Mahkota Dewa, Maskotnya Pantai Buyutan

Kebersihan dan kelestariannya juga sangat terjaga

Mahkota Dewa, Wisata Jawa Timur
Mahkota Dewa, Wisata Jawa Timur

Pantai Buyutan memiliki hamparan pasir putih, air nan jernih dan bebatuan karang dengan berbagai bentuk dan coraknya. Kombinasi keindahan inilah yang menjadi daya tarik dari pantai ini. Airnya berwarna biru, jika berpadu dengan cahaya mentari akan menghasilkan panorama yang begitu elok. Batu karang dengan berbagai bentuk dan mempunyai corak adalah sesuatu yang memikat hati para traveler. Ada yang berbentuk seperti perahu dan yang uniknya ada juga batu karang yang berbentuk seperti mahkota dewa. Menurut sejarah dan mitos masyarakat setempat, batu tersebut adalah mahkota dewa Narada yang ketika itu sedang terbang di sekitaran pantai dan mahkotanya terjatuh.

Pantai Buyutan,Jawa Timur
Pantai Buyutan,Jawa Timur

Selain itu, di Pantai Buyutan terdapat tanah lapang yang ukurannya cukup luas. Di sini traveler bisa bermain bola atau volly bersama teman-teman. Traveler juga bisa berenang, snorkeling menengok keindahan bawah lautnya, atau sekadar bersantai menikmati semilir angin dan menunggu sunset tiba. Traveler juga bisa bermalam di Pantai Buyutan. Mendirikan tenda di tanah lapang, membuat api unggun, melihat cahaya bintang-bintang bersama rombongan, rasanya akan menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

Bagi yang ingin berfoto, jangan khawatir. Sebab spot foto di Pantai Buyutan sangat banyak, traveler bisa memilih satu diantaranya. Namun, spot foto favoritnya adalah batu-batu karang yang menjulang tinggi, terutama yang berbentuk seperti mahkota dewa.

Pantai Buyutan,Jawa Timur
Pantai Buyutan,Jawa Timur

Setelah puas dengan aktivitas-aktivitas tersebut, segera mencicipi makanan dan minuman yang ada di warung-warung sekitar pantai. Harganya terjangkau dan rasanya mampu memanjakan lidah. Fasilitas yang ada di Pantai Buyutan juga lumayan lengkap. Kebersihan dan kelestarian Pantai Buyutan juga sangat terjaga. Sangat disarankan ketika traveler berkunjung ke sini jangan lupa untuk ikut melestarikannya, yaitu dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Pantai Buyutan,Jawa Timur
Pantai Buyutan,Jawa Timur

Lokasi Pantai Buyutan tepatnya berada di Desa Widoro, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur . Jalur termudah untuk mencapai lokasi ini yaitu melalui jalur Goa Gong. Dari pertigaan Masjid Besar Punung belok kiri sampai ke pertigaan berikutnya, kemudian belok kanan menuju daerah Goa Gong. Setelah sampai di daerah Goa Gong, masih harus menuju Balai Desa Kalak. Setelah itu tinggal lanjutkan perjalanan menuju Pantai Buyutan. Terdapat petunjuk-petunjuk yang bisa traveler ikuti dan sampailah di tempat parkir Pantai Buyutan. (AS/IPG)