Bukit Kapur Air Hitam, Destinasi Wisata Seru di Pekanbaru

Laksana Grand Canyon Amerika

Bukit Kapur Air Hitam, Destinasi Wisata Seru di Pekanbaru
Banyak Gaya siap dibidik disini, Photo by @p.rt2 1

Bukit Kapur Air Hitam, merupakan salah satu destinasi wisata di Pekanbaru yang lagi digandrungi banyak wisatawan lokal.  Rata-rata mereka datang semata-mata ingin memiliki frame photo diri diantara keunikan yang terdapat di kawasan ini.  Yah, hampir tiap sudut area Bukit Kapur Air Hitam, selalu menghasilkan photo yang instagramable.

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Syamsu Bahri, Air Hitam, Pekanbaru, Riau.  Tempat ini begitu spesial karena memiliki keindahan panoramanya seperti Grand Canyon Amerika.  Dengan luas area yang cukup memuaskan untuk berjalan-jalan, yaitu sekitar 1,2 hektar, Bukit Kapur Air Hitam ini menjadi alternatif asyik dalam menghabiskan waktu senggang.

Bukit Kapur Air Hitam, Destinasi Wisata Seru di Pekanbaru
Setiap sudut hasilnya selalu instagramable, Photo by @dheamirzha

Bukit Kapur Air Hitam ini merupakan sebuah perbukitan yang terbentuk dari tanah merah, tinggi dan menjulang menyerupai tebing. Warna kemerah-merahannya ini berpadu dengan putih, namun di beberapa tempat lainnya warna krim lebih mendominasi. Paduan warna-warni inilah yang menambah kecantikan objek wisata ini, Traveler pun serasa dimanjakan untuk menikmati pemandangan indah yang mempesona ini.  Tak heran parade photo selfi pun sudah menjadi bagian dari kegiatan wisatawan yang datang ke tempat ini. Hampir rata-rata wisatawan yang datang ke Bukit Kapur Air Hitam ini, semata-mata ingin mengabadikan dirinya dengan berbagai sudut yang ada di sini.

Bukit Kapur Air Hitam, Destinasi Wisata Seru di Pekanbaru
Dikelilingi panorama menarik, Photo by @robby_zulian

Keberadaan Bukit Kapur Air Hitam ini terbentuk dari bekas aktivitas pertambangan, yang belakangan sudah tidak berproduksi lagi.  Alhasil, dari bongkaran-bongkaran tambang ini, menghasilkan keunikan dan keindahan panorama yang begitu mengagumkan.  Laksana ngarai dengan banyak tebing terjal.  Selain berjalan-jalan di sela-sela tebing, Traveler juga dapat mendaki hingga ke puncak tebing. Dari sini pengunjung dapat melihat pemandangan dari berbagai sisi.

Bak labirin, Bukit Kapur Air Hitam menawarkan sela-sela yang bisa dimasuki oleh banyak orang. Dari sela tersebut, pengunjung dapat berbelok, dan menemukan jalan tersendiri untuk menyusuri Bukit Kapur.  Meskipun demikian, Traveler tidak perlu khawatir tersesat, karena jalan keluar sangat mudah untuk ditemukan. Disarankan agar Traveler datang sudah membawa minuman sendiri karena lokasi wisata Bukit Kapur Air Hitam ini luas dan cukup menguras tenaga.  Apalagi belum banyak para pedagang disana.

Lokasi objek wiasta ini berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota.  Jika Traveler masuk dari Jalan Garuda Sakti, belok ke Jalan Air Hitam, kemudian melewati jalur dua, lalu di sebelah bagian kiri, Traveler akan menemukan Jalan Syamsul Bahri.

Bukit Kapur Air Hitam, Destinasi Wisata Seru di Pekanbaru
Banyak bukit yang asyik untuk jadi latar photo, Photo by @cordexhotels

Waktu yang paling pas untuk berkunjung ke tempat ini adalah saat sore hari.  Suasana sore hari menjadi moment yang paling tepat untuk berburu foto di Bukit Kapur Air Hitam.  Apalagi ketika senja mulai memperlihatkan wajahnya, warna temaram senja akan membuat foto yang dihasilkan memiliki nilai estetika tersendiri.

Tidak disarankan datang saat hari hujan atau setelah hujan, karena kondisi perbukitan yang terbentuk dari tanah merah ini, dapat menyebabkan longsor sewaktu-waktu, atau kondisi area ini cukup becek sehingga menyulitkan untuk berjalan.(Puteri)