Relaksasi Maksimal di Toya Bungkah ‘Natural Hot Spring’

Salah Satu Wisata Anti Mainstream

Toya Bungkah
Menghadap Pemandangan Gunung Abang, Photo by Wisata Bali

Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk Bali, penuh kedamaian, ketenangan dan pastinya termanjakan dengan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan, membuat Toya Bungkah jadi inceran banyak wisatawan.  Salah satu wisata anti mainstream di Bali ini, memiliki pemandangan alamnya yang sangat luar biasa indah.

Toya Bungkah adalah tempat pemandian air panas Kintamani yang terletak di kaki Gunung Batur, yang juga dikenal dengan nama Batur Natural Hot Spring Kintamani. Pemandian alam ini memiliki air panas alami yang berasal dari sumber air panas dari akuifer di kedalaman 635 meter dari permukaan tanah, dengan suhu air sekitar 50 derajat celcius.  Namun, ketika air panas di alirkan ke kolam pemandian, suhu air mengalami penurunan menjadi sekitar 37° – 40° Celcius.  Hal ini karena area pemandian berada kawasan pegunungan dengan suhu yang sangat sejuk.  Air panas alami ini juga mengandung mineral yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, seperti pemulihan rematik, badan pegal-pegal, mempercepat hilangnya memar, serta yang utama adalah sebagai relaksasi.

Toya Bungkah
Natural Therapy Hot Spring Water, Photo by Mount Batur Sunrise

Ada berbagai jenis kolam yang bisa Traveler pilih untuk memanjakan tubuh sekaligus menghilangkan kepenatan fikiran.  Di Kolam Natural Therapy Hot Spring Water, yang merupakan terapi air panas, Traveler dapat menikmati pancuran air panas dengan suhu air sekitar 38° – 40° Celcius.  Enaknya disini, dapat memposisikan diri terhadap jatuhnya air panas dari pancuran ke bagian tubuh yang kita inginkan.  Atau pilih di Kolam Floating Sunburn. Disini Traveler asyik untuk berendam sambil berjemur dengan terpaan sinar matahari.

Nama Toya Bungkah berasal dari kata, Toya artinya air dan Bungkah artinya bongkahan batu.  Jadi makna Toya Bungkah adalah air dari Gunung Batur yang mengalir di celah-celah bebatuan.  Ada beberapa jenis kolam renang yang tersedia disini, namun yang sangat favorit adalah kolam renang air panas yang terletak bersebelahan dengan Danau Batur dan berhadapan dengan Gunung Abang.  Wow, terbayang sudah keindahannya bak lukisan alam yang sangat mempesona.  Jadi, sambil berenang dan berendam, Traveler akan dimanjakan dengan pemandangan Danau Batur Kintamani, Gunung Batur serta kegagahan Gunung Abang di nun jauh seberang sana.

Toya Bungkah
Anak-anak pun menyukainya, Photo by Bali Island Surf

Dengan harga tiket masuk untuk dewasa dikenai biaya Rp 70,000/orang, anak-anak Rp 35,000/orang serta dewasa asing Rp 190,000/orang, Traveler dapat merasakan relaksasi yang maksimal.  Bayangkan,  selama berendam dalam air yang hangat, sambil menghirup udara segar, Traveler dapat menyaksikan panorama alam yang menawan.  Sejauh-jauh mata memandang, hanya sapaan keindahan alam yang langsung terlihat, danau dan pegunungan.  Benar-benar suasana alami.  Mengkhayal tingkat tinggi pun, rasanya sah saja terlintas pada moment seperti ini.

Fasilitas di pemandian ini sudah lengkap.  Selain restoran dan pool bar yang menyiapkan beragam masakan dan aneka minuman, ruang ganti, locker, toilet juga tersedia disini.  Juga beberapa gazebo tersedia di sekitaran areal pemandian air panas ini.

Toya Bungkah
Saatnya Memanjakan Diri Sendiri

Lokasinya sangat strategis, berada tepat di salah satu danau terbesar di Bali yaitu Danau Batur dan kaldera terindah di dunia,  Gunung Batur Kintamani.  Toya Bungkah beralamat di Desa Pekraman Batur, Toya Bungkah – Kabupaten Bangli Bali. Untuk mencapai lokasi ini, dari Kuta Bali berjarak sekitar 81 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam-an.  Sementara itu dari kota Denpasar memakan waktu sekitar 1,5 jam dan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Nah, kalau sudah di Bali, jangan lupa manjakan tubuh dan pikirannya di Toya Bungkah Natural Hot Spring!(Niel)