Destinasi Wisata Bengkalis yang Memikat

Memberi ketenangan tersendiri jika berkunjung ke kota ini.

Taman Andam Dewi, Bengkalis

Propinsi Riau memiliki destinasi wisata yang cantik-cantik. Terutama di sekitar Kabupaten Bengkalis. Yah, Bengkalis memang memiliki beberapa spot wisata dan pantai yang terkesan masih sangat asri dan alami. Tentu saja, hal ini akan jadi pilihan liburan selanjutnya, setelah Corona ini berakhir!

Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis

Lapangan Pasir Bengkalis

Kebanyakan memang para anak muda yang sering berwisata ke Lapangan Pasir Bengkalis ini. Warga sekitar menamainya dengan lapangan pasir, karena seperti taman berpasir. Terdapat air mancur di tengah lapangan, ada banyak tempat untuk duduk yang disediakan di sisi pantai dengan batuan karang. Waktu terbaik di sini adalah sore menyambut malam. Lokasi pantai di pusat kota.

Taman Andam Dewi

Luas Taman Andam Dewi  kurang lebih satu hektar, terletak di pinggir pantai kota Bengkalis, berhadapan dengan kemegahan Gedung Daerah Datuk Laksemana Raja di Laut yang dihiasi pula dengan berbagai kelengkapan taman seperti air mancur, meriam kuno, lampu antik, tugu kuda putih dan sebagainya. Nah, yang bikin menarik dari Taman Andam Dewi adalah air mancur warnanya! Jika malam, dapat menyaksikan tarian air mancur dengan lampu sorot warna warni. Mirip banget kembang api! Selain itu, hembusan angin laut nan segar dapat dinikmati disini, sambil bersantai ria. Bersantai di Taman Andam Dewi sekaligus menikmati hembusan angin laut dengan aneka jenis bunga taman, memberi ketenangan tersendiri jika berkunjung ke Kota Bengkalis ini.

Taman Laut Prapat Tunggal

Dari pusat Distrik Bengkalis, Taman Laut Prapat Tunggal ini berjarak sekitar 10 km dan bisa ditempuh seiktar 30 menit dengan berkendara. Di sepanjang jalan menuju pantai, di sebelah kanan dan kiri akan ditemukan rumah-rumah tradisional Melayu yang terbuat dari papan kayu. Halaman rumah tradisional disusun dengan berbagai bunga dan tanaman lainnya. Ciri khasnya, rumahnya sangat terbuka tanpa pagar dan langsung terintegrasi dengan taman di sekitarnya. Ada perkebunan bakau, kelapa sawit, pinang dan lainnya.

Taman Laut Prapat Tunggal memiliki panorama tercantik di Kabupaten Bengkalis. Pemandangan alamnya yang asri dengan latar belakang pepohonan teduh.  Para wisatawan juga bisa melihat kapal penumpang maupun barang di Selat Bengkalis menuju perairan Dumai dan Selat Melaka yang selalu berlalu lalang. Sore hari jadi waktu yang cocok untuk datang ke Taman Laut Prapat Tunggal, menikmati cantiknya matahari bersembunyi di dalam bumi.

Pantai Rupat Utara Tanjung Medang

Pantai Rupat Utara Tanjung Medang

Pulau Rupat yang memanjang dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka Malaysia, memiliki keindahan pantainya yang mempesona. Berlokasi di Kecamatan Rupat, kawasan Pantai Pasir Panjang adalah Tanjung Medang, Teluk Rhu dan Tanjung Punak di Kecamatan Rupat dan berhadapan langsung dengan Kota Dumai. Pasir di pantai ini berwarna putih dan bersih yang memungkinkan pengunjung untuk mandi, berjemur, berolahraga air, rekreasi keluarga dan bersantai menikmati kejernihan air lautnya dengan ombak yang sedang-sedang saja.

Pantai Tanjung Lapin

Pantai Tanjung Lapin

Kawasan Pantai Pesona Tanjung Lapin memiliki pantai yang landai, halus dan Putih, dengan panjang pantai sejauh kurang lebih 17 Km, dengan bentangan pantai seluas 300 Meter dari bibir pantai. Pantai ini memiliki gelombang yang stabil, tidak lebih dari 1 meter. Berenang di sini sangat mengasyikkan. Diwilayah pantai ini setiap tahunnya diadakan acara Pesta Pantai dan Lomba Perahu Jong, Gasing dan Layang, dll.

Pantai Jangkang

Keasyikkan akan langsung dirasa dan pastinya akan menyita waktu begitu berada di bibir pantai dengan arus yang cukup tenang ini, yaitu di Pantai Jangkang. Pantai yang memiliki hamparan pasir hitam dengan savana yang cukup luas. Jaraknya memang agak jauh, sekitar 25 kilometer dari kota Bengkalis. Tapi, begitu mampir, bakal sulit meninggalkan tempat ini. Di tiap sudut pantai disediakan bangku rotan agar Traveler dapat bersantai menikmati sejuknya udara sore hari khas Pantai Jangkang.(Nil/Berbagai Sumber)