Deretan Destinasi Wisata Garut yang Menakjubkan

Memiliki banyak tempat wisata menarik yang dikunjungi para wisatawan

Garut, Situ Bagendit
Garut, Situ Bagendit

Kabupaten Garut adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia dengan ibukotanya Tarogong Kidul. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sumedang di utara, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Majalengka di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung di barat.

Garut dikelilingi oleh lima gunung sehingga sebagian besar wilayah Garut merupakan daerah pegunungan, kecuali di selatan Garut yang merupakan daerah pantai. Tak heran dengan kondisi geografis seperti ini, Garut memiliki banyak tempat wisata menarik yang dikunjungi para wisatawan. Berikut ini, Indonesiatraveler.id menampilkan beberapa destinasi wisata di Garut yang siap untuk didatangi!

Situ Bagendit

Situ Bagendit merupakan tempat wisata danau yang terkenal di Garut yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi.  Kebersihan dan lingkungannya sangat bersih nan asri. Penduduk setempat pun sangat menjaga sekali kebersihan daerah mereka. Danau ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Traveler akan terpana dengan pemandangan gunung yang mengeliligi Garut ini. Disini terlihat jelas megahnya gunung-gunung yang mengelilingi Garut seperti Gunung Guntur, Gunung Cikuray dan Gunung Haruman. Pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan berbalut udara yang sejuk, menjadi satu kegiatan menarik yang dapat melepas kepenatan sehari-hari. Selain itu, kegiatan seru lainnya yang dapat dilakukan disini adalah bermain perahu dan sepeda air, menaiki rakit khas Situ Bagendit, memancing, hingga bermain di taman dan berenang di kolam renang. Pas sekali menghabiskan waktu libur bersama keluarga tercinta disini, piknik di tepi danau.

Garut, Air Panas Cipanas
Garut, Air Panas Cipanas

Air Panas Cipanas

Wisata Cipanas Garut merupakan salah satu obejek wisata yang paling banyak dikunjungi.  Di kawasan Cipanas ini terdapat banyak hotel dan penginapan serta kolam pemandian air panas atau water park. Di wilayah ini memang terkenal dengan pemandian air panas alaminya.  Tak heran jika air panas ini banyak didatangi wisatawan, bahkan banyak diantara mereka yang menginap disini. Disini memang terdapat fasilitas penginapan yang baik. Air Panas Cipanas mengandung berbagai jenis mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berendam sesaat di pemandian ini, tubuh akan terasa segar kembali.

Curug Orok

Curug Orok merupakan tempat wisata air terjun yang sangat terkenal di Garut, yang terletak di Desa Cikandang. Menurut masyarakat setempat, nama Curug Orok berasal dari cerita yang mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun tersebut, sehingga air terjun itu disebut Air Terjun Curug Orok. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 45 meter. Banyak wisatawan yang datang kesini, terutama mereka dari kota Garut, Bogor, Bandung, dan Jakarta. Yah, keindahan yang disajikan Curug Orok memang menghipnotis para wisatawan sehingga mereka betah berlama-lama menikmati segarnya air Curug Orok ini.

Garut, Pantai Rancabuaya
Garut, Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Pantai eksotis satu ini terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan jaraknya sekitar 135 km dari pusat Kota Garut. Pantai Rancabuaya merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Garut ini. Berada pada ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut, Pantai Rancabuaya menampilkan air laut yang berwarna biru dengan tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter. Namun perlu diwaspadai, karena Pantai Rancabuaya merupakan pantai yang memiliki banyak karang serta memiliki ombak yang cukup besar, karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, maka tidak disarankan untuk berenang disini. Pantai Rancabuaya juga terkenal akan curug atau air terjun yang tercurah langsung dari tebing bebatuan tinggi. Curug ini cukup unik, karena langsung menghadap ke arah pantai. Nah, di curug ini Traveler boleh puas bermain, menemukan ikan-ikan kecil atau hewan laut lainnya seperti kerang, kepiting laut, hingga bintang laut yang ikut terseret oleh ombak.

Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling populer yang terletak di Kecamatan Cikelet,  tepatnya di 88 KM di selatan kota Garut. Pantai Santolo merupakan tempat wisata andalan Garut yang banyak dikunjungi oleh warga Bandung. Panoramanya yang sangat indah, suasananya yang tenang dan menyenangkan menjadi daya tarik dan kelebihan pantai ini. Keheningan yang ditawarkan pun menghipnotis Traveler yang berkunjung ke sini. Apalagi fasilitas penunjang wisatanya cukup lengkap, sehingga traveler pun merasa nyaman untuk menghabiskan waktunya disini.

Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje sesuai dengan namanya, pantai ini penuh dengan panorama karang. Pantai yang memiliki luas kurang lebih 9 hektar ini, memiliki gugusan karang di sepanjang pantainya. Pantai ini masih alami, belum tersentuh dengan berbagai jenis pembangunan, tak heran lingkungan di pantai ini pun masih asri, tidak ada pencemaran serta suasananya pun tenang dan damai. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Cibalong, Garut ini, sangat tepat bagi Traveler yang ingin mencari ketenangan sambil menikmati keindahan alam laut, mendengar debur ombak yang dapat menenangkan hati. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan matahari terbenamnya, karena panorama yang tercipta saat itu akan benar-benar menghanyutkan hati, mengagumi sang surya gagah meninggalkan bumi.

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah, sesuai dengan namanya memang menyajikan keindahan panorama alam sekitarnya. Pantai yang berlokasi di Desa Sagara ini memang tidak terlalu ramai oleh pengunjung, sehingga suasananya sangat tenang. Lingkungannya yang sangat bersih, indah alami dengan air yang sangat jernih menjadi keunggulan pantai ini. Yang tak kalah asyiknya, selama perjalanan menuju Pantai Cijeruk Indah ini, Traveler akan disuguhi pemandangan yang mengesankan. Perkebunan karet yang teratur, berbaris rapi seakan sambil berlari mengejar sesuatu, berkumpulnya hewan-hewan ternak yang sedang digembalakan di kebun karet tersebut.  Sungguh nuansa pedesaan nan alami.

Garut, Pantai Puncak Guha
Garut, Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha terletak di Garut Selatan yang memamerkan keindahannya dari atas. Wisata Pantai yang populer di Garut ini merupakan tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan lautan. Berbeda dengan kondisi pantai kebanyakan, di pantai ini tidak ada pasir pantai yang landai, yang ada hanya pemandangan sangat indah. Yah,  di pantai ini Traveler dapat melihat ke semua wilayah pantai sekitarnya dari ketinggian. Selain pemandangan, di pantai ini juga ada sebuah Goa kelelawar yang salah satu lubang masuknya bisa dilihat langsung.(Niel)