Destinasi Wisata Curup Gangsa yang Semakin Favorit

Sebagai pilihan yang tepat untuk berlibur paska Pandemi

Wisata Curup Gangsa
Wisata Curup Gangsa, photo by jalan2lampung

Mendapat julukan sebagai negeri 1001 air terjun, Way Kanan, Lampung banyak menyimpan wisata air terjun yang bisa memanjakan traveller. Curup Gangsa menjadi salah satu dari sekian banyak air terjun yang mulai banyak di kunjungi. Berbeda dengan air terjun lain yang biasanya dicapai dengan mendaki bukit, Curup Gangsa malah membawa traveller untuk menuruni anak tangga sepanjang 100 meter.

Wisata Curup Gangsa
Wisata Curup Gangsa, photo by wisataindonesia28

Lokasi Curup Gangsa bisa ditempuh sekitar 4 hingga 5 jam dari Bandar Lampung melalui jalan Lintas Sumatera Tengah. Para traveller dari kota lain pun, seperti perbatasan Sumatera Selatan-Lampung, sering menjadikan Curup Gangsa sebagai pilihan yang tepat untuk berlibur. Karena jarak tempuh dari perbatasan Sumatera Selatan-Lampung ke Way Kanan hanya memakan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam.

Wisata Curup Gangsa
Wisata Curup Gangsa, photo by lampung.eksis

Traveller bisa ke Kecamatan Badaratu dahulu sebelum akhirnya ke Kasui untuk menemukan air terjun ini. Perjalanan menuju Curup Gangsa ini sangat menyenangkan sekaligus menantang. Akan melewati perkampungan dan mendapati rumah adat Semendo (semende) yang berbentuk panggung dan terbuat dari tembok papan. Jika mau, traveller bisa mampir untuk mengambil beberapa gambar untuk diabadikan. Pemandangan kebun kopi yang luas menambah asri jalan yang akan dilewati. Nah, jika sudah bertemu dengan pemandangan kebun kopi, artinya menandakan tempat yang dituju sudah semakin dekat.

Wisata Curup Gangsa
Wisata Curup Gangsa , photo by suryaputras

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dengan lebar pematang air terjun 20 meter. Dikelilingi bukit hijau dan banyaknya bebatuan, menambah keeksotisan air terjun ini. Setelah menuruni sekitar 70 anak tangga yang terbilang cukup curam, traveller bisa menempati gazebo yang disediakan pihak pengelola, dan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000/orang. Traveller juga bisa memarkirkan kendaraannya dengan membayar Rp 10.000/motor dan Rp 20.000/mobil.

Wisata Curup Gangsa
Wisata Curup Gangsa, photo by josep_arizandi

Mengabadikan gambar di sekitar air terjun, seperti di jembatan kayu yang membelah sungai, atau bahkan bisa langsung manjat ke bebatuan air terjun, akan membuat liburanmu di Curup Gangsa sangat berkesan. Namun hati-hati jika memasuki musim penghujan, area di sekitar air terjun menjadi licin sebab banyak becekan tanah yang ditimbulkan.

Tertarik untuk berlibur ke wisata air terjun? Traveller bisa menjadikan Curup Gangsa di Way Kanan, Lampung ini, sebagai tujuan untuk liburan yang menyenangkan sekaligus menenangkan.(DM/IPG)