Bloor-Yorkville Icefest 2020, back to 80’s

Kompetisi ice craving tahun ini mengambil tema, kembali ke era tahun 80-an.

Festival tahunan jelang berakhirnya musim salju/dingin di Toronto, Canada, tepatnya di daerah Yorkville selalu mengadakan event ice craving, event dimana seseorang menunjukkan kehandalannya dalam mengukir bongkahan batu es menjadi bentuk yang indah. Bongkahan es batu tanpa rupa disulap menjadi berupa manusia, binatang, bangku yang bisa diduduki, pohon, tape/radio, dan banyak lagi.

Acara yang diadakan pada tanggal 8-9 Februari 2020 lalu ini, berlangsung di Village of Yorkville Park dan sepanjang jalan Cumberland Street dan Bellair Street ditutup selama acara berlangsung.

Kompetisi ice craving tahun ini mengambil tema, kembali ke era tahun 80-an. Jadi hasil pahatan-pahatan es nya pun menyenggol era-era tahun itu. Penampilan Yorkville pun dalam sekejab berubah menjadi tampilan nan ajaib, karena lebih dari ratusan bongkahan es sebening kristal yang diukir menjadi patung-patung megah, bertebaran. Inspirasi bentuk pahatan pun diilhami oleh musik, seni, film, dan mode dekade yang mengagumkan ini. Yah, semuanya era 80-an, sangat keren! Bahkan ada siluet Elthon John dan Madonna.

Selain kompetisi dan memamerkan aneka patung es, para pemahat juga aksi tampil live, memamerkan kebisaannya dalam menyulap bongkahan es menjadi patung yang mengagumkan. Banyak ahli pemahat es se Ontario andil dalam aksi ini.

Hampir seluruh masyarakat Yorkville tumpah ruah selama dua hari itu, meramaikan kegiatan rutin tahunan ini. Selain aksi ice craving, juga ada penggalangan dana untuk Yayasan Jantung dan Stroke. Juga ada live musik yang ikut meramaikan acara IceFest 2020 ini.(Kuniel)

Photo : by Kurniawan & @Blooryorkville