Pesona Pantai Pok Tunggal, Selalu Melekat di Hati

Hamparan Pasir Pantainya Putih nan Lembut

Pesona Pantai Pok Tunggal, Selalu Melekat di Hati
Menikmati jernihnya air laut, Photo by @nonaalika

Banyak pantai-pantai cantik tersebar di Kabupaten Gunungkidul, salah satunya adalah Pantai Pok Tunggal.  Konon pantai ini merupakan cikal bakal wisata pantai di kawasan kabupaten ini.  Pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Siung atau Pantai Indrayanti.

Dengan hamparan pasir pantainya yang putih nan lembut, sajian pantai ini membuat wisatawan yang datang berkunjung benar-benar menikmati suasana pantai yang sesungguhnya. Berkolaborasi dengan jernihnya air laut, panorama Pantai Pok Tunggal ini sangat mempesona.  Bentuk pantai ini agak sempit dan memanjang, dikelilingi dengan bukit kapur dan karang, menciptakan pemandangan yang sangat cantik dan mengesankan.  Inilah yang menjadi ciri khas Pantai Pok Tunggal.

Pesona Pantai Pok Tunggal, Selalu Melekat di Hati
Payung warna warni menghiasi bibir pantai

Banyaknya bukit karang di kawasan Pantai Pok Tunggal ini dapat dijadikan satu kegiatan menarik di sepanjang pantai ini.  Apalagi pada bagian sisi barat, terdapat goa-goa karang yang terbentuk secara alami. Hal ini terjadi akibat hempasan ombak, yang lama kelamaan terbentuk cekungan dengan hamparan karang sebagai lantainya.   Ketika air laut surut, Traveler dapat menjajaki tepian karang ini.  Hati-hati terhadap langkah-langkahnya, karena sesekali ombak datang dan siap menghempaskan tubuh kita.

Pantai yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Jogyakarta ini, memiliki sejarah unik yang berkaitan dengan namanya.  Konon dinamakan Pantai Pok Tunggal karena berasal dari keberadaan Pohon Duras yang tumbuh di kawasan pantai ini. Pohon jenis ini dikenal sangat sulit tumbuh di daerah pesisir, namun disini pohon tersebut tumbuh. Karena hanya satu-satunya (tunggal) yang tumbuh, akhirnya pohon langka ini dijadikan maskot bagi pantai ini, sekaligus nama dari Pantai Pok Tunggal, yang artinya pohon satu-satunya.

Pesona Pantai Pok Tunggal, Selalu Melekat di Hati
SUnset nan Eksotis, Photo by @pantaipoktunggalDotID

Menuju lokasi Pantai Pok Tunggal memang cukup menyita perhatian, karena letaknya agak tersembunyi.  Yang tadinya jalan sudah beraspal mulus, saat mendekati area wisata Pantai Pok Tunggal, kondisi jalan berganti menjadi jalan kasar berkerikil.   Ekstra hati-hati, baik pengendara motor dan mobil karena beresiko tergelincir.  Namun, kekhawatiran itu akan sirna begitu tiba di pantai ini. Hamparan pasir putih serta lautan luas berdiri indah dibalik bentangan barisan batu karang yang menjulang tinggi. Pasir nan lembut yang berkilau berbatasan dengan laut biru yang jernih, menciptakan panorama cantik yang mengagumkan. Pantai ini sangat terjaga kebersihannya.

Traveler dapat melepaskan penat dengan berenang atau bermain ombak.  Pemandangan lainnya yang akan ditemui di Pok Tunggal adalah barisan payung pantai. Sejumlah payung lebar berwarna pelangi berjejer rapi di tengah hamparan pasir yang lembut. Masing-masing terbenam tegak dalam pasir seolah menantang angin laut.  Wisatasan dapat menyewa area payung warna warni ini. Saat sunset tiba, menikmati keindahan perjalanan tenggelamnya sang surya menuju peraduannya di area ini, sungguh sangat mengasyikkan!

Pesona Pantai Pok Tunggal, Selalu Melekat di Hati
Pantai yang dikelilingi bukit karang, photo by @ersadirsyad

Lokasi pantai Pok Tunggal berada sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Jogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam berkendara. Mengenai rute ke pantai ini bisa menggunakan rute yang sama saat berkunjung ke Pantai Siung atau Pantai Indrayanti.(Puteri)