puncak bukit, Traveler akan menyaksikan suguhan panorama yang cantik. Dapat melihat dan menikmati dengan puas lanskap Gresik yang hijau karena rimbunnya pepohonan. Selain itu traveler juga akan melihat perbukitan kapur, rumah-rumah warga serta garis pantai yang panjang dari sebelah utara Bukit Larangan Panceng.

Traveler bisa bermalam di bukit ini, lalu menikmati keindahan malam hari yang disinari cahaya bulan, hamparan bintang-bintang dan tak mau ketinggalan pula kunang-kunang. Kegiatan tersebut akan lebih seru jika bersama teman-teman, karena bisa bercanda bersama-sama, membuat api unggun, membakar jagung dan keseruan lainnya. Jangan lupa live streaming keseruan ini. Gunakan XL atau Axis yang jaringan internetnya stabil. Dengan jaringan internet XL Axiata yang telah terfiberisasi, live streaming bersama teman-teman ini lancar. Click disini untuk memastikan jaringan daerahmu sudah terjangkau XL Axiata 4.5G.

Untuk menikmati itu semua, traveler tidak perlu merogoh kocek untuk biaya tiket masuk, alias gratis. Hanya membayar biaya parkir kendaraan. Perlu diperhatikan, fasilitas yang ada di Bukit Larangan Panceng ini belum banyak. Sehingga traveler sangat disarankan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah serta tenda jika ingin bermalam.

Meskipun masih banyak hal yang mesti dibenahi, tempat ini adalah tempat yang cocok bagi traveler yang ingin merasakan suasana yang tenang dan mengasyikkan. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi (AS/IPG)