Destinasi Wisata Albania, Permata Tersembunyi di Eropa Tenggara

Destinasi yang memanjakan traveler

Wisata Albania
Wisata Albania, photo by interestingworld_1

Albania merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa Tenggara yang mendapat julukan Tanah Air Burung Elang. Karena pemandangan disini sangat menakjubkan, membuat negara ini menjadi tujuan wisata yang semakin populer. Disini, Traveler akan dimanjakan dengan pantai-pantai indah yang terbentang di sepanjang pegunungan serta danau-danau yang berkilauan dan situs bersejarah yang menarik lainnya. Hal ini pun didukung dengan keramahan warga disana.

Negara ini pernah berada di bawah Kerajaan Albania, Kesultanan Turki Utsmani, Republik Albania, Republik Rakyat Sosialis Albania. Berkat sejarahnya yang panjang dan menarik, kota-kota dan pedesaan Albania yang indah ini, penuh dengan kastil-kastil tua yang menakjubkan. Bahkan, reruntuhan zaman Romawi pun masih bisa dinikmati. Serta berdiri megahnya masjid-masjid dan bangunan-bangunan era Ottoman, yang membuat negara ini menarik untuk dijelajahi.

Dengan kota-kota yang indah seperti Gjirokaster dan Berat untuk dinikmati pengunjung, selalu ada sesuatu yang baru untuk dilihat dan dilakukan. Ibu kota Tirania juga penuh dengan monumen dan museum yang menawarkan pandangan masa lalu komunis negara itu.

Wisata Albania
Wisata Albania, photo by adjol_sini

Ibu Kota Tirana

Ibu Kota Albania, Tirana, memiliki masa lalu yang dipenuhi bangunan-bangunan era komunis.  Namun, sejak awal tahun 1990-an, perubahan drastis terlihat pada Tirana. Kini Ibu kota Albania ini menjadi tempat yang menyenangkan, ramah dan meriah untuk dikunjungi.

Menikmati keindahan kota Tirana sangat mengasyikkan. Sepanjang jalan memamerkan bangunan-bangunan era Ottoman yang sangat indah dan klasik. Bangunan ini merupakan arsitektur Italia yang menyoroti masa lalu negara ini yang sangat kaya ini. Ada sejumlah museum dan galeri seni yang patut dikunjungi. Yang menarik adalah BUNK’ART, yang dulunya merupakan bunker besar pemerintah tetapi sekarang menjadi tempat instalasi seni.

Traveler juga dapat berburu keseruan lainnya seperti menikmati pemandangan Gunung Dajti. Di tengah kondisi lalu lintas kota yang cukup padat, Traveler dapat menempuh dengan waktu singkat untuk mencapai lokasi Gunung Dajti ini, yaitu melalui kereta gantung. Dengan menaiki kereta gantung ini, Traveler pun disuguhkan dengan pemandangan kota di bawahnya. Benar-benar pemandangan yang sangat fantastis dengan keindahan alam yang menakjubkan di sekitarnya.

Kota Berat

Kota Berat berada di tengah-tengah Albania dan diyakini sebagai salah satu kota tertua di negara itu.  Dikenal dengan sebutan Kota Seribu Jendela karena panorama kota ini penuh dengan pemandangan banyak jendela.  Bangunan rumah-rumah disini sangat rapat dan merupakan perpaduan arsitektur Ottoman dan Alabania.  Kota Berat juga merupakan situs warisan Dunia Uniesco pada tahun 2008.

Meskipun hanya berjalan-jalan di sekitar Berat, namun panorama sepanjang jalan sangat asyik dinikmati. Situs wisata utama Berat adalah kastil abad ke-13, yaitu Kalaja, yang masih menjadi rumah bagi ratusan orang. Dulunya merupakan salah satu kota yang terpenting dari Kekaisaran Ottoman.  Selain itu juga ada situs keindahan lainnya yaitu Gereja St. Mary of Blachernae era Bizantium, tempat yang wajib dikunjungi bagi traveler yang mengunjungi Berat, seperti halnya Kawasan Mangalem. Lalu ada juga dua museum menarik lainnya dengan beberapa kostum dan artefak lokal yang dipamerkan serta beberapa ikon abad ke-16 yang indah untuk dieksplore.

Wisata Albania
Wisata Albania, photo by it_is_my_albaniaa

Taman Nasional Butrint

Taman Nasional Butrint merupakan rumah bagi sejumlah ekosistem yang beragam dan situs arkeologi yang menakjubkan. Taman nasional ini juga destinasi wisata yang cukup populer.  Lebih dari 1.200 berbagai jenis hewan dan tumbuhan berada di antara lahan basah, perbukitan, dan pulau-pulau yang indah ini.

Taman Nasional Butrint berdekatan dengan pulau Corfu di Yunani. Banyak traveler datang untuk melihat perpaduan yang indah antara sejarah dan keindahan alam disini. Yah, keindahan alam taman nasional ini berada pada dua sisi yang menarik, meliputi semenanjung yang dibatasi oleh Danau Butrint yang besar di satu sisi, sementara di sisi lainnya adalah Selat Vivari.

Daya tarik utama taman nasional ini adalah situs arkeologi nya yang menakjukkan, mencakup lebih dari 2.500 tahun sejarah. Ini termasuk tembok kota kuno, sisa-sisa teater Romawi, Basilika Bizantium dan dua kastil lainnya. Traveler akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat jalan-jalan di sekitar reruntuhan dengan pemandangan indah di sekitar situs.

Wisata Albania
Wisata Albania, photo by diiscover_albania

Kota Dhermi

Saat musim panas, sebaiknya traveler berkunjung ke Dhermi untuk melihat pantai-pantai indah lainnya yang membentang luas. Terletak di lereng gunung yang menghadap ke laut, kota ini menawarkan keindahan sunset yang menakjubkan. Dengan menikmati minuman di salah satu dari banyak bar dan restoran sambil menyaksikan matahari terbenam, adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan malam di Kota Dhermi.

Traveler selalu dapat menemukan tempat yang damai untuk sekadar bersantai dan menikmati pemandangan Riviera Albania.

Durres

Durres terletak tidak jauh dari Tirana, yaitu  di garis pantai Albania dan selalu ramai selama musim panas. Dengan salah satu pelabuhan terbesar di Adriatik, kota ini merupakan kota padat penduduk.  Durres juga  memiliki hamparan pantai yang bagus untuk dinikmati. Di sepanjang tepi laut, ada banyak restoran yang menjual makanan laut segar yang lezat rasanya.

Situs sejarahnya pun juga sangat menakjubkan. Berjuang selama ribuan tahun oleh orang-orang Bulgaria, Yunani, Venesia, dan Ottoman merupakan sejarah dari kekayaan situs ini yang memikat banyak orang. Amfiteater Romawi yang spektakuler dan museum arkeologi yang fantastis adalah hal-hal yang tidak diragukan lagi keseruannya.

Gjirokastra

Sebagai kota Unesco, Gjirokastra adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Albania. Arsitektur periode Ottoman yang unik dengan rumah-rumah yang dirancang seperti istana kecil, dapat ditemukan di seluruh Gjirokastra. Di sini juga memiliki museum militer dan galeri seni di kastilnya yang menakjubkan.

Kota tua yang indah ini terletak di sisi bukit yang menghadap ke lembah dan jalannya yang berliku. Dengan lebih dari 500 rumah dan bangunan kuno yang dilindungi dan dilestarikan sebagai ‘monumen budaya’, bangunan di sepanjang kota Gjirokaster dipenuhi dengan arsitektur nan klasik yang indah.  Gjirokastra juga dikenal sebagai tempat kelahiran penulis terkenal di dunia, Ismail Kadare dan mantan diktator Albania, Enver Hoxha.(IPG/Niel)