Daya Tarik Kuta Mandalika yang Tak Pernah Padam

Pasir Pantainya Laksana Butiran Merica

Pantai Kuta Mandalika
Lanskap yang Indah Pesona dari Kuta Mandalika

Pantai satu ini sangat unik, dengan hamparan pasir berwarna putih laksana buliran merica, destinasi wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.  Pantai ini terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.  Yah, Pantai Kuta Lombok Mandalika, salah satu keindahan alam bahari di Lombok ini memang sangat cantik.

Salah satu objek wisata di Lombok yang wajib dikunjungi, karena pesona yang ditawarkan pun akan menarik hati, mulai dari air lautnya yang sangat jernih, hamparan pasir pantainya yang menyerupai merica, hingga keberadaan batu-batu karang yang kokoh nan cantik.  Kombinasi keindahan ini menciptakan satu frame cantik yang sangat instagramable dan seru untuk menambah koleksi photo keren dengan nuansa keindahan panorama alam nan mempesona ini.

Pantai Kuta Mandalika
Sudut Lain di salah satu Sisi Pantai Kuta Mandalika, Photo by @dhimasmekha

Pantai Kuta Mandalika merupakan objek wisata yang asyik dan seru untuk seluruh keluarga. Keadaan alam yang nyaman menjadikan lokasi ini aman untuk mengajak anak-anak bermain di daerah pantai.  Pantainya yang membentang luas sepanjang 7,2 kilometer, menawarkan beragam pesona.  Berpadu dengan suara deburan ombak yang cukup tenang serta semilir angin yang berhembus sepoi-sepoi, menciptakan momen penuh kedamaian . Sehingga nuansa liburan bersama keluarga menjadi sangat terasa indah di sana.

Pantai Kuta Mandalika dikelilingi banyak spot keindahan alam.  Di sebelah barat, terdapat bukit Mandalika dengan frame yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi.  Pemandangan yang disajikan dari ketinggian memiliki nuansa tersendiri, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Kuta.

Banyak kegiatan dan keseruan yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok Mandalika ini.  Berbagai atraksi yang ditawarkan sebagai penunjang wisata, seperti windsurfer, banana boat, paralayang dan lainnya akan cukup menyita waktu liburan disini. Atau kegiatan yang lebih santai lagi, untuk menikmati keindahan pantai ini yaitu bersepeda.  Traveler dapat bersepeda sembari melihat birunya air laut dan menikmati udara yang sejuk.  Pastinya liburan kali ini akan menjadi sangat berkesan.

Pantai Kuta Mandalika
Pesona Keindahan Pantai Kuta Mandalika yang sudah mendunia, Photo by Kemenparekraf

Lokasi objek wisata ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Lombok, sehingga sangat mudah untuk dijangkau.  Memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok. Namun, karena akses transportasi umum dari Bandara Internasional Lombok ke pantai Kuta Lombok Mandalika cenderung jarang, sebaiknya Traveler melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa.

Mandalika yang terletak di selatan Lombok ini memiliki luas sekitar 1.250 hektare, merupakan kawasan luar biasa mengagumkan dengan pantai yang indah, hotel kelas atas, taman hiburan, klub paling keren, serta Sirkuit Jalan Mandalika kelas dunia.

Sejarah Mandalika

Melihat kilas balik sejarah dari nama Mandalika, Traveler akan dibawa ke dalam cerita legenda yang dipercaya masyarakat setempat, yaitu seorang putri yang sangat cantik bernama Mandalika. Putri Mandalika menjadi incaran banyak pemuda, namun tak satu pun dapat menjerat hati Putri Mandalika.  Semua pemuda memperebutkannya.

Pantai Kuta Mandalika
Banyak kegiatan dan keseruan yang dapat dilakukan di Pantai ini, Photo by @ Kemenparekraf

Karena tidak ada satu pun lamaran yang diterimanya, Putri Mandalika memilih melompat ke laut dari sebuah bukit.  Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut dipercayai oleh masyarakat sekitar menjelma menjadi sosok cacing laut yang dinamakan Nyale.   Dan saat ini, pada waktu-waktu tertentu, cacing nyale muncul ke permukaan laut hingga pantai.  Hal ini terjadi setiap setahun sekali. Hari-hari kemunculan cacing nyale ini pun kini menjadi momen yang ditunggu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.(Rafa)