Dimanjakan Keindahan Pulau Isla Holbox

Flamingo, Hiu Paus dan Fitoplanton Biolumiescent

Isla Holbox
Pulau Isla Holbox, Keindahannya Begitu Menghanyutkan

Terletak di pesisir utara Semenanjung Yucatán, Pulau Isla Holbox menjadi salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi saat berlibur di Meksiko. Pulau ini belum begitu ramai dikunjungi wisatawan, padahal pantainya sangat cantik dan panorama sekitarnya pun sangat memikat.  Pantai yang berpasir putih dan memiliki keindahan lautan yang luar biasa, yang membuat siapa pun yang datang kesini akan betah berlama-lama karena selain keindahan alamnya yang memanjakan pandangan mata, Traveler akan merasa seperti liburan di pulau pribadi.

Isla Holbox
Sepi dengan Kendaraan Bermotor, Photo by FeatherTheWind

Pulau Isla Holbox berada di Negara bagian Quintana Roo, Meksiko dimana semua keadaan alamnya sangat terjaga.  Bahkan, untuk tetap menjaga agar keindahan alamnya selalu asri dan tetap alami, penduduk setempat menolak untuk menggunakan kendaraan bermotor. Selain kendaraan bermotor, bahkan pembangunan resort berkelas internasional pun ditolak, semata agar suasana di pulau ini tetap alami apa adanya, wisatawan yang berlibur kesini jadi bisa menyatu dengan alam.

Isla Holbox
Ramainya Flamingo dan Burung Lainnya, Photo by PlayaDelCarmen

Membentang di antara Teluk Meksiko dan Laut Karibia, pulau ini kaya akan pemandangan lautnya yang indah.  Keindahannya diramaikan dengan kehadiran burung-burung flamingo.  Yah, begitu sampai di pulau cantik ini, Traveler siap disuguhkan dengan ramainya burung flamingo yang sangat menggoda. Bukan hanya burung flamingo, burung pelikan dan burung lainnya akan banyak ditemukan di pantai ini.  Kehadiran mereka dapat dinikmati mulai saat Traveler berjalan di pasir pantai yang indah, yang siap menemani perjalanan Traveler dari pantai sampai ke pemukiman.

Isla Holbox
Berenang Bersama Hiu Paus, Photo by The MexicanCaribbean

Pulau Isla Holbox ini benar-benar menawarkan sesuatu yang berbeda bagi wisatawan. Pulau yang diklaim sebagai salah satu destinasi yang sangat ramah lingkungan ini, menyajikan nuansa unik, alami, hangat dan menyenangkan.  Disini tidak ada mobil yang lalu lalang, tidak ramai dengan bunyi handphone karena sinyal seluler seringkali terganggu, juga tidak ada gedung bertingkat karena bangunan tertinggi hanya diizinkan mencapai 12 meter saja.  Traveler benar-benar merasakan liburan yang sesungguhnya, tanpa diganggu rutinitas harian.

Isla Holbox
Pancaran Cahaya Laut dari Fitoplanton Biolumiescent, Photo by RiveraMayaBlog

Isla Holbox benar-benar menjadi satu destinasi wisata yang sangat menarik. Waktu terbaik untuk singgah ke pulau ini yaitu sekitar bulan Juni sampai September.  Karena di bulan-bulan ini, Traveler dapat berenang bersama hiu paus yang selalu hadir mencari makan.  Traveler juga akan termanjakan untuk bermain snorkeling dan diving.  Selain itu, ada keunikan lainnya yang sangat mengagumkan di pulau ini.  Ketika malam tanpa bulan, pantai sekitar pulau akan bercahaya indah karena hadirnya fitoplanton biolumiescent. Pancaran cahanya benar-benar memukau.  Traveler pun dapat bermain kayak di antara lautan bercahaya ini.

Isla Holbox
Sunset yang begitu Memukau, Photo by Piqsels

Untuk menuju Pulau Isla Holbox, Traveler dapat menempuh perjalanan kurang lebih dua jam dari Cancun menuju pelabuhan Chiquila.  Dari sana Traveler akan menaiki sebuah kapal feri yang memakan waktu sekitar 20 menit menuju pulau ini.(Niel)