Serunya Destinasi Wisata Bone Bolango

Sensasi Berenang Bareng Hiu Paus

Perairan Botubarani
Perairan Botubarani di Bone Bolango

Sensasi berenang bersama hiu paus hingga menyusuri hamparan pasir putih, merupakan bagian dari keseruan yang akan dinikmati Traveler ketika mengunjungi destinasi wisata Bone Bolango.  Begitu banyak ragam destinasi wisata alam nan eksotis yang bisa ditemukan di kabupaten ini.  Seperti di Botubarani, sebuah desa di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, memiliki wisata yang cukup ekstrem yaitu berenang bersama hiu paus. Maka tak heran jika setiap hari, desa nelayan di pesisir selatan Gorontalo ini ramai dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan hiu paus di perairannya.

Kabupaten Bone Bolango berdekatan dengan Teluk Tomini sehingga membuat daerah tersebut menyimpan kekayaan wisata alam yang luar biasa dan sayang jika dilewatkan. Keberadaan ikan hiu paus menjadi daya tarik tersendiri bagi Traveler.

Perairan Botubarani
Berenang Bersama Hiu Paus, Photo by @mr.bapontar

Hiu paus yang muncul di perairan Botubarani dalam beberapa tahun terakhir, menghasilkan keuntungan ekonomi bagi penduduk setempat. Para ibu rumah tangga menjual kue dan makanan ringan kepada pengunjung sementara pemilik rumah mengubah pekarangan mereka menjadi tempat parkir.  Puluhan perahu milik warga Desa Botubarani siap membawa pengunjung berkeliling perairan untuk menyaksikan hiu paus.

Pemerintah telah menetapkan area seluas 10.000 meter persegi di perairan Botubarani sebagai tempat bermain hiu paus, sehingga, pengunjung maupun nelayan lokal tidak diperbolehkan memasuki arena bermain hiu paus ini, yang terletak dekat dengan bibir pantai dan desa nelayan.

Taman laut Olele
Keindahan Alam Bawah Laut di Taman Laut Olele, Photo by @billypangestu10

Untuk bisa melihat lebih dekat dengan ikon wisata Kabupaten Bone Bolango ini, ikan hiu paus atau whale shark,  yang memang menjadi komoditas utama yang menarik minat para turis, Traveler harus berada di luar zona agar ikan sepanjang 12-18 meter tersebut tidak stress.  Dan untuk bisa menyelam bersama hiu paus, Traveler harus membayar biaya penyelaman sebesar Rp 50.000, yang sebagian dari biaya tersebut akan dimasukkan ke dalam dana desa.

Banyak spot-spot wisata lainnya di seputar Bone Bolango ini.  Yah, setelah puas menyelam dengan hiu paus, Travaler sebaiknya juga mengunjungi Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone.  Disini, surganya alam bawah laut siap Traveler nikmati.  Di Taman laut Olele, akan menjumpai keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan dan berkesan.  Wisatawan yang memiliki hobi snorkeling dapat merasakan secara langsung keindahan pemandangan bawah laut perairan Indonesia.

Bagi Traveler yang hendak melangsungkan pernikahan, ada spot menarik yakni Pantai Kurenai. Hamparan pasir putih Pantai Kurenai yang berdekatan dengan dermaga, akan menambah kesan romantis bagi calon pengantin yang melangsungkan sesi pemotretan prewedding.

Pantai Kurenai
Menikmati Indahnya Pantai Kurenai, Photo by @rafflypiaggio

Selain itu juga ada objek wisata Air Terjun Taludda yang masih alami.  Traveler juga dapat merasakan segar dan sejuk air yang mengalir sehingga membuat betah berlama-lama di Air Terjun Taludda. Selain dari beberapa tempat tujuan wisata yang sudah disebutkan, ada tempat tujuan wisata instagramable terbaru di Kabupaten Bone Bolango, tepatnya di Jalan Prof Dr Ing BJ Habibie.  Disini, lampu-lampu yang menerangi pohon-pohon di kanan dan kiri jalan tersebut tampak indah dan eksotis di malam hari dan menarik sebagai spot selfie. Untuk mengisi libur panjang tahun baru, Kabupaten Bone Bolango bisa menjadi alternatif wisata baru yang layak dikunjungi.(Ipg)