Dongdaemun, Surganya Belanja, Surganya Wisata

Dunia Belanja sekaligus Dunia Wisata

Dongdaemun
Kawasan Dongdaemun Malam Hari, Photo by Freepik

Masih belum bisa pergi-pergi terbang ke berbagai negara yah? Efek dari pandemik Covit-19 ini memang berdampak panjang, sampai urusan wisata pun terkena imbas yang cukup dahsyat.  Tapi, bagi Traveler pencinta wisata, banyak cara untuk tetap bisa menyatroni tempat impiannya, bahkan impian untuk singgah ke mancanegara.  Seperti lewat Indonesiatraveler.id ini, Traveler dapat menyambangi destinasi wisata favorit yang diinginkan.  Lewat akun ini, rasa rindu bahkan informasi tentang tempat wisata tersebut, bisa dinikmati dahulu.

Seperti berikut ini, kupas tuntas tentang Dongdaemon, wisata favorit di Korea Selatan yang selalu diminati banyak wisatawan. Ada apa aja di Dongdaemun selain surganya maniak belanja?  Yuk, intip!

Target Belanja Wisatawan

Dongdaemun merupakan satu kawasan yang ramai dengan berbabagi kegiatan, atraksi, wara wiri kehidupan toko-toko serta menjamurnya berbagai restoran.  Dongdaemun adalah pusat perbelanjaan modern dan tradisional yang sangat terkenal dan ikonik di Korea Selatan ini. Banyak keseruan yang bisa dilakukan di area ini.  Tidak semata belanja, namun menyisir spot-spot wisata di Dongdaemun cukup menyita waktu Traveler.

Dongdaemun
Doota Mal, Salah Satu Mal Incaran Wisatawan

Surganya belanja Dongdaemun,  Gerbang Heunginjimun, Sungai Cheonggyecheon, serta landmark yang telah dikenal publik yaitu Dongdaemun Design Plaza (DDP) merupakan bagian wisata yang harus di eksplore disini.  Bagi kaum muslim, ada tempat untuk shalat di Dongdaemun ini.

Berwisata memang tak lepas dari berbelanja.  Berbelanja oleh-oleh maupun membeli barang yang diidamkan yang sudah dirancang sejak berangkat wisata.  Di Dongdaemun inilah, hasrat berbelanja para wisatawan tersalurkan puas.  Banyak mal dan toko-toko pinggir jalan yang akan memanjakan hasrat belanja. Traveler dapat hanya menjelajahi toko pinggir jalan yang berkelas atas atau masuk ke pusat perbelanjaan sebelum meninggalkan negeri sejuta Drakor ini. Banyak pusat perbelanjaan bertingkat yang buka bisa sampai jam 5 pagi.  Soal harga, sangat bervariatifdan kompetitif. Dan mal-mal disini konsepnya one stop shopping, semua kebutuhan tersedia lengkap.  Doota Mall, Migliore, apM Place, Lotte Fitln, Kwanghee Fashion Mall, Pusat Perbelanjaan Bawah Tanah Dongdaemun adalah beberapa pusat perbelanjaan yang wajib dikunjungi. Mulai dari baju, aksesoris hingga sepatu tersedia di sini.  Yah, dominan memang produk fashion yang ‘menjajah’ pusat perbelanjaan disini.

Dongdaemun
Migliore Mal

Pertama kali berdiri pasar Dongdaemun yaitu tahun 1905, sebagai pasar tradisional. Namun seiringnya berjalannya waktu, berubah dan menjadi terkenal karena harga baju-baju yang murah. Industri kain retail dan grosir membuka bisnisnya di sana dan pedagang fashion lainnya menyadari bahwa mereka juga harus memasarkan barangnya di Dongdaemun agar bisnisnya menjadi sukses. Sekarang, Pasar Dongdaemun memiliki campuran antara toko tradisional dan modern.

Gerbang Heunginjimun

Merupakan salah satu gerbang tertua di kota, Heunginjimun.  Salah satu landmark paling indah di Seoul ini, paling keren diphoto pada malam hari, karenasinar lampu malam berkolaborasi dengan mobil-mobil yang berlalu lalang menciptakan efek paparan yang unik dan bagus.

Terletak di kawasan Dongdaemun, gerbang ini juga sering disebut sebagai Gerbang Dongdaemun, yang artinya Gerbang Kebajikan yang Bersinar.  Pada zaman dulu, ada benteng dengan empat gerbang besar dibangun mengelilingi Seoul. Dalam bahasa Korea art  ‘Dongdaemun’ yaitu ‘Gerbang Besar Timur’, diberikan karena menunjukkan letaknya pada sebelah timur kota Hanyang (Seoul pada zaman dinasti Joseon), yang pada saat itu masih dikelilingi tembok. Gerbang ini terletak di wilayah padat Jongno. Setelah Namdaemun (Gerbang Selatan) terbakar pada tanggal 10 Februari 2008 lalu, Dongdaemun adalah satu-satunya dari 3 buah gerbang besar yang masih berdiri. Sedangkan Gerbang Barat (Seodaemun) sudah sejak lama hancur. Struktur pertama dibangun pada tahun 1396, pada masa pemerintahan (tahun) ke-6 Raja Taejo dari dinasti Joseon. Dongdaemun kembali direnovasi pada tahun 1453 dan struktur yang berdiri saat ini adalah hasil renovasi dari tahun 1869

Dongdaemun
Gerbang Heunginjimun

Gerbang Heunginjimun ini yang masih tersisa yang berada Dongdaemun.  Gerbang ini berdiri tegak diantara bangunan-bangunan modern di Dongdaemun. Di belakang gerbang ini, Traveler akan menemukan Taman Dongdaemun Seonggwak.  Jika datang pada malam hari, Traveler akan menemukan pemandangan menakjubkan dengan lampu gemerlapan nan indah.

Dongdaemun Design Plaza

Dongdaemun Design Plaza (DDP) dibangun karena menggantikan Stadium Dongdaemun dengan desain barunya yang futuristik.  Bangunan ini adalah arsitektur terbaik di kota ini. DDP adalah ikon kota Seoul.  Traveler yang datang ke Seoul tapi belum mengunjungi DDP, serasa belum lengkap. Desainnya sangat unik, mirip dengan pesawat alien.  Bangunan ini jadi objek foto favorit para turis. Di DDP Traveler dapat melihat instalasi artsy, mulai dari patung manusia yang seperti membelah diri hingga lampu-lampu menyerupai bunga mawar.

Plaza ini memamerkan garisnya yang panjang, melengkung dan fiturnya yang sangat modern yaitu adanya taman rooftop. Plaza ini terhubung dengan kedua kereta bawah tanah dan Taman Budaya dan Sejarah Dongdaemun. Bangunan yang dirancang oleh arsitek terkenal dunia, Zaha Hadid ini, juga sering dijadikan sebagai lokasi berbagai acara.  Dari konser musik hingga acara penghargaan. Belum lagi di lantai dasarnya berjejer toko-toko yang menjual berbagai barang seperti toko Kakao Talk dan SM Town Gift Shop.

Dongdaemun
Dongdaemun Desain Plaza yang Spektakuler

Kawasan Dongdaemun di Seoul, Korea Selatan adalah kawasan yang seru untuk ditelusuri. Mulai dari belanja sampai puas hingga mengagumi bangunan dengan arsitektur unik. Jangan lupa, di kawasan ini kamu bisa menemukan tempat solat juga, lho!

Ada Tempat Solat

Hobi belanja, asyik cuci mata sana sini di Dongdaemun, tidak membuat Traveler lupa akan kewajiban lima waktunya.  Yah, bagi kaum muslimin, menjalankan ibadah shalat, wajib hukumnya. Nah, enaknya di kawasan Dongdaemun ini, berdiri sebuah mesjid yang bisa disinggahi Traveler.  Namanya Mesjid Hoegi.

Mesjid Hoegi juga menjadi Pusat Kebudayaan Islam disini.  Tidak seperti bangunan mesjid pada umumnya, bentuk  bangunan Mesjid Hoegi seperti bangunan ruko. Hanya saja ada spanduk bertuliskan Hoegi Mosque and Islamic Cultural Center dalam bahasa Arab, Korea dan Inggris di atas bangunan ruko tersebut. Selain melaksanakan solat lima waktu, Masjid Hoegi juga mengadakan Solat Idul Fitri, Solat Idul Adha, buka puasa bersama serta kajian Islami.

Dongdaeamun
Mesjid Hoegi, Memberi kenyamanan Wisatawan Muslim

Wisata Kuliner

Setiap kaki melangkah wisata kemana pun, menyatroni kuliner adalah jadi satu kegiatan yang ‘wajib’ dilakukan! Menyicipi makanan lokal setempat serta menikmati suasana kuliner, jadi bagian dalam tujuan wisata. Dongdaemun, selain sebagai sentral fashion di Seoul,kulinernya pun tak kalah heboh. Disana dipenuhi dengan berbagai macam rumah makan dan street food yang sangat lezat. Setiap mall memiliki beragam restoran dan kafe.

Pengunjung Dongdaemun dapat menemukan toko kopi, tea house, kafe, pub, dan restoran. Banyak bar di area ini juga menjual makanan. Di jalanan, banyak penjual street food khas Korea seperti fish cake skewers, ayam goreng khas Korea, Tempura, pangsit, sushi, dan pancake yang populer.  Tidak saja makanan khas lokal yang tersaji, makanan bercita rasa internasional disini juga ada.  Seperti restoran siap saji  Burger King dan KFC.

Restoran dan Kafe populer di Dongdaemun

Kyochon Chicken Dongdaemun, BLT Steak, Tavolo 24, Seoul Baking Company, Chungmu Sashimi Restaurant, Hwasun House, Pizza Muzzo, Si Na Bon, Jongro Gimbap, Yellow Café Seocho, Wheat Riore Buffet, Dongbuk Hwa and King, Ediya Coffee Dongdaemun Station dan lainnya.

Dongdaemun
Sebagian Pasar Kuliner di Dongdaemun

Kehidupan Malam di Dongdaemun

Dongdaemun memiliki banyak hal di malam hari. Seperti disebutkan sebelumnya, pusat perbelanjaan buka sampai larut malam. Jika Traveler menginginkan sesuatu selain berbelanja, cobalah menikmati kehidupan malam di Dongdaemun. Traveler dapat makan malam khas Korean barbecue dan berkaraoke. Juga dapat menyaksikan aksi para street performers di dekat taman. Bar dan pub juga dapat ditemui di area ini. Klub di dekat Dongdaemun memiliki pertunjukan musik atau DJ. Banyak wisatawan memilih menginap di area ini di Seoul karena kehidupan kotanya yang berwarna. Jika Traveler ingin menikmati kehidupan malam Doungdaemun, pasti tidak akan bosan. Yah, meskipun banyak area lain di Seoul dikenal dengan kehidupan malamnya, namun Dongdaemun memiliki point khas tersendiri, yang sangat seru!(Niel)