Menikmati Air Terjun Kahatola dan Tebing Mariporoco

Surga Tersimpan di Maluku Utara

Tebing Mariporoco
Tebing-Tebing Karst yang menakjubkan

Keindahan alam Halmahera Barat tidak diragukan lagi.  Begitu banyak spot-spot indah dan menakjubkan yang memanjakan Traveler dalam mengeksplore wisata disana.  Bagaikan surga tersembunyi di Bumi Maluku Utara ini.  Benar-benar menakjubkan!  Seperti Air Terjun Kahatola dan Tebing Mariporoco, yang menyajikan keindahan alamnya yang sangat memukau.

Untuk dapat sampai ke Pulau Halmahera ini, dapat melalui jalur udara dari Jakarta menuju Pulau Ternate.  Dari Pelabuhan Dufa-dufa, Ternate, Traveler melanjutkan perjalanan melalui jalur laut dengan menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Jailolo, Halmahera Barat yang memakan waktu sekitar satu setengah jam. Teluk Jailolo ini hanya sebagai transit, dan selanjutnya perjalanan kembali dilanjutkan menuju Pulau Kahatola.

Secara administratif pulau Kahatola masuk dalam wilayah Kecamatan Loloda yang masih masuk kawasan Kabupaten Halmahera Barat.  Di Pulau Kahatola inilah, tujuan untuk menikmati keindahan Air Terjun Kahatola dan keunikan Tebing Mariporoco siap memanjakan pandangan mata.

Air Terjun Kahatola
Derasnya Air Terjun Kahatola diapit tebing

Air Terjun Kahatola

Air Terjun Kahatola terletak di Loloda, posisinya menjorok ke laut.  Dikenal juga dengan nama Air Terjun Teu-Teu yang merupakan air terjun yang bermuara di sebuah tebing dan kucuran airnya langsung jatuh ke laut.  Airnya sangat jernih kehijauan dan terasa dingin sangat menyegarkan begitu terkena percikannya.  Panorama air terjun ini benar-benar memukau wisatawan yang datang kesini.  Dikelilingi tebing-tebing batu yang tinggi dan terjal, air mengalir deras muncul di salah satu tebing tinggi tersebut.  Uniknya, Air Terjun Kahatola ini bukan berasal dari aliran sungai, namun dari luberan air yang terkumpul di sebuah cekungan, yang berasal dari rembesan air tanah yang terkumpul dari air hujan, tetesan-tetesan embun yang meresap ke dalam tanah serta humus.  Air terjun ini juga selalu mengucur sepanjang tahun dan tak mengenal musim. Cuma, jika musim hujan, debit airnya akan sangat deras dan banyak dibanding musim kemarau.

Oleh warga Loloda, Air Terjun Kahatola juga disebut sebagai Air Terjun Pengantin. Jatuhnya air yang airnya mengalir melalui sela-sela bebatuan dan langsung terhempas jatuh ke laut ini, menjadikan pemandangan yang cantik dan memukau.  Traveler akan takjub menikmati panorama indah ini. Selain keindahan air terjun, Traveler akan dibuat kagum dengan keindahan tebing batu yang cukup tinggi dan terjal. Tebing-tebing batu ini mengelilingi pulau dan penuh ditumbuhi pepohonan.  Perpaduan hijau pepohonan yang menutupi tebing dengan beningnya air laut serta derasnya air mengucur, menciptakan panorama indan nan mempesona.  Ini merupakan air terjun yang tersembunyi diantara rimbunnya pepohonan hijau.  Hal ini menjadi pemandangan yang sangat unik dan menjadi daya tarik tersendiri di Loloda ini.

Air Terjun Kahatola
Di Musim Penghujat, Debit Air Deras

Untuk menuju Air Terjun Kahatola, Traveler harus menyewa speed boat dari Pelabuhan Jailolo yang memakan waktu perjalanan sekitar tiga jam. Selintas memang terasa melelahkan, namun karena selama perjalanan akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan keren di sepanjang barat Halmahera ini, jelas akan menghapus rasa lelah.

Tebing Mariporoco

Keberadaan Tebing Mariporoco benar-benar menghipnotis wisatawan yang tengah menyambangi Loloda ini.  Tebing-tebing nan eksotis berdampingan dengan air laut yang begitu jernih, menciptakan frame pemandangan yang luar biasa indahnya. Sayangnya, area ini seringkali dilanda arus laut yang cukup deras sehingga ketika wisatawan datang hanya dapat memandang keindahan tebing-tebing ini dari jauh tanpa bisa dipijak.  Yah, arus laut di lokasi bebatuan karts bertebing curam tinggi ini, seringkali sulit diajak kompromi.

Tebing Mariporoco
Tebing-Tebing Mariporoco yang menghipnotis Wisatawan

Menikmati Tebing Mariporoco, tempat indah di tengah hamparan lautan lepas Halmahera ini, benar-benar membuai para wisatawan. Perpaduan tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan dikelilingi air laut yang berwarna biru tosca, menempatkan tebing ini menjadi serpihan surga di Halmahera Barat.  Ketenangan dan rasa nyaman di sekitar tebing ini, menjadi nilai plus tempat ini.  Masih sangat alami, bersih dan sangat instagramable.

Traveler yang mengunjungi Air Terjun Kahatola sebaiknya disatukan paket perjalanannya ke Tebing Mariporoco juga.  Karena, dari lokasi air terjun menuju Tebing Mariporoco, hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit.(Rafa)