Pulau Pasumpahan, Wisata Seru di Sumatera Barat

Kawasan Ekosistem Terumbu Karang

Pulau Pasumpahan
Pantai nan eksotis menghasilkan frame yang cantik, Photo by @widastt

Mengulik wisata di Ranah Minang memang selalu menyenangkan.  Banyak objek wisata yang sangat menarik dan memiliki tingkat pesona yang sangat tinggi.  Bahkan, masih banyak tempat-tempat wisata yang sangat cantik dan masih kurang tereksplore keberadaannya, seperti  objek wisata Pulau Pasumpahan.  Pulau kecil nan eksotis ini menyimpan sejuta keseruan dan pemandangan yang sangat indah.   Terutama bagi Traveler yang memiliki hobi menjelajah alam terbuka.  Mengeksplore Pulau Pasumpahan, akan menjadi pengalaman yang sangat indah dan sulit dilupakan!

Pulau Pasumpahan
Pulau Mungil yang Menyajikan Sejuta Keindahan

Pulau Pasumpahan merupakan sebuah pulau yang berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang,  provinsi Sumatra Barat.  Sebuah pulau mungil dengan bentangan pantai landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih, memiliki suasana yang hening yang memang menjadi daya tarik unggulan dari pulau ini.  Hamparan pasir di sepanjang pantai Pasumpahan yang disertai deburan ombak juga menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler pencinta ketenangan.

Selain keindahan pantainya, keindahan alam bawah lautnya pun juga sangat mengagumkan. Kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang merupakan kawasan ekosistem terumbu karang. Dan keberadaan terumbu karangnya masih terjaga habitatnya, juga hadirnya berbagai jenis ikan karang atau ikan-ikan hias yang sangat cantik, meramaikan alam bawah laut Pulau Pasumpahan.  Dengan ekosistem bawah lautnya yang masih terjaga keasriannya serta masih terjaga pesona keindahan terumbu karangnya, menjadikan aktivitas snorkeling di pulau ini menjadi menyenangkan.  Tak heran, pengunjung yang datang ke pulau ini tidak mau melewatkan kesempatan menikmati snorkeling.

Pulau Pasumpahan
Menikmati lanskap Pulau Pasumpahan dari ketinggian, Photo by @itsthz15

Keindahan Pulau Pasumpahan tersajikan lewat lahan seluas kurang lebih 5 hektar, dengan hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut yang jernih.  Berkeliling di pulau ini bakal terasa menyenangkan. Dengan berjalan kaki, Traveler dapat menyaksikan panorama alam sekeliling pulau yang begitu memanjakan mata. Tak salah memang kalau Pulau Pasumpahan disebut sebagai salah satu pulau terindah di Sumatera Barat.

Untuk menikmati panorama keindahan lanskap Pulau Pasumpahan dari sudut lain, Traveler dapat menaiki sebuah bukit yang ada di pulau ini.  Bukit dengan ketinggian sekitar 100 meter ini, juga menjadi latar cantik untuk pemotretan.  Nah, dari atas atas bukit ini, Traveler dapat menyaksikan pemandangan yang sangat indah, yang begitu memukau, memandang puas Pulau Pasumpahan dari ketinggian.

Pulau Pasumpahan
Gerbang yang juga asyik jadi spot photo

Keunikan lainnya yang dapat ditemui yaitu bentuk permukaan laut pulau ini bagai terbagi tiga warna.  Diawali dengan warna bening di bagian tepi, lalu warna hijau di depannya dan terakhir pada bagian tengah berwarna biru.  Hal ini disebabkan oleh perbedaan kedalaman dan keanekaragaman ekosistem laut di sekitar pulau.

Fasilitas yang di tersedia Pulau Pasumpahan cukup lengkap, seperti area  volly pantai, tempat bersantai, Mushola, toilet umum, beberapa spot yang dikemas sangat menarik untuk berfoto, dan masih banyak lainnya.  Selain itu, banyak aktifitas seru lainnya yang bisa dilakukan di sini. Seperti berenang dan bermain pasir yang bersih dan halus, yang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Menginjakan kaki di Pulau Pasumpahan, Traveler akan seperti dimanjakan dengan panorama alam yang sangat indah. Selain pantainya yang berpasir putih, air laut yang jernih serta pemandangan laut lepas yang eksotis, menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini.

Pulau Pasumpahan
Pulau yang menjanjikan ketenangan dan kenyamanan

Untuk mencapai lokasi wisata Pulau Pasumpahan, ada dua cara.  Pertama, Traveler dapat mengambil paket perjalanan wisata ‘one day trip Pulau Pasumpahan’ yang diadakan beberapa travel lokal.  Perjalanan ini dimulai dari pelabuhan pantai di Kecamatan Bungus yang berjarak sekitar 20 kilometer. Sudah pasti biaya perjalanannya relatif lebih murah.

Lalu cara yang kedua adalah melakukan perjalanan mandiri.  Traveler dapat memulainya dari Sungai Pisang yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Padang.  Akses menuju Sungai Pisang tidak terlalu sulit, tinggal mengikuti arah jalan menuju Painan, lalu akan bertemu dengan penunjuk arah menuju Sungai Pisang. Sesampainya di Sungai Pisang, akan banyak perahu nelayan yang dapat disewa  menuju Pulau Pasumpahan.