Curug Ciherang, Air Terjun Kekinian yang Seru Abiss!!

Sensasi Keseruan Jembatan Gantung dan Rumah Pohon

Air Terjun Ciherang
Sensasi Menikmati Keseruan Curug Ciherang, Photo by @none_nza

Objek wisata Air Terjun Ciherang atau yang akrab disebut Curug Ciherang, menjadi salah satu inceran wisata di Kota Bogor saat ini.  Air terjun yang berada di kawasan hutan lindung ini, tidak semata menyajikan keindahan air terjun saja, namun, sejumlah spot-spot keseruan lainnya sangat mendukung dan melengkapi fasilitas wisata modern ini.

Apa saja yang dapat dinikmati saat berwisata ke Curug Ciherang ini?  Simak liputan berikutnya!

Air Terjun Ciherang
Curug Ciherang tampil sangat menawan, Photo by #@curug_ciherang

Air Terjun Ciherang

Dari tempat parkir, Traveler hanya trekking sekitar 15 menit lalu sampai di depan air terjun. Trekking menuju air terjun ini lumayan menyita tenaga karena jalur yang ditempuh cenderung menanjak dengan jalan yang terbuat dari tumpukan bebatuan.  Namun, sepanjang jalan, pemandangan cantik hijaunya rimbunan pohon serta udara yang sejuk, akan mengalihkan segala lelah.

Curug Ciherang tampil sangat menawan. Dengan air terjun tiga tingkatan, suara gemuruh aliran airnya sangat deras dengan kanan dan kirinya ditumbuhi rindangnya pepohonan hijau, menambah cantik panorama sekitar.  Yah, hutan yang mengelilingi air terjun ini, menciptakan udara yang sangat sejuk. Apalagi air terjun ini airnya sangat jernih, saking jernihnya dasar kolam pun tampak terlihat jelas.  Benar-benar menggiurkan dan mengundang hasrat untuk berendam dalam kolam air terjun ini.  Sungguh, hampir semua sudut di sekitar air terjun ini menampilkan sisi keindahan yang asyik untuk jadi latar berswaphoto.

Air Terjun Ciherang
Panorama sekitarnya sangat menakjubkan, Photo by @andre_ariyan

Terletak pada ketinggian sekitar 900 mdpl, Air Terjun Ciherang memiliki panorama yang dapat memanjakan pengunjungnya. Dari tempat ini, Traveler akan menikmati dengan jelas pemandangan alam hutan dan pegunungan yang sangat mempesona, dengan suasana yang masih natural alami dan penuh daya tarik yang sangat memikat.  Udara yang benar-benar sejuk, membuat suasana menjadi nyaman dan kerasan.

Kolam Renang

Selain berenang dan berendam di kolam air terjun, Traveler juga dapat menikmati keseruan suasana alam pegunungan dengan suara gemuruh air terjun pada sbeuha kolam renang infinity.  Yah, tak jauh dari Curug Ciherang,  pengelola telah menyiapkan sebuah kolam renang infinity berikut wahana penunjang lainnya. Kawasan ini lebih menyerupai water park, dengan fasilitas keseruan laiannya seperti Ember Tumpah, air mancur, seluncuran kecil serta wahana miniatur lucu yang berwarna warni.   Dari sini pun, Traveler siap hanyut dengan suguhan kesegaran air sekaligus pemandangan alamnya yang indah menakjubkan.

Air Terjun Ciherang
Kolam Renang dekat dengan air terjun, Photo by @curug_ciherang

Jembatan Gantung & Rumah Pohon

Kawasan Curug Ciherang juga terkenal dengan keindahan spot-spot instagramablenya, seperti Jembatan Gantung dan Rumah Pohon.  Banyak pengunjung yang datang ke kawasan ini memang sengaja berburu foto cantik dengan latar jembatan gantung dan rumah pohon. Tak heran, akhir pekan atau saat liburan, dua spot wisata ini penuh antrian orang-orang yang ingin berfoto di tempat ini.  Keberadaan Rumah Pohon dan Jembatan Gantung membuat kawasan ini menjadi populer terutama di kalangan wisatawan milenial. Karena di dua spot ini memiliki latar pemandangan alam yang luar biasa indah dan memukau.

Rumah pohon merupakan rumah kayu yang dibuat dalam sebuah pohon besar. Rumah ini terbuat dari kayu yang di cat merah dan dibentuk sehingga terlihat unik dan indah.   Saat berada di Rumah Pohon ini, Traveler dapat menikmati indahnya alam bebas dari ketinggian.  Apalagi saat kabut mulai turun, suasana yang melo nan eksotis akan mewarnai kondisi disini. Ini merupakan tempat yang favorit untuk berfoto di atas ketinggian dengan latar pemandangan hutan nan lebat dan indahnya pegunungan.

Air Terjun Ciherang
Jembatan gantung, salah satu spot instagramable, Photo by @curug_ciherang

Berfoto ala Kostum Hanbok

Demam ala Korea ternyata memang masih merajai masyarakat Indonesia.  Tak heran, bergaya ala wanita tradisional Korea juga menjadi favorit.  Disini, Traveler dapat menyewa Hanbok, pakaian khas tradisional Korea yang memang disediakan pihak pengelola.

Traveler akan tampil lebih menarik dan sangat beda saat berada di Curug Ciherang dengna menggunakan pakaian tradisional Korea Selatan, alias Hanbok ini. Traveler dapat menyewa Hanbok selama dua jam serta mendapat free makan. Dengan latar wisata air terjun, kostum ini akan menambah nilai estetika hasil foto yang tercipta!

Menginap

Bagi yang ingin bermalam, kawasan wisata ini tergolong memiliki area yang sangat luas.  Curug Ciherang menyediakan vila mulai dari yang berkapasitas 6 orang sampai 40 orang, atau ingin menikmati sensasi tersendiri yang lebih seru dan serasa menyatu dengan alam, bisa camping di alam terbuka dengan suasana yang masih asri.  Yah, Traveler yang berjiwa petualang, dapat menginap menggunakan tenda di area terbuka. Tersedia area berkemah (camping ground) yang nyaman dan menyenangkan.

Air Terjun Ciherang
Suasana photogenik dengan permainan lampu-lampu, Photo by @curug_ciherang

Air Terjun Ciherang berada di kawasan hutan lindung Kecamatan Sukamakmur, tepatnya di Desa Sirnajaya, Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari Jakarta, objek wisata ini dapat dicapai dengan berkendara memakan waktu sekitar 3 jam. Akses jalan sebagian besar sudah mulus. Sayangya belum ada angkutan umum langsung ke sini dan disarankan agar Traveler menyewa kendaraan atau bawa kendaraan pribadi.

Air Terjun Ciherang buka setiap hari dari pagi hingga sore hari, dengan waktu operasional yaitu pada pukul 07.00-18.00 WIB, dengan tiket masuk Rp 40.000 per orang, sementara biaya parkir mobil dikenai Rp 10.000 dan parkir motor dikenai Rp 5.000,-  Fasilitas yang ada di area air terjun ini cukup lengkap, seperti kamar bilas, kamar ganti, toilet juga beberapa warung makan.(Puteri)