Berwisata ke Taman Hutan Punti Kayu,  Palembang

Anak-Anak dan Keluarga Sangat Dimanjakan Disini

Taman Hutan Punti Kayu
Rekreasi Favorit Masyarakat Palembang, Photo by @rahmarani281

Sebagai kota besar yang berada di urutan kedua setelah Medan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Palembang banyak menyimpan destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi bersama keluarga.  Kota Palembang juga merupakan salah satu kota terpadat di Sumatera dan menjadi kota terpadat kesembilan di Indonesia, dengan ikon Jembatan Ampera dan makanan khas Pempek.

Salah satu destinasi wisata yang patut disambangi adalah Taman Hutan Punti Kayu.  Taman ini merupakan tempat wisata di Palembang berupa hutan wisata. Hutan wisata ini adalah satu-satunya yang ada di Palembang. Berlokasi sekitar 7 kilometer dari pusat kota Palembang, Punti Kayu merupakan salah satu tempat wisata favorit di Palembang.

Taman Hutan Punti Kayu
Anak-Anak pun Menyukai Tempat ini, Photo by @nadia_arz

Taman Hutan Punti Kayu memiliki luas sekitar 50 hektar, dan mempunyai fasilitas lengkap, disertai dengan penangkaran buaya dan kebun binatang. Selain berenang, bermain perahu, berpiknik, dan bermain di taman, Traveler juga dapat menikmati atraksi gajah dan menunggang kuda.

Hutan Punti Kayu Palembang melengkapi areanya dengan aneka replika keajaiban dunia, margasatwa, aneka wahana, hingga waterboom.  Replika yang tersaji di taman kota ini seperti Patung Liberty, Opera House Sidney, Piramida, Kincir Angin Belanda dan Menara Eiffel. Ada juga miniatur Big Ben London, Red Telephone Box, candi Borobudur, serta Pantai Punka. Spot-pot unik tersebut menjadi favorit wisatawan untuk berswafoto dan berfoto bersama keluarga.  Hadirnya wahana air yang menyegarkan seperti waterboom, menjadi daya tarik lagi bagi para wisatawan, terutama kalangan anak-anak.

Taman Hutan Punti Kayu
Berbagai Replika Dunia Tempat Berswaphoto, Photo by @sanihpriyanjaya

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di taman ini.  Apalagi kawasan wisata hutan kota ini memiliki empat bagian wilayah yaitu wilayah perkemahan, hutan lindung, danau dan rawa, serta wilayah rekreasi. Wilayah rekreasi inilah yang menjadi area ramah bagi anak-anak dan keluarga. Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini menyajikan keindahan alam dan suasana tenang. Lokasinya yang mudah dijangkau dengan angkutan umum seperti LRT, membuat tempat ini selalu ramai didatangi wisatawan.

Karena merupakan kawasan Ruang Terbuka Hijau kota, tempat wisata ini buka setiap hari.  Begitu pula dengan berbagai wahana yang ada disana, dapat dimainkan dari pagi hingga sore hari, tepatnya sejak Taman Hutan Wisata Punti Kayu buka pukul 9 pagi dan berakhir pada pukul 4 sore.

Taman Hutan Punti Kayu
Banyak Spot dan Wahana yang Asyik, Photo by @picharlesm

Taman Hutan Punti Kayu ini merupakan hutan Pinus kota yang paling besar di Indonesia. Traveler yang ingin berekreasi ke taman ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk dibedakan berdasarkan usia pengunjung dan periode kedatangan. Untuk harga tiket perorangan bagi orang dewasa dikenai sebesar Rp 25.000 untuk hari biasa, sedangkan di hari libur harga tiket menjadi Rp 30.000,-  Berbeda dari orang dewasa, harga tiket untuk anak-anak cukup dengan Rp 20.000 pada hari biasa dan Rp 25.000 pada hari libur.(Nay/Niel)